memori handphone cepat penuh
memori handphone cepat penuh

Memori Handphone Cepat Penuh, Begini Penyebabnya!

Banyak penyebab memori handphone cepat penuh, namun terkadang Anda kurang mengerti. Walaupun aplikasi dan foto sudah dihapus masih ada beberapa dokumen yang membuatnya penuh. Sehingga ketahui dulu penyebab ia penuh.

Tentu siapa saja akan terganggu jika tidak menggunakan apapun, namun filenya penuh. Dan saat harus menyimpan dokumen penting tidak bisa karena hal tersebut. Sehingga harus segara dicari solusinya.

Sekarang ini sudah jarang sekali menggunakan memori eksternal. Sehingga sekarang banyak ponsel yang berlomba menyediakan kapasitas memori internalnya besar 16-256 GB. Bahkan mungkin sekarang 16 GB sangatlah kecil.

File atau memori penyimpanan sudah mencapai maksimum tentu akan menghambat berbagai aktivitas. Misalnya jika sudah penuh, Anda tidak bisa mengirim pesan, bahkan tidak dapat menyimpan foto.

Walaupun aplikasi sedikit namun memang belum tentu yang menjadi penyebab ia maximum itu. Sehingga sebelum membeli handphone atau ponsel sebaiknya untuk memeriksa memori internalnya jika tidak tersedia penyimpanan eksternal.

Memori handphone yang cepat penuh ada berbagai masalah, sebelum mengatasinya maka kenali dulu penyebabnya. Sehingga saat melakukan tindakan sesuai dengan penyebabnya. Karena tentu permasalahan memiliki penyelesaian masing-masing.

Penyebab Memori Handphone Cepat Penuh

Untuk memastikan penyebabnya maka cek dulu dengan baik. karena bisa disebabkan karena sampah memori ataupun ukuran aplikasi yang besar. Sehingga walaupun aplikasi sedikit namun dapat menyebabkan penyimpanan maximal.

1. Ukuran aplikasi besar

Pertama dikarenakan penyimpanan penuh akibat aplikasi. Cek dahulu ukuran aplikasi yang Anda pasang, jika memang besar maka itulah penyebabnya. Ukuran aplikasi besar tentu dapat mempengaruhi meskipun jumlah sedikit.

Misal penyimpanan internal Anda 16GB dan aplikasi besar sebanyak 8 buah. Maka hal tersebut tentu bisa mengakibatkan penyimpanannya menumpuk atau mencapai maksimum. Hal tersebut belum ditambah dengan dokumen lain.

2. File chace, cadangan ataupun Thumbnail Menumpuk

Kemudian jika memang data aplikasinya kecil maka lihat juga file chache yang terkadang menumpuk. Istilahnya hal tersebut merupakan sampah yang sebaiknya dihapus dari penyimpanan. Dengan begitu ada kelonggaran memori.

Artikel Menarik  5 Aplikasi Video Pendek yang Hits di Indonesia

Misalnya file cache, cadangan sampai thumbnail. Jenis-jenis file itu sangat mempengaruhi memori Anda. Jumlahnya tentu tidak sedikit, sehingga mempengaruhi data penyimpanan internal. Missal whatsapp yang memiliki layanan cadangan memori.

Solusi yang Bisa Melonggarkan Memori

Agar lebih tertata dan longgar maka sebaiknya untuk mulai menghapus jenis aplikasi yang mempunyai ukuran besar. Misal aplikasi game yang ukurannya besar maka sebaiknya sebelum membeli ponsel pastikan memorinya besar.

Karena jika sampai penuh akan membuat ponsel lebih berat dan responnya kurang. Gunakan yang benar-benar aplikasi penting dan dibutuhkan. Berikutnya Anda juga harus mulai menghapus file cache dan lainnya.

File cache jika menumpuk bisa berakibat kepada penyimpanannya. Memori handphone cepat penuh juga dapat menyebabkan ia lemah respon terkadang tidak merespon. Jika terjadi segera cari solusi sesuai penyebabnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.