cara mengamankan smartphone
cara mengamankan smartphone

Cara Mengamankan Smartphone dari Ancaman Hacker

Cara mengamankan smartphone harus diketahui oleh semua user. Terlebih karena menurut data, semua perangkat digital memiliki risiko buruk. Terutama dapat di retas oleh hacker bahkan dengan langkah mudah.

Tidak heran jika sebagai pengguna, kita perlu melakukan pencegahan. Potensi pencurian data pasti selalu muncul setiap saat. Belum lagi pembajakan handphone yang dapat terjadi meski sudah terproteksi.

Trik Efektif Cara Mengamankan Smartphone

Dalam rangka meningkatkan security pada gadget, ternyata tidak sulit sama sekali. Malahan dengan langkah sederhana bisa berjalan dengan baik. Tidak akan mungkin terkena serangan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

1. Gunakan Password

Untuk langkah mengamankan handphone yang pertama yaitu gunakan password. Sekarang jenisnya banyak, bisa kata, angka, sidik jari sampai pola. Semua jenis password ini tetap aman meski hanya dipilih satu saja.

Artikel Menarik  Trik Mempercepat Koneksi Wifi Ada Rahasia Khususnya

Usahakan password yang dipilih memang paling kuat tapi bisan diingat dengan baik. Apalagi sering ada kasus orang kelupaan atau sandi mereka. Jadi, untuk mengatasinya bisa mencatat password tersebut.

2. Sistem Security Ganda

Anda juga dapat memanfaatkan sistem security ganda pada smartphone. Tentu hal ini dapat dilakukan pada platform seperti Google. Saat membuka akun, kita dapat memberi dua langkah pengamanan pada akun.

Tentu sangat penting apalagi masih termasuk platform digital. Lebih rentan terkena hacking karena selalu online. Jika platform aslinya memberi perintah security ganda, ikuti saja supaya aman.

3. Hindari Aplikasi Asing

Selanjutnya Anda dapar mencoba hindari aplikasi asing pada smartphone. Umumnya aplikasi seperti ini berbentuk MOD dan tidak terdapat pada platform resmi. Tidak ditemukan dalam Play Store maupun App Store.

Kalaupun akan Anda gunakan, perhatikan langkah mengamankan handphone. Tidak lain dengan melihat review dari penggunanya. Jika memang MOD tapi kualitas dan fungsinya bagus, baru boleh digunakan.

4. Cek Izin Akses

Setelah menghindari aplikasi yang tidak memiliki izin resmi, pastinya cek izin akses. Umumnya setiap aplikasi pasti akan meminta izin akses. Misalnya akses data pribadi yang Anda miliki pada smartphone.

Artikel Menarik  Deretan Pulpen Canggih Terbaik yang Menarik Perhatian

Bisa juga meminta izin membuka tanggal, kamera dan sebagainya. Meski terbilang sederhana, tapi jangan percayai bila kurang terpercaya. Lebih baik menghindari memberi izin terutama jika sifatnya memaksa.

5. Biarkan Chat Berisiko

Biarkan chat berisiko sudah menjadi langkah yang diketahui oleh user gadget. Meski tidak ada kaitannya, ternyata tetap dapat dikirimi chat seperti ini. Misalnya pada aplikasi berbagi pesan atau media sosial.

Selain dalam bentuk chat, bisa juga melalui SMS. Bisanya berisi spam, virus atau malware sehingga harus diatasi dari awal. Kalau memang tidak tahu fungsinya, biarkan saja atau kalau perlu hapus.

6. Aktifkan Find Device

Langkah mengamankan handphone terakhir yaitu dengan aktifkan find device. Sesuai namanya kita dapat menemukan smartphone jika hilang. Hal ini sudah ditemukan pada berbagai brand atau merek handphone terkenal.

Adanya fitur find device sendiri sangat efektif menghilangkan potensi pencurian. Jadi, selain menghindari hacker kita bisa mencegah kejahatan secara langsung. Akhirnya dapat tenang waktu menggunakan gadget.

Usahakan semua cara diatas selalu dilakukan tanpa terkecuali. Jangan hanya memakai salah satu melainkan paling tidak tiga di antaranya. Jadi, semua cara mengamankan smartphone tersebut benar-benar maksimal.

Artikel Menarik  Masker LED Wajah Manfaatkan Teknologi Paling Canggih

Leave a Reply

Your email address will not be published.