aplikasi bencana alam
aplikasi bencana alam

Pilihan Aplikasi Bencana Alam Agar Tetap Aman dan Tenang

Aplikasi bencana alam termasuk salah satu teknologi yang dibutuhkan masyarakat saat ini. Terutama yang tinggal di daerah rawan bencana. Termasuk di Indonesia yang memiliki banyak potensi kecelakaan.

Pembuatan platform khusus semacam ini sebenarnya sudah diatasi oleh badan khusus pemerintah. Tidak lain yang bergerak pada bidang alam dan sejenisnya. Dijamin bakal membantu dalam kondisi kurang menguntungkan.

Pilihan Aplikasi Bencana Alam Paling Membantu

Bagi orang Indonesia, ternyata sudah diuntungkan dengan banyaknya platform penunjang aktivitas saat bencana sedang melanda. Ada yang jenisnya untuk melihat informasi, pertolongan dan sebagainya. Masing-masing fungsinya sudah detail.

1. Radio

Rekomendasi platform penolong saat bencana alam pertama yaitu radio. Tidak lain untuk tujuan menerima informasi dari pemerintah. Saat ini terdapat banyak aplikasi khusus menyediakan radio di Play Store.

Untuk aplikasi radio yang dipilih, disarankan selalu menyediakan jaringan dari lokal. Misalnya RRI atau radio lokal daerah Anda sendiri. Karena sudah detail areanya, maka informasi diperoleh secara real time.

Artikel Menarik:  Cara Menggunakan Mobile Hotspot Khusus Wifi di Laptop

2. BMKG

BMKG memiliki aplikasi khusus yang ditujukan bagi rakyat Indonesia. Mungkin kalau dari luarnya, hanya menyediakan info mengenai cuaca. Tapi sebenarnya informasi yang terdapat di dalamnya lebih luas.

Anda bisa mengecek bagaimana cuaca dekat bandara atau pelabuhan. Begitu juga saat mencari mana titik gempa atau tsunami terbaru. Jika ingin mengetahui kualitas udara suatu daerah juga dapat diketahui.

3. Walkie-Talkie Online

Walkie-Talkie Online sangat dibutuhkan saat cuaca sedang memburuk. Selain itu sinyal internet yang tersedia ternyata kurang baik. Salah satu aplikasi Walkie-Talkie Online terbaik untuk Anda yaitu Zallo.

Platform penolong saat bencana alam sudah digunakan dibeberapa negara Amerika atau Eropa. Sangat unggul karena dengan sinyal 2G saja cukup. Bisa melakukan komunikasi radio dua arah dengan orang lain.

4. Siaga Bencana PMI

Siaga Bencana dari PMI sudah dikenal dapat digunakan sebagai pencegahan saat atau setelah bencana melanda. Ada banyak langkah diajarkan supaya kondisi tidak memburuk. Banyak juga tutorial agar tidak panik.

Artikel Menarik:  Mengenal Fitur Pada Youtube dan Cara Mengunduh Video

Bisa dibilang Siaga Bencana ini memang dipakai dalam merencanakan pertolongan sebelum melandanya kondisi alam yang buruk. Di dalamnya terdapat informasi menghadapi kebakaran tsunami, gempa bumi dan lainnya.

5. Pertolongan Pertama

Aplikasi pertolongan pertama pastinya selalu dibutuhkan oleh penyintas bencana. Kalau buat orang Indonesia, disarankan download First Aid dari Palang Merah Indonesia. Ada banyak panduan pertolongan pertama.

First Aid yang diajarkan disini sangat banyak, bukan hanya merawat luka luar. Tapi luka kecelakaan seperti patah tulang juga diajarkan. Begitu juga kondisi negatif seperti serangan panik, pingsan dan lainnya.

6. Maps

Terakhir yaitu rekomendasi platform penolong saat bencana alam berupa Maps. Pilihan terbaiknya ada dua yaitu Google Maps atau Waze. Khusus Google Maps keunggulannya mampu download peta menjadi offline.

Sementara itu untuk Waze sebenarnya sama-sama mengakses peta seperti Google Maps. Tapi kelebihannya mampu menghubungkan saat membutuhkan penumpang. Cocok untuk kondisi alam seperti badai ekstrem.

Karena sangat penting, maka wajib dimiliki terutama jika daerah Anda tinggal sedang memiliki potensi buruk. Bagus juga demi mencegah hal lebih buruk. Akhirnya aplikasi bencana alam selalu membantu manusia.

Artikel Menarik:  Aplikasi Nonton Film Legal Terbaik dan Ada yang Gratis
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments