software adobe photoshop
software adobe photoshop

Kelebihan dan Kekurangan Software Adobe Photoshop Desain

Bagi Anda yang sedang mendalami dunia design, tentu tidak asing dengan adanya software Adobe Photoshop. Produk milik Abobe ini populer, terlebih saat ini hampir semua bidang bisnis membutuhkan komunikasi visual.

Meski begitu dikenal oleh publik, tetap saja Photoshop memiliki kelebihan dan kekurangan. Semua disesuaikan dengan kebutuhan dari penggunanya. Secara spesifik, produk ini memang hanya digunakan untuk mengedit foto.

Setelah mengambil beberapa gambar, baik objek pemandangan, benda, produk, maupun manusia, Anda bisa mengeditnya agar lebih menarik menggunakan produk ini. Mulai dari mengubah warna, menambahkan elemen, dan lain sebagainya.

Kelebihan dari Software Adobe Photoshop

Lalu apa saja kekurangan maupun kelebihan? Anda perlu mengetahuinya, terlebih jika belum pernah membukanya sama sekali. Kemudian bisa jadi bahan pertimbangan apakah layak dipilih atau tidak. Berikut beberapa kelebihan dari produk keluaran Adobe ini :

Artikel Menarik:  Rekomendasi Aplikasi Edit Video Blur yang Paling Efektif

1. Menghasilkan Gambar Lebih Berkualitas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, produk satu ini bisa membuat gambar hasil memotret Anda lebih berkualitas. Bahkan, beberapa studio menggunakannya untuk menghilangkan jerawat di foto manusia agar terlihat lebih baik.

Selain itu, kamu tidak perlu susah-susah untuk mengatur kamera ketika melakukan foto studio, karena Photoshop bisa membantu agar dapat menghasilkan gambar berkualitas, seperti meningkatkan cahaya sebagai pencerahan.

2. Memiliki Fitur-fitur Unggulan

Fitur-fitur unggulan sangat membantu Anda dalam membuat foto menarik maupun desain-desain, seperti poster, banner, dan lain sebagainya. Bukan hanya itu, ada juga efek dan model tulisan yang beraneka ragam.

3. Membuat Kerja Desain Menjadi Lebih Cepat

Karena fitur-fitur yang disediakan, maka membuat pengguna menjadi bekerja lebih cepat. Misalnya, Anda ingin membuat elemen lingkaran. Maka tinggal memilih tools lingkaran tanpa harus membentuknya secara manual.

Kekurangan Software Adobe Photoshop

Bukan hanya kelebihan, berikut beberapa kekurangan yang bisa menjadi bahan pertimbangan, berikut diantaranya:

1. Terlalu Banyak Layer

Bagi pemula, banyaknya layer pada produk Adobe ini tentu akan membuat mereka semakin kebingungan. Dibutuhkan ketelatenan agar dapat memahaminya dengan lebih baik lagi. Anda harus banyak berlatih agar cepat menguasai.

Artikel Menarik:  Aplikasi Sadap WA, Bisa Intip Chat dan Telepon Orang Lain

2. Hanya Fokus pada Foto

Meski bisa digunakan untuk membuat poster atau banner, pembuatan produk ini tetap hanya ditujukan untuk foto. Sehingga, beberapa tools untuk desainnya lebih terbatas jika dibandingkan dengan InDesign, Corel, dan Ilustrator.

3. Ukurannya Terlalu Besar

Photoshop umumnya memiliki ukuran yang terlalu besar jika dibandingkan dengan software lain, sehingga jika terlalu banyak menggunakan layer, ukuran filenya juga akan semakin besar.

Itulah mengapa banyaknya layer menjadi kekurangan dalam penggunaan software ini. Karena mempengaruhi ukuran filenya yang semakin besar seiring penggunaan layer. Berbeda dengan software lain yang lebih spesifik untuk desain.

Terdapat berbagai pilihan dalam membuat karya-karya komunikasi visual. Anda bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan, oleh karena itu ketahui kekurangan dan kelebihan software Adobe Photoshop.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments