versi android terbaru
versi android terbaru

Perkembangan Versi Android Terbaru dari Masa ke Masa

Sudahkah Anda mengetahui versi android terbaru yang telah berkembang dari masa ke masa? Pada tahun 2000-an sistem ini mulai dikenal oleh masyarakat, sebelum akhirnya Google mengakuisisi.

Didirikan sejak Oktober 2003 di Palo Alto, California, Amerika Serikat, ada tiga orang paling berjasa dalam munculnya teknologi yang kini banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Orang-orang tersebut tidak lain adalah Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Namun, pada tahun 2005, Google sebagai raksasa dunia memutuskan untuk mengakuisisi Andorid Inc pada Bulan Agustus.

Semenjak saat itu, sistem smartphone ini telah menjadi anak perusahaannya. Meski begitu, Rubin Miner dan White masih bekerja di anak perusahaan Google tersebut meski telah di akuisisi.

Mengenal Versi Android Terbaru dari Masa Ke Masa

Pada tahun 2008, ponsel pertama yang dibekali sistem ini adalah HTC Dream. Hal ini merupakan perkembangan pertama yang dilakukan perusahaan. Setelah itu, sistem ini terus dikembangkan dengan nama-nama menarik. Berikut versi android yang berkembang dari masa ke masa:

Artikel Menarik  Fakta Internet of Things Pada Bidang Teknologi

1. Astro

Tahun 2008, muncul sebuah teknologi bernama Android 1.0 Astro. Pada tahun ini, sistem smartphone Android akhirnya mulai dikenal. Namun harus berubah menjadi Alpha karena persoalan hak cipta.

2. Frozen Yoghurt

Setelah bertahun-tahun terus dikembangkan, pada tahun 2010 muncul Frozen Youghurt. Pada masa ini, perusahaan mulai menggunakan nama-nama makanan agar terlihat menarik. Versi ini sudah memiliki penggunaan SD Card.

3. Gingerbread

Versi 2.3 ini, mulai dirancang teknologi yang berguna untuk memaksimalkan kemampuan aplikasi dan game. Serta NFC (Near Field Communication) mulai digunakan. Tidak beda jauh dari Frozen Youghurt, Gingerbread dirilis akhir 2010.

4. Honeycomb

Belum lama setelah Gingerbread dirilis, Honeycomb akhirnya muncul pada Febuari 2011 dan cukup menarik perhatian publik. Motorola Xoom adalah smartphone pertama yang mencoba sistem ini.

5. Ice Cream Sandwich

Google memang mengembangkan teknologi ini sangat cepat. Dalam satu tahun, dua versi bisa muncul dengan berbagai pembaharuan. Berlaku pada Ice Cream Sandwich yang langsung menjadi versi paling baru.

Artikel Menarik  Processor HP Gaming yang Membuat Main Menjadi Lancar

6. Jelly Bean

Pada masa itu, sebutan Jelly Bean memang paling populer diantara yang lainnya. Karena, adanya perubahan cukup signifikan dibandingkan pengembangan sebelumnya. Pengembangan tersebut dimulai dari input keyboard, desain baru, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu, Jelly Bean juga dilengkapi dengan fitur photo sphere untuk panaroma, daydream sebagai screensaver, dan masih banyak lagi. Smartphone bersistem ini mulai muncul pada Juni 2021.

7. Nougat

Disebut sebagai paling mutakhir dalam sejarah Android, Google mulai memberikan berbagai fitur yang bisa memanjakan penggunaannya. Anda tentu mengenali Google Assistant yang merupakan fitur ikonik dan membuat para pengguna sangat terbantu.

8. Android 11

Terakhir adalah Android 11 yang baru-baru ini dirilis, tepatnya pada Bulan September 2020. Di masa pandemi, perusahaan terus mengembangkan teknologi terbaru untuk membuat para pengguna bekerja dari rumah.

Belum banyak mengetahui perkembangan sistem teknologi komunikasi dari masa ke masa tersebut. Karena, perkembangannya cukup cepat, sehingga pengguna kebanyakan mengenali versi android terbaru saja.

Artikel Menarik  5 Cara Mengatasi Handphone Lemot yang Paling Ampuh

Leave a Reply

Your email address will not be published.