aplikasi desain grafis
aplikasi desain grafis

Aplikasi Desain Grafis Terbaik, Cocok untuk Pemula

Berbagai pilihan aplikasi desain grafis bisa digunakan untuk Anda belajar mendalami dunia design. Graphic Design adalah salah satu komunikasi berbentuk visual, biasanya berupa gambar maupun tambahan tulisan.

Tujuan dibuatnya adalah sebagai media penyampaian informasi. Sama dengan editor video, posisi ini sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Oleh karena itu, banyak orang berbondong-bondong mempelajari tekniknya demi memperoleh pekerjaan.

Demi menciptakan karya luar biasa, Anda perlu menggunakan bantuan aplikasi yang bisa diunduh di device. Karena, dalam menciptakan karya visual, dibutuhkan latihan yang cukup sering.

Mengingat design adalah soal rasa, soal selera, bagaimana Anda memadukan tipografi, ilustrasi, pengelolaan gambar, dan lain sebagainya tanpa mengabaikan tujuan awal, yaitu menyampaikan informasi atau pesan tertentu.

Berbagai Pilihan Aplikasi Desain Grafis untuk Pemula

Lantas, aplikasi apa saja yang bisa membantu Anda untuk memulai belajar memadukan gambar dan elemen lainnya agar informasi dapat disampaikan secara jelas, namun tetap menarik? Berikut pilihan aplikasi untuk desain grafis bagi pemula :

Artikel Menarik  Aplikasi Nonton Film Legal Terbaik dan Ada yang Gratis

1. Adobe Photoshop

Produk Adobe memanglah cukup populer dikalangan editor maupun designer. Salah satu produk yang mudah dipelajari adalah Photoshop. Namun, Photoshop sebenarnya dirancang untuk mengedit foto-foto menjadi lebih menarik.

Itu sebabnya, penggunanya adalah para fotografer. Akan tetapi, Photoshop juga bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan grafis, seperti pembuatan logo, tipografi, banner, poster, dan lain sebagainya.

2. Adobe Ilustrator

Dalam istilah design ada yang disebut dengan vector. Biasanya meliputi sketsa, tipografi, dan ilustrasi. Maka, pilihan paling tepat adalah menggunakan Ilustrator. Produk adobe ini bisa membuat pekerjaan lebih cepat selesai.

Software ini hadir dengan plugin yang memang sangat membantu dalam pembuatan halaman situs, landing page agar tampil lebih menarik. Anda bisa menggunakannya melalui laptop, PC, maupun Mac.

3. CorelDraw

Sama dengan Ilustrator, CorelDraw sangat sesuai dengan pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan vector. Bahkan lebih banyak digunakan dibandingkan Ilustrator. Selain itu, CorelDraw juga sangat mudah digunakan dibanding lain-lainnya.

Pengguna memiliki kontrol penuh terhadap pembentukan hasil komunikasi berbentuk visual menjadi lebih dinamis dan juga cepat. Terutama jika menggunakan versi X5 ke atas yang sudah dilengkapi dengan inbuilt organizer.

Artikel Menarik  5 Aplikasi Video Pendek yang Hits di Indonesia

4. Adobe InDesign

Masih di produk Adobe, salah satu yang tidak kalah populer adalah InDesign. Biasanya, digunakan untuk pembuatan majalah, brosur, katalog, dan lain sebagainya. Hal tersebut dikarenakan drag and drop layer-nya cukup mudah.

Tersedia layanan Behance dan Typekit yang bisa memudahkan pengguna untuk melakukan publikasi dari hasil karya digital, entah berupa video, foto, maupun visual, aplikasi, dan pengembangan situs.

5. GIMP

Aplikasi pilihan terakhir adalah GIMP. Seringkali digunakan apabila pengguna membutuhkan alternatif dari software Photoshop. Keunggulannya adalah dapat digunakan secara gratis dan bersifat open source. Sehingga bisa dikembangkan secara bebas.

Berkreasi membuat karya visual adalah hal menyenangkan sekaligus menjadi peluang bisnis menjanjikan. Oleh karena itu, Anda membutuhkan pilihan aplikasi desain grafis yang mudah dipelajari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.