cara membersihkan keyboard
cara membersihkan keyboard

Cara Membersihkan Keyboard Laptop dengan Aman

Cara membersihkan keyboard laptop atau komputer memang cukup rumit, sebab Anda harus berhati-hati agar nantinya tidak ada tombol yang rusak. Keyboard memang perlu dijaga kebersihannya oleh pengguna, sebab bagian laptop tersebut sering tersentuh oleh tangan Anda.

Terkadang kita sering melupakan bagian terpenting dari perangkat yaitu keyboard, dimana kebersihannya harus selalu terjaga dengan baik. Kadang kita juga tidak sadar, dengan makan sambil mengetik, yang bisa saja sisa makanan dapat masuk ke sela-sela keyboard nantinya.

Selain itu karena tombol keyboard bentuknya cukup kecil dan terdapat selipan antar tombol lainnya, membuat debu akan mudah untuk masuk ke dalam sela-sela tersebut. Jika kotoran atau debu tersebut dibiarkan begitu saja, nantinya malah mengganggu fungsi keyboard Anda.

Namun jika Anda ingin membersihkannya, maka pengguna juga perlu berhati-hati, dan tidak menggunakan sembarang alat. Agar kotoran tidak menumpuk, pengguna dapat membersihkannya secara berkala.

Cara Membersihkan Keyboard yang Aman

Jika Anda belum mengetahui bagaimana tahapan membersihkan keyboard dengan aman, maka kami akan memberikan beberapa informasi untuk Anda.

1. Menggunakan Brush

Sebelum membersihkan keyboard laptop atau komputer, pastikan terlebih dahulu bahwa perangkat dalam keadaan mati. Kemudian Anda bisa membersihkan perangkat dengan brush, bulu-bulu dari brush dianggap bisa membersihkan sela-sela keyboard dengan mudah.

Jika Anda memiliki brush yang sudah tidak digunakan lagi, maka pergunakan brush tersebut untuk membersihkan sela-sela perangkat. Anda juga harus teliti dalam membersihkannya, jangan sampai bulu-bulu pada brush membuat debu atau kotoran semakin masuk ke dalam sela-sela.

2. Menggunakan Vacuum Cleaner

Cara membersihkan keyboard selanjutnya adalah menggunakan vacuum cleaner, dengan begitu debu atau kotoran akan efektif terhisap ke dalam vacuum. Namun Anda jangan menggunakan sembarang vacuum, gunakan vacuum berukuran kecil agar daya hisapnya lebih menyesuaikan.

Selain itu gunakan tekanan yang lebih rendah saat menggunakannya, sebab dikhawatirkan nantinya udara panas pada vacuum dapat mengganggu fungsi keyboard. Bersihkan dengan hati-hati dan secara perlahan, agar pembersihan debu halus dan kotoran menjadi lebih efektif.

Artikel Menarik  Penyebab Kebocoran Data Pribadi, Lakukan Langkah Pencegahan

3. Membersihkan Keyboard dengan Posisi Laptop Terbalik

Anda juga bisa membersihkannya dalam posisi laptop terbalik, agar kotoran dapat lebih mudah berjatuhan. Cara lain untuk membersihkannya menggunakan slime, dimana tekstur slime cukup lengket sehingga efektif mengangkat kotoran tersebut.

Atau Anda juga bisa menggunakan sikat gigi bekas, namun pastikan bahwa sikat tersebut dalam keadaan kering. Dalam posisi laptop terbalik, maka Anda bisa menyikatnya secara perlahan, dan nanti kotoran akan lebih mudah berjatuhan.

Bagian atas tombol juga perlu dibersihkan, Anda bisa menggunakan cotton bud dan minyak kayu putih untuk membersihkannya. Namun jangan buat cotton bud terlalu basah, karena dikhawatirkan air bisa masuk ke sela-sela keyboard.

Penggunaan laptop atau komputer setiap harinya, membuat tangan pengguna akan selalu bersentuhan dengan perangkat tersebut. Jangan sampai perangkat tersebut menjadi sarang penyakit, jika Anda jarang membersihkannya.

Dengan mengetahui cara membersihkan keyboard, maka pengguna dapat membersihkannya dengan cara yang aman dan efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.