belanja online aman
belanja online aman

Tips Belanja Online Aman dan Nyaman Anti Peretasan

Saat ini apapun bisa dilakukan melalui ponsel termasuk membeli barang kebutuhan, sehingga trik belanja online aman perlu dipahami. Hal ini tentu akan berkaitan dengan keamanan data Anda dan peretasan yang dapat terjadi kapan saja.

Dunia internet memang memberikan kenyamanan dan kemudahan. Namun jika tidak cermat dan hati-hati maka bisa saja nantinya dirugikan. Keamanan yang tidak dimaksimalkan bisa dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan keuntungan.

Belanja Online Aman Harus Hati-hati

Berbelanja secara online memang tidak ada salahnya. Apalagi saat ini sudah ada berbagai macam marketplace bisa dimanfaatkan dengan baik. Apa saja kebutuhan Anda bisa terpenuhi dengan baik. Hal inilah yang membuat banyak orang nyaman berbelanja online.

Namun di samping itu, Anda jangan sampai terlena dengan adanya berbagai kemudahan tersebut. Perlu diperhatikan juga tingkat keamanannya demi menghindari adanya peretasan data. Berikut beberapa hal penting untuk belanja online aman:

Artikel Menarik  Cara Backup Data untuk Windows 10 dengan Mudah

1. Hindari sembarangan klik tautan

Jika nantinya mendapatkan tautan khusus untuk penawaran barang tertentu baik melalui email atau apapun maka perhatikan terlebih dahulu informasinya. Jangan dulu diklik sebelum Anda memastikan kebenarannya. Akan lebih baik jika Anda memilih membuka penawaran di website resminya saja.

Biasanya untuk website atau marketplace besar akan memberikan notifikasi dan pemberitahuan secara langsung. Mereka tidak menggunakan pihak ketiga, sehingga Anda harus sangat berhati-hati mengambil keputusan dalam berbelanja.

2. Memeriksa toko resmi 

Kalau memang ada penawaran secara khusus maka cobalah untuk melakukan pengecekan pada website resminya. Cek apakah memang penawaran tersebut benar adanya secara resmi. Sehingga hal ini bisa meminimalisasi adanya kemungkinan peretasan atau bahkan penipuan mengatasnamakan produk atau brand tertentu.

3. Berikan keamanan tambahan dengan anti-phising

Ada beberapa teknologi anti-phising yang bisa Anda manfaatkan untuk memperoleh perlindungan lebih. Jika Anda sudah memasangkannya terutama di smartphone maka akan ada pemberitahuan ketika memasuki website phising berbahaya.

Meskipun terkesan sepele, tetapi hal ini sangat penting untuk dilakukan. Sehingga nantinya Anda tidak sampai mengalami masalah karena peretasan. Keamanan berbagai data penting terutama yang ada di smartphone akan tetap terjaga dengan baik nantinya.

Artikel Menarik  Ponsel Tercebur Air? Ini Dia Cara Menyelamatkannya

4. Gunakan password lebih variatif

Untuk berbagai akun yang ada dalam smartphone Anda atau marketplace sebaiknya tidak menggunakan password sama. Hal ini nantinya akan menurunkan tingkat keamanan dari setiap akun tersebut.

Jika memang Anda khawatir akan lupa maka bisa membuat catatannya secara khusus. Di smartphone juga sudah banyak aplikasi untuk mencatat yang bisa dikunci sehingga hanya Anda yang bisa melihatnya demi keamanan data.

Menjaga keamanan secara optimal memang sangatlah penting. Apalagi untuk berbelanja secara online yang nantinya Anda akan memberikan data penting seperti nomor telepon dan alamat rumah. Jadi pastikan Anda belanja online aman dan teliti dalam melakukan setiap langkah pembeliannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.