smart home system
smart home system

Mengenal Smart Home System sebagai Konsep Hunian Masa Depan

Rumah berbasis teknologi atau biasa disebut sebagai smart home system. Seiring dengan berkembangnya inovasi teknologi yang membuat manusia hidup makin praktis dalam segala hal baik pekerjaan, pembelajaran, dan hunian.

Rumah pintar sendiri saat ini mulai mendapatkan banyak peminat. Walaupun terkesan lebih mahal, beberapa orang justru sepadan dengan pengalaman baru akan didapatkan mulai dari kenyamanan dan keamanan lebih mumpuni.

Konsep rumah pintar sendiri terinspirasi dari remote control. Sistem yang merupakan penghubung seluruh perangkat di rumah yang memungkinkan penghuninya mengontrol beragam fungsi seperti akses keamanan, pencahayaan, dan lain sebagainya.

Misalnya, kegiatan menyapu bisa Anda lakukan hanya dengan menjalankan sistem. Anda hanya perlu memberi perintah melalui smartphone. Anda juga bisa menyalakan atau mematikan televisi dengan mengatakan perintah ke smart home.

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Smart Home System

Menggunakan rumah berbasis teknologi tentu akan menghadirkan pengalaman baru. Anda dapat mendapatkan berbagai kemudahan dalam melakukan berbagai aktivitas. Dengan hunian pintar, Anda bisa menciptakan lingkungan ramah dan canggih.

Artikel Menarik  Kelebihan Kekurangan TV Android yang Perlu Diketahui

Smart home membuat Anda dapat mengontrol semua melalui satu perangkat smartphone. Anda akan mendapatkan notifikasi yang muncul di layar perangkat apabila ada masalah yang terjadi di rumah.

Peralatan barang elektronik dapat digunakan secara efisien sehingga pengguna rumah pintar bisa mendapat keuntungan dari penghematan biaya listrik. Anda juga tidak akan lagi lupa mematikan ac, lampu, atau elektronik lain.

Meski smart home system mendatangkan banyak keuntungan. Namun, ternyata masih ada kekurangan dalam pengaplikasian di mana keamanan dan berbagai bug masih sering bermunculan dan mengganggu penggunanya.

Apalagi saat ancaman hacker yang memungkinkan dapat memperoleh akses ke peralatan rumah pintar karena terhubung internet. Anda tidak perlu khawatir, hal ini masih bisa disiasati dengan menggunakan kata sandi kuat.

Pilihan Sistem Rumah Pintar Terbaik untuk Hunian

Meskipun di Indonesia pengguna rumah pintar masih tergolong jarang. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan terjadi peningkatan pengguna karena beberapa hunian sudah ada yang menggunakan smart home system.

1. Samsung Tipe Smarthing Hub

Samsung memang dikenal sebagai pelopor berbagai teknologi. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau yakni hanya berkisar 1,5 jutaan saja. Produk milik samsung ini bisa dikatakan lebih ekonomis dari para pesaingnya.

Artikel Menarik  Jaringan Wifi Lemot, Inilah Solusi yang Dapat Diterapkan

Fitur unggulan dari produk ini adalah memberi perintah dengan voice command atau suara yang kita kenal. Anda bisa membuat perintah tanpa perlu repot berdiri dan menekan berbagai tombol.

2. Yonomi

One stop solution yang membantu dalam mengotomatiskan berbagai rutinitas rumah pintar. Kami menyarankan Yonomi sebagai sebuah aplikasi yang dapat Anda Hubungkan ke semua jenis perangkat dan menambahkan berbagai kontrol.

Melalui aplikasi tersebut, Anda bisa mengatur segala rutinitas seperti memutar musik, mematikan dan menyalakan lampu, menyetel termostat. Yang paling penting adalah Anda bisa mengatur jadwal selama periode waktu tertentu.

Konsep hunian rumah pintar di Indonesia masih dalam tahap percobaan dan pengembangan. Namun apabila Anda ingin merasakannya, sudah tersedia beberapa perumahan yang menggunakan smart home system di kota besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.