robot mesin kemasan
robot mesin kemasan

Efisien, Robot Mesin Kemasan Percepat Kerja Pabrik

Sekarang kerja pabrik bisa lebih efisien berkat kehadiran robot mesin kemasan dengan tugasnya untuk packing kemasan berbagai produk. Kerja teknologi sudah tertakar jangka waktunya sehingga kapan saja dimulai akan selesai dalam rentang waktu seragam.

Selain memberikan keuntungan pengerjaan lebih cepat, kerja robot kemasan juga bisa lebih steril karena menghindari lebih banyak tangan memegang setiap kemasan. Lebih cepat, lebih bersih, dan lebih rapi adalah tiga hal yang sudah pasti diberikan oleh kerja mesin.

Dalam sebuah industri manufaktur, pengemasan adalah tahap akhir yang menandakan produksi telah memasuki babak akhir. Terkadang orang dengan melihat pengemasan rusak sedikit saja enggan membeli. Ini kenapa pentingnya proses pengemasan untuk produk.

Bagian-bagian dari Robot Mesin Kemasan Produk

Kami akan merangkum pengetahuan tentang beberapa bagian mesin dan menjelaskan fungsinya satu per satu kepada Anda. Meskipun tidak bekerja di pabrik, namun setidaknya ada tambahan ilmu pengetahuan tentang robot mesin pabrik, diantaranya:

Artikel Menarik  Deretan Manfaat TV Digital bagi Masyarakat Modern

1. Roller in-feed

Bagian ini merupakan pintu masuk untuk setiap kemasan tertentu. Misal, umumnya produk dikemas dengan kardus atau box berukuran sesuai dengan item di dalamnya. Maka, box dalam bentuk belum tersusun ini diletakkan begitu saja pada pintu masuk alat pengemas.

2. Sistem Penggerak X dan Y

Sederhananya sistem penggerak ini bertugas untuk memposisikan benda sesuai dengan tempatnya masing-masing. Tujuan digunakannya alat ini supaya sampai produk ke tangan konsumen, letaknya tetap presisi dan kemasan tidak ada yang terpotong sedikitpun.

3. Sistem Penggerak Z

Alat ini berguna untuk mengatur ketinggian produk sekaligus kemasannya supaya satu sama lain seragam ukurannya. Masing-masing produk dalam kemasan berbeda akan diukur sedemikian rupa sampai pada tahap pengemasan juga semuanya seragam dari tiap sisi.

4. Gripper

Gripper memiliki peranan untuk memegang kemasan dari satu item ke item lain secara berhati-hati. Posisi memegang kemasan sama sekali tidak merusak box, terlebih produk di dalamnya. Kerja robot mesin kemasan sangat teliti, sampai ke bagian terkecil sekalipun.

Artikel Menarik  Manfaat Air Purifier untuk Kesehatan Anggota Keluarga

5. Roller Out-feed

Terakhir, setelah semua proses selesai dilakukan maka selanjutnya tinggal mengeluarkan barang. Barang yang keluar sudah melalui berbagai tahapan sebelumnya. Jika ingin memastikan kualitas pengemasan baik atau tidak, pekerja bisa memeriksanya tiap barang keluar.

Beberapa pabrik barangkali sudah lama menerapkan sistem pengemasan dengan mesin. Namun, tidak menutup kemungkinan pabrik=pabrik lainnya masih menerapkan tenaga manual dengan berbagai alasan. Semua tergantung pada kebijakan pihak pabrik.

Namun, melihat perkembangan zaman saat ini, pabrik sudah banyak beralih dari sistem manual ke robotik. Selain mempercepat pekerjaan, kerja mesin juga menghemat pengeluaran pabrik untuk membayar gaji karyawan setiap bulannya.

Prinsip ekonomi akhirnya digunakan banyak perusahaan setelah memantau bahwa ternyata dengan membeli robot di awal akan mempermudah produksi berkelanjutan. Jenis robot mesin kemasan sendiri ada banyak di pasaran, baik merek maupun spesifikasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.