teknologi scan barcode
teknologi scan barcode

Mengenal Teknologi Scan Barcode yang Banyak Digunakan

Sebelum teknologi scan barcode banyak digunakan oleh berbagai bidang, sebelumnya ketika membayar belanjaan di kasir juga Anda sudah akrab dengan metode ini. Petugas kasir menggunakan suatu alat untuk scanning tiap barang belanjaan supaya harganya muncul di layar komputer.

Sekarang, banyak resto menerapkan scan barcode untuk konfirmasi pembayaran dari dompet digital. Anda tidak perlu mengeluarkan uang tunai atau terlebih dulu mengambil uang ke mesin ATM. Cukup membuat akun pada e-wallet tertentu dan gunakan barcode.

Belakangan yang baru-baru ini ramai, scanning qr code sertifikat vaksin covid-19 ternyata menjadi salah satu syarat memasuki pusat perbelanjaan atau Mal. Ke depannya tidak menutup kemungkinan teknologi scanning qr code ini bisa merambah bidang lebih luas.

Teknologi Scan Barcode yang Bervariasi

Jika melirik pasaran, ada banyak sekali jenis-jenis pembaca kode digunakan. Kami akan merangkum setidaknya 4 jenis dengan bentuk berbeda-beda. Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis, bisa mengambil referensi dari beberapa pilihan berikut:

Artikel Menarik  Pilihan Webcam Murah untuk Laptop Selama Beraktivitas Online

1. Berbasis Kamera

Pembaca barcode berbentuk kamera biasanya kerap kita temukan pada beberapa resto. Cara menggunakan teknologi scan barcode ini cukup dengan mendekatkan alat scanning dari handphone Anda ke alat yang digunakan oleh tenant dan tunggu selama beberapa detik.

Biasanya sistem seperti ini digunakan untuk sistem pembayaran, namun sepertinya kali ini juga diterapkan dalam melihat apakah pengunjung Mal sudah vaksin atau belum. Bila tidak ada gangguan, tidak sampai satu menit data sudah terverifikasi oleh sistem.

2. CCD Barcode Scanner

CCD adalah alat yang biasa digunakan pada supermarket oleh kasir ketika menghitung harga setiap barang. Bentuknya bisa digenggam dan pada satu sisi mengeluarkan garis merah berupa infra red untuk memeriksa apakah kode barang sesuai atau tidak.

Di luar negeri, alat ini bisa digunakan oleh pembeli sendiri dengan mengedepankan sistem self service atau pelayanan mandiri. Adanya teknologi scan barcode dapat membantu mempermudah para pembeli dalam menyelesaikan barang belanjaan di kasir.

3. Berbasis Pena

Sistem pena seperti ini jarang kita temukan di beberapa pusat perbelanjaan maupun tempat umum lainnya. Namun, teknologi pembaca barcode pena ini juga tidak kalah mutakhir dari berbagai alat lainnya yang digunakan untuk scanning kode acak berbentuk gambar.

Artikel Menarik  Mengintip Teknologi Digital Branding sebagai Partner Bisnis

Cara menggunakannya unik, tempatkan pembaca kode berbentuk pena dari satu sisi ke sisi lain. Maka dengan sendirinya sistem terintegrasi dengan kode akan membaca isi dari serangkaian angka maupun gambar acak tersebut.

Dari sekian jenis pembaca kode di atas, yang paling sering ditemui adalah sistem kamera. Sementara paling jarang ditemukan yang terakhir.

Ada banyak sekali keunggulan disediakannya layanan pembaca kode pada berbagai bidang. Namun, yang harus diperhatikan para pemilik tenant atau siapa saja penerap sistem pembayaran barcode adalah menghindari gangguan penghambat teknologi scan barcode.

Leave a Reply

Your email address will not be published.