hp sering muncul Iklan
hp sering muncul Iklan

HP Sering Muncul Iklan? Hati-hati, Begini Cara Mengatasinya

Masalah HP sering muncul iklan sepertinya banyak dialami oleh pengguna Android. Bukan hanya iklan dalam bentuk gambar, bahkan beberapa iklan muncul berupa video yang tidak bisa di-skip. Tentu sangat mengganggu bukan?

Penyebabnya sendiri bisa bermacam-macam, umumnya karena adanya virus, dari aplikasi tertentu, atau lainnya. Jika terus dibiarkan, seringkali iklan yang muncul justru semakin lebih sering dan intens.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut kami berikan beberapa solusi mengatasi HP yang sering muncul iklan tiba-tiba, penggunaan terus wajib cek.

3 Cara Mengatasi HP Sering Muncul Iklan

Lagi enak-enak nonton film atau browsing tiba-tiba muncul iklan, tentu sangat mengganggu. Anda bisa mencoba beberapa solusi berikut ini untuk mengatasi HP yang sering muncul iklan:

1. Uninstall Aplikasi Penyebab Munculnya Iklan

Apakah baru-baru ini Anda menginstal aplikasi tertentu? Bisa jadi itu adalah penyebab munculnya iklan di ponsel. Apabila Ini masalahnya maka solusi satu-satunya Anda harus menginstal aplikasi tersebut.

Artikel Menarik  5 Tips Buat Podcast Hanya Bermodalkan Smartphone

Biasanya yang sering menampilkan iklan merupakan jenis aplikasi gratisan, tidak populer, dan tidak begitu bermanfaat. Apalagi jika ponsel memiliki spesifikasi menengah ke bawah, sebaiknya hanya menginstal aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan saja.

Cara uninstall sangat mudah, masuk ke Pengaturan dan pilih menu Manajemen Aplikasi. Setelah itu cari aplikasi mana yang ingin Anda uninstall. Namun jika tidak bisa di-uninstal maka bisa klik force stop agar tidak berjalan di latar belakang.

2. Scan Menggunakan Antivirus

Solusi yang kedua Anda bisa melakukan scan dengan antivirus untuk smartphone. Karena tidak menutup kemungkinan penyebab munculnya ikan secara tiba-tiba tersebut karena menumpuknya virus di perangkat.

Anda bisa menggunakan aplikasi Malwarebytes yang efektif membasmi virus ponsel secara tuntas. Proses pemindaiannya kurang dari 15 menit, tapi biasanya tergantung dengan seberapa penuh penyimpanan ponsel Anda dan kualitas spesifikasi perangkat.

Selain Malwarebytes, boleh juga menggunakan aplikasi anti-virus lainnya yang biasa Anda gunakan dan terpercaya. Aplikasi seperti ini tidak hanya berguna untuk memindai virus saja, tapi juga dapat memblokir iklan-iklan agar tidak muncul lagi.

Artikel Menarik  Tips Cerdas Hilangkan Iklan Saat Bermain Game Online

3. Menggunakan AdBlock

Alternatif lainnya, Anda bisa memakai AdBlock untuk memblokir Ads/Iklan. Salah satu aplikasi AdBlock yang bisa Anda gunakan yaitu AdAway untuk pengguna Android.

Aplikasi tersebut bekerja dengan memodifikasi file host sehingga dapat memblokir “Ad” yang muncul. Bahkan juga cukup efektif untuk menghilangkan iklan di browser ketika sedang browsing.

Sayangnya, AdBlock sudah tidak tersedia di Google Play Store sehingga Anda harus mendapatkannya melalui internet. AdBlock bekerja secara otomatis sehingga Anda tidak perlu melakukan setting manual setelah melakukan instalasi.

Dengan beberapa solusi diatas diharapkan tidak ada lagi iklan yang muncul di layar smartphone Anda. Namun apabila sudah mencoba berbagai solusi di atas tapi tidak mengatasi masalah HP sering muncul iklan maka mau tidak mau Anda harus melakukan flash pada ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.