ciri laptop kena virus
ciri laptop kena virus

Ciri Laptop Kena Virus yang Banyak Tidak Disadari Pengguna

Memiliki wawasan tentang apa saja ciri laptop kena virus dapat menghindarkan Anda dari peretasan. Virus harus dibersihkan ketika sudah menjangkiti perangkat anda. Jika laptop sudah terkena virus maka akibatnya bisa sangat merugikan pengguna.

Bisa saja data privasi dicuri dan disalahgunakan oleh para hacker. Atau virus tersebut merusakan file dan perangkat laptop anda. Untuk itu perlu tetap berhati – hati, karena virus umumnya datang ketika Anda berselancar di internet.

Banyak orang tidak sadar bahwa perangkat mereka sudah disusupi malware. Masuknya malware tersebut bisa dari banyak cara, misalnya lewat iklan pop up yang tidak sengaja Anda kelik. Lewat email yang Anda buka, dan lainnya.

Rutin melakukan update sistem laptop dan memasang pelindung anti virus merupakan beberapa langkah untuk mencegahnya. Jika Anda hal aneh terjadi pada laptop Anda sebaiknya langsung diperiksa karena bisa saja malware tersebut sudah bersarang di sana.

Ciri Laptop Kena Virus yang Banyak Diabaikan Orang

Beberapa peretas menanamkan virus di laptop korbannya dengan sangat jeli. Secara perlahan virus tersebut akan menimbulkan masalah pada perangkat anda. Jika ciri – ciri berikut terjadi pada laptop, besar kemungkinan sudah disusupi oleh virus malware.

1. Baterai Mudah Habis Meskipun Tidak Dipakai

Biasanya ketika virus sudah masuk ke laptop anda, virus tersebut bekerja mengumpulkan data atau informasi yang ingin dicuri peretas. Virus ini membuat sistem tetap bekerja, sehingga akibatnya bateri laptop jadi mudah habis.

Jika Anda merasa baterai terlalu boros meskipun hanya dipakai untuk pekerjaan ringan, bisa saja sudah terdapat malware di dalamnya. Baterai boros tersebut akibat adanya program yang dijalankan oleh virus tanpa sepengetahuan anda.

2. Munculnya Program Mencurigakan di Laptop

Para peretas menanamkan malware di laptop Anda agar mereka bisa mencuri data atau melakukan tindakan lainnya. Hal ini bisa terjadi karena sudah terpasang program yang membuat peretas memiliki akses bebas ke laptop anda.

Artikel Menarik  Perkembangan Teknologi 5G Bagi Masyarakat Luas

Jika tiba – tiba muncul program mencurikan di laptop, padahal tidak pernah Anda pasang sebelumnya, jangan pernah membuka program tersebut. Lebih baik langsung dihapus, agar akses peretas tidak ada lagi. Jika Anda membukanya, justru mengizinkan virus tersebut masuk.

3. Laptop Sering Mengalami Crash atau Eror

Hal paling umum terjadi pada laptop ketika sudah disusupi virus adalah laptop tersebut jadi sering mengalami crash atau eror. Hal ini terjadi akibat malware yang terus bekerja mengumpulkan atau menelusuri data pada perangkat anda.

Jika laptop sering eror sendiri, sebaiknya langsung bersihkan. Apa lagi jika di dalam laptop banyak data – data yang sifatnya sensitive, harus segera dilindungi. Semakin lama virus dibiarkan maka akibatnya bisa semakin buruk pada laptop anda.

Jika tidak memiliki anti virus di laptop tersebut, lebih baik Anda langsung bawa ke pusat service resmi agar ditangani oleh pihak ahli. Sebagai tindakan pencegahan sebaiknya pahami ciri laptop kena virus agar dampak buruknya bisa diminimalisir.

Artikel Menarik  Review Mi TV 4A 32”, Harga Membumi Kualitas Selangit

Leave a Reply

Your email address will not be published.