tips aman berinternet
tips aman berinternet

Tips Aman Berinternet Saat Menggunakan Wifi Gratisan

Agar keamanan data selalu terlindungi penting memahami tips aman berinternet. Tindakan ceroboh ketika berinternet bisa membahayakan data dan perangkat anda. Banyak kasus pencurian data atau peretasan kerena kelalian para penggunanya.

Malware atau virus bisa masuk dari mana saja, salah satunya lewat wifi publik atau jaringan wifi gratisan. Peretas paham bahwa wifi publik diakses banyak orang, selain itu keamanannya juga tidak terlalu diperhatikan.

Sebenarnya jika Anda berinternet seperti biasa, wifi publik tersebut aman dan sulit disusupi peretas. Namun banyak pengguna internet melakukan tindakan yang membahayakan perangkat elektronik mereka dan mengundang datangnya virus.

Tempat – tempat umum seperti bandar, stasiun, café, dan tempat lain yang memberikan wifi secara gratis, sebaiknya digunakan secara bijak. Jika Anda punya kuota internet sebenarnya jauh lebih aman internet lewat kuota karena dilindungi oleh provider tersebut.

Tips Aman Berinternet Saat Memakai Wifi Publik

Wifi publik tidak bisa dijamin keamanannya karena para peretas semakin ahli dalam membobol sistem keamanan tersebut. Agar Anda terhindar dari hal – hal membahayakan atau merugikan, sebaiknya tips ini diterapkan.

1. Hindari Mengakses Aplikasi atau Situs Penting Saat Pakai Wifi Publik

Ketika Anda berinternet menggunakan wifi gratisan, sebaiknya hindari membuka situs atau aplikasi penting, misalnya seperti aplikasi M-Banking. Bisa saja ketika Anda menggunakan wifi gratisan tersebut, peretas sudah menyusupi perangkat anda.

Mereka bisa memata – matai aktivitas yang Anda lakukan saat menggunakan wifi tersebut. Jadi jika membuka aplikasi penting seperti mbanking, maka mereka bisa mengetahui password atau data penting lainnya, untuk itu lebih baik dihindari.

2. Matikan Fitur Koneksi Wifi Otomatis

Jika Anda pergi ke luar rumah usahakan selalu mematikan fitur koneksi otomatis pada konektivitas wifi. Tujuannya agar perangkat Anda terhindar dari wifi gratisan yang sifatnya tidak jelas tersebut. Jika fitur konek otomatis ini aktif, ancaman bahayanya semakin besar.

Artikel Menarik  Cara Membuka Blokir Whatsapp, Anti Ribet dan Tanpa Diketahui

Tanpa Anda sadari ponsel sudah terhubung dengan wifi gratisan. Peretas bisa masuk ke dalamnya tanpa sepengetahuan anda. Jika fitur ini dinonaktifkan, maka semakin kecil kesempatan peretas untuk menyusupi perangkat gadget anda.

3. Pasang VPN Sebagai Tindakan Pencegahan

Banyak internet publik yang keamanannya baik, jadi Anda tetap bisa berinternet secara gratisan. Sebagai tindakan pencegahan, lebih baik pasang VPN di perangkat gadget, sehingga memberikan perlindungan tambahan bagi anda.

Walaupun Anda menggunakan wifi gratisan, tetapi VPN dapat membuat koneksi jadi pribadi. Dengan demikian sulit bagi peretas menyusupi atau merobos ke dalam koneksi privat tersebut. Berhati – hati saat mengakses jaringan publik merupakan langkah terbaik menghindari peretasan.

Jika Anda memang butuh internet gratisan tidak ada salahnya untuk menggunakan wifi publik tersebut. Tidak semua wifi publik berbahaya, terutama wifi yang membutuhkan password untuk koneksinya. Asalkan Anda menerapkan tips aman berinternet dijamin data pribadi selalu terlindungi dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.