jenis teknologi informasi
jenis teknologi informasi

Jenis Teknologi Informasi yang Digunakan Pada Industri

Berbagai jenis teknologi informasi dikembangkan untuk membantu pekerjaan manusia. Salah satunya dirancang untuk keperluan industri di tanah air yang memerlukan dukungan sarana teknologi dan perangkatnya.

Teknologi dirancang secara khusus oleh orang-orang yang berkompeten di bidang tersebut. Rancangan teknologi diperbarui sesuai dengan kebutuhan, minat pengguna, dan perkembangan zaman yang selalu berubah.

Teknologi juga mempunyai peranan penting di kehidupan manusia modern. Misalnya untuk membantu mengembangkan bisnis biasanya perusahaan membutuhkan dukungan Cloud atau ruang penyimpanan berbasis komputasi awan.

Pemanfaatan teknologi dalam kehidupan sehari-hari juga bisa dilihat dari munculnya berbagai aplikasi yang unik. Aplikasi tersebut dirancang untuk membantu aktivitas manusia sehingga sifatnya perlu diperbarui.

Jenis Teknologi Informasi yang digunakan di Sektor Industri

Sektor industri adalah bidang dan ruang lingkup pekerjaan yang membutuhkan bantuan IT. Berikut adalah macam-macam teknologi IT yang umumnya digunakan untuk membantu para pekerja di sektor industri:

Artikel Menarik  Rekomendasi Smartwatch Terbaik Buat Tampilan Semakin Trendi

1. Teknologi Artificial Intelligence (AI) atau Machine Learning

Artificial Intelligence (AI) juga dikenal dengan sebutan lain yaitu Machine Learning. Teknologi yang satu ini merupakan sistem yang dirancang untuk mengenali beberapa hal krusial di kehidupan sehari-hari.

Diantaranya yaitu aplikasi, ucapan, gambar, asisten pribadi smartphone, kendaraan dan lainnya. Artificial Intelligence (AI) banyak dimanfaatkan oleh kalangan yang bekerja di sektor industri karena manfaatnya besar.

Lewat Artificial Intelligence (AI) nantinya para pakar teknologi lebih mudah menciptakan pemograman. Bahkan dukungan pengujian dan pemeliharaan juga dapat dibantu menggunakan Artificial Intelligence atau Machine Learning.

2. Teknologi Otomatisasi Proses Robotik atau RPA

Jenis teknologi informasi yang digunakan pada sektor industri salah satunya yaitu Otomatisasi Robotik atau RPA. Teknologi tersebut merupakan sistem perangkat lunak yang dapat bekerja secara otomatis.

Fungsinya terdiri dari berbagai macam diantaranya menafsirkan aplikasi dan menangani data. Otomatisasi Robotik atau RPA juga bisa dimanfaatkan untuk memproses transaksi dan membalas pesan email secara langsung.

Berkat kemampuannya tersebut Otomatisasi Robotik atau RPA sangat dibutuhkan oleh manusia modern. Perannya penting untuk membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan yang biasanya dikerjakan di sektor industri modern.

Artikel Menarik  5 Cara Mengatasi Handphone Lemot yang Paling Ampuh

Menariknya peluang karir bagi orang yang mempunyai wawasan mengenai Otomatisasi Robotik atau RPA sangat tinggi. Terlebih kehadirannya dibutuhkan di dalam industri dan pekerjaan skala besar.

3. Teknologi Hybrid atau Kombinasi Public dan Private Cloud

Pernahkah Anda mendengar teknologi public cloud maupun private cloud? Rupanya kedua teknologi tersebut dikombinasikan menjadi satu sehingga disebut sebagai Hybrid Cloud yang mempunyai fungsi lebih luas.

Kombinasi antara keduanya merupakan ide transformasi digital yang dilakukan oleh perusahaan seperti Google. Private cloud umumnya digunakan untuk menyimpan data file perusahaan yang sifatnya sensitif.

Sementara Hybrid cloud dimanfaatkan untuk meningkatkan sistem keamanan maupun ketahanan pada bisnis teknologi. Sehingga data penting dan sensitif yang tersimpan dapat dilindungi dari serangan siber.

Nah, itulah macam-macam IT yang digunakan oleh para pekerja di sektor industri modern. Berbagai jenis teknologi informasi tersebut pada akhirnya dapat membantu produktivitas banyak orang di sektor industri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.