adobe flash player
adobe flash player

Software Pengganti Adobe Flash Player yang Wajib Diinstall

Adobe Flash Player adalah salah satu piranti lunak PC desktop maupun laptop yang berguna untuk memutar streaming video atau perangkat multimedia. Software ini memang wajib didownload agar Anda dapat memutar video melalui saluran jaringan internet, seperti Youtube.

Hanya saja, di awal bulan Januari 2021 lalu perusahaan perangkat lunak yakni Adobe, Inc mengumumkan bahwa software Adobe Flash Player akan diblokir secara permanen. Sehingga, pengguna tidak dapat menginstall software tersebut.

Alhasil, Anda harus mencari rekomendasi software lain yang sama-sama memiliki fungsi untuk menjalankan perangkat multimedia atau memutar streaming video. Tidak perlu khawatir, ada berbagai software pengganti yang dapat Anda download dan install pada PC desktop atau laptop.

Rekomendasi Software Pengganti Adobe Flash Player

Memang, pengguna cukup kesulitan untuk mencari software pengganti ketika Adobe, Inc memblokir layanan dari software Adoba Flash ini. Pasalnya, tidak ada developer yang menjadi kompetitor dari Adobe.

Artikel Menarik  Gunakan Google Datally untuk Hemat Kuota Data Internet

Sehingga, hampir 70% pengguna PC desktop atau laptop selalu menginstall software tersebut untuk mendukung perangkat multimedia. Namun Anda tidak perlu khawatir. Kini, ada berbagai rekomendasi software pengganti yang dapat Anda install. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Microsoft Silverlight

Rekomendasi yang pertama adalah Microsoft Silverlight. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan piranti lunak terpopuler di dunia, yakni Microsoft. Piranti lunak Microsoft Silverlight ini memiliki fungsi yang sama dengan Adobe Flash.

Jadi, Anda dapat menginstall aplikasi tersebut sebagai software untuk menjalankan perangkat multimedia dan kebutuhan streaming video melalui jaringan internet. Software ini kompatibel dengan semua sistem operasi, termasuk Windows 10.

2. Lightspark

Lightspark juga menjadi salah satu rekomendasi software pengganti dari Adobe Flash. Software ini memiliki ukuran file cukup kecil. Sehingga, semua jenis PC desktop maupun laptop sangat disarankan untuk menggunakan Lightspark.

Hanya saja, software lightspark ini dapat dijalankan untuk program browser berbasis C++ / C saja. Selain itu, software Lightspark hanya dapat dioperasikan pada PC desktop atau laptop dengan sistem operasi Linux dan Windows saja.

Artikel Menarik  Intip Fitur Terbaru iPhone 13 yang Harganya Fantastis

Cara Menginstall Software Pengganti Adobe Flash Player

Setelah mengetahui rekomendasi software penggantinya, maka segera pelajari cara download dan install piranti lunak tersebut. Proses instalasi file software tersebut tidak terlalu sulit. Anda hanya membutuhkan beberapa menit saja hingga terpasang pada PC desktop atau laptop Anda.

Langkah pertama, klik file software pengganti Adobe Flash yang telah didownload sebelumnya. Tunggu beberapa saat hingga muncul kotak dialog lisensi dari software tersebut. Tekan “setuju” atau “I agree” pada kotak dialog tersebut.

Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi berhasil. Anda dilarang menutup atau mematikan PC desktop maupun laptop ketika proses instalasi sedang berlangsung. Jika proses instalasi berhasil, maka segera lakukan restart pada device milik Anda.

Untuk dapat mengakses perangkat multimedia pada device pribadi, maka Anda membutuhkan software khusus, seperti Adobe Flash. Hanya saja, aplikasi tersebut kini telah dinonaktifkan. Maka dari itu, segera install software pengganti Adobe Flash Player yang telah disediakan oleh developer.

Leave a Reply

Your email address will not be published.