mengatasi hp lag
mengatasi hp lag

Ingin Mengatasi HP Lag? Berikut Cara Mudahnya

Mengatasi HP lag bukan hal sulit untuk dilakukan. Namun banyak orang tidak bisa mengatasi permasalahan ponsel tersebut. Sehingga menganggu pekerjaan yang harus memakai smartphone.

Seiring perkembangan teknologi, smartphone menjadi alat paling banyak digunakan oleh manusia. Hampir semua orang menggunakannya untuk mendukung aktivitas belajar, kebutuhan rumah tangga hingga bekerja.

Tips Efektif Mencegah HP Lag

Sebelum ponsel menjadi lag atau lemot, Anda perlu melakukan tindakan pencegahan. Akan lebih nyaman bila bisa mencegah terjadinya masalah. Apalagi ketika banyak tugas menumpuk untuk segera diselesaikan.

Agar HP tidak lag, Anda perlu menjaga kapasitas penyimpanan internal. Paling tidak harus ada ruang kosong sebanyak 30% agar sistem operasi dapat berjalan dengan lancar tanpa terganggu.

Meskipun begitu jangan lupa untuk melakukan update software. Sehingga ponsel dapat menampung aplikasi baru yang bisa membantu pekerjaan Anda. Karena biasanya aplikasi jenis baru menyesuaikan sistem operasi baru.

Artikel Menarik:  Tips Memilih Smartwatch agar Manfaatnya Bisa Dirasakan

Cara praktis yang perlu dilakukan agar tetap ada ruang kosong dalam penyimpanan adalah rajin membersihkan file. Terutama file yang sifatnya tidak terlalu penting. Seperti kiriman foto rekan yang sedang memberitahukan keberadaan diri.

Apabila memori ponsel tidak cukup menyimpan file, Anda bisa memanfaatkan cloud. Google Drive menyediakan ruang sampai 15GB yang dapat dipakai secara gratis untuk menyimpan file.

Jangan lupa untuk membersihkan cache. Karena cache bisa memakan ruang penyimpanan internal meskipun Anda sudah menyediakan memori eksternal. Anda bisa memanfaatkan Google Files untuk membersihkan cache.

Anda juga perlu menjaga RAM. Jangan memenuhi ponsel dengan aplikasi yang sudah tidak digunakan. Anda juga bisa memakai aplikasi multifungsi sehingga membuat RAM lebih lega.

Cara Mudah Mengatasi HP Lag

Lag merupakan kondisi dimana ponsel mengalami keterlambatan dalam menjalankan perintah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan dengan mudah. Cukup ikuti cara berikut ini.

1. Menghapus Aplikasi yang Tidak digunakan

Ketika masih baru membeli ponsel, biasanya orang akan mengisi ponsel dengan aplikasi yang benar-benar dibutuhkan. Seiring waktu, akan menambah aplikasi baru bahkan aplikasi yang hanya digunakan untuk main-main.

Artikel Menarik:  Cara Memilih Laptop Belajar Sesuai Kebutuhan Pelajar Cerdas

Ketika HP mengalami lag, Anda bisa melihat kembali aplikasi di ponsel apakah ada yang benar-benar sudah tidak dipakai. Kemudian uninstal aplikasi tersebut. Sehingga membuat RAM dan memori internal menjadi lebih lega.

2. Reboot

Sama seperti manusia, ponsel juga membutuhkan istirahat. Anda dapat mematikan ponsel selama beberapa waktu untuk mengistirahatkan benda tersebut. Setelah itu Anda bisa menghidupkannya kembali.

Tujuan dari reboot ini adalah agar ponsel bisa beristirahat setelah digunakan bekerja dalam waktu lama. Menghidupkan ponsel setelah dimatikan akan membersihkan RAM dan menghentikan aplikasi berjalan di latar belakang.

Ponsel mengalami lag bukan adalah hal yang cukup sering dialami. Namun tidak semua orang tahu cara mengatasinya. Mengatasi HP lag cukup mudah, bisa dilakukan secara mandiri tanpa membutuhkan bantuan orang lain.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments