hp cepat panas
hp cepat panas

HP Cepat Panas? Jangan Khawatir, Berikut Tips Mengatasinya

Ada banyak sebab mengapa HP cepat panas. Terutama untuk ponsel jenis baru yang mempunyai prosesor kelas atas. Prosesor tersebut memiliki kinerja tinggi dan bisa dipakai multitasking sehingga lebih mudah panas.

Selain itu, aplikasi yang berjalan di latar belakang juga memberikan pengaruh terhadap mudahnya ponsel menjadi panas. Jika ada banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, maka ponsel menjadi lebih cepat panas.

Alasan Mengapa HP Cepat Panas

Sebelumnya telah disinggung bahwa prosesor dan aplikasi yang berjalan di latar belakang ikut memberikan pengaruh. Selain itu masih ada alasan lain mengapa smartphone menjadi cepat panas sehingga tidak nyaman ketika digunakan.

1. Sinyal

Alasan pertama ialah karena sinyal. Sinyal yang sulit dijangkau oleh smartphone membuat alat tersebut bekerja lebih keras. Sehingga ponsel akan membutuhkan banyak energi untuk menangkap sinyal.

Artikel Menarik  Cara Melacak Identitas Orang Lewat Jaringan Internet

2. Charger Tidak Original

Alasan lainnya adalah karena charger tidak original. Banyak orang yang mengalami masalah dengan charger. Biasanya karena ceroboh. Sehingga charger menjadi rusak atau hilang.

Membeli charger baru bukan hal sulit untuk dilakukan. Namun, banyak orang enggan memilih tipe original. Alasannya karena harga lebih mahal. Sedangkan charger palsu banyak dijual dengan harga murah dan bisa digunakan.

Meskipun charger palsu atau KW bisa dipakai untuk mengisi daya smartphone, hal ini sangat tidak disarankan. Charger original akan dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan daya smartphone.

Sedangkan charger palsu hanya diproduksi untuk mengisi daya tanpa mempertimbangkan kekuatan arus yang bisa diterima oleh smartphone. Sehingga lebih disarankan untuk membeli tipe original.

Terlalu banyak bermain game atau menonton video Youtube juga berperan besar dalam membuat HP menjadi panas. Terutama jika dilakukan dalam waktu lama tanpa ada jeda. Biasanya ketika bermain game menjadi lupa waktu.

Tips Mudah Mengatasi HP Cepat Panas

Ketika HP menjadi panas, tangan akan merasa tidak nyaman untuk memegangnya. Sehingga tidak mungkin membiarkan masalah tersebut berlarut-larut, harus segera diatasi. Simak tips di bawah ini untuk mengatasinya.

Artikel Menarik  Tutorial Edit Foto Lightroom Cinematic Dark Ala Selebgram

1. Melepas Case

Langkah pertama yang bisa dilakukan apabila ponsel mengalami peningkatan suhu adalah dengan melepas sarung atau case pelindung. Dengan melepas case, ponsel akan mengeluarkan suhu dengan leluasa.

2. Mengaktifkan Mode Pesawat

Salah satu penyebab smartphone mengalami peningkatan suhu adalah sinyal. Anda bisa mengaktifkan mode pesawat agar smartphone beristirahat dalam mencari sinyal. Fitur ini juga akan membantu mematikan sinyal lain seperti bluetooth dan wireless radio.

3. Menutup Aplikasi

Setelah menggunakan aplikasi cukup lama seperti game atau Youtube, coba tutup aplikasi tersebut. Istirahatkan ponsel dengan tidak menjalankan aplikasi apapun. Sehingga smartphone akan mulai mendinginkan suhu.

4. Menurunkan Kecerahan Layar

Tingkat kecerahan layar smartphone bisa berpengaruh terhadap peningkatan suhu. Kecerahan yang terang akan memakan banyak baterai. Anda perlu menurunkan tingkat kecerahannya agar suhu bisa mendingin.

Banyak sekali hal dapat dilakukan melalui ponsel. Sehingga tidak sadar sudah bermain HP dalam waktu lama sampai benda tersebut mengalami peningkatan suhu. Namun tidak perlu khawatir karena banyak tips untuk mengatasi HP cepat panas.

Artikel Menarik  Download Yummy App Temukan Berbagai Ide Masakan Setiap Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published.