hp mati sendiri
hp mati sendiri

Ketahui Penyebab HP Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

HP mati sendiri merupakan hal yang cukup mengagetkan. Apalagi ketika masih menggunakannya untuk urusan penting. Smartphone sendiri sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia.

Hampir semua hal dapat dilakukan dengan bantuan teknologi tersebut. Mulai dari belajar hingga bekerja. Keadaan dimana smartphone tiba-tiba mati sendiri menunjukkan adanya masalah pada perangkat tersebut.

Ketahui Penyebab HP Mati Sendiri

Kondisi ponsel yang tiba-tiba mati total dan tidak bisa menyala meskipun sudah menekan tombol power adalah pertanda bahwa perangkat mengalami masalah. Masalah tersebut dapat terjadi pada bagian hardware dan software.

1. Baterai Drop

Apabila ponsel Anda mendadak mati dan tidak bisa menyala kembali, kondisi baterai drop dapat menjadi pemicu utamanya. Ponsel yang berusia tua biasanya rentan mengalami baterai drop. Apalagi jika sering digunakan untuk pekerjaan berat.

Apabila baterai ponsel Anda masih dalam keadaan bagus, bisa cukup melakukan charge dan menyalakan perangkat ketika daya sudah terisi penuh. Pada kasus ini ponsel tiba-tiba mati karena daya berkurang secara drastis.

Artikel Menarik  Tips Hemat Baterai Ponsel Ketika Sedang Keluar Rumah

Jika ponsel masih dalam keadaan panas, Anda bisa menunggunya dingin terlebih dahulu sebelum menyambungkannya dengan charger. Apabila kondisi baterai sudah cukup parah bisa mencoba menggantinya.

2. Terlalu Banyak File Sampah

Faktor lain yang bisa menyebabkan HP tiba-tiba mati sendiri adalah banyaknya cache yang ada. Cache adalah file sampah yang tersimpan secara otomatis. Anda harus rajin membersihkannya.

Cache yang tidak dibersihkan akan membuat kinerja smartphone menjadi berat. Sehingga dapat menyebabkan perangkat mati secara tiba-tiba. Ponsel juga bisa menjadi lambat bila cache tidak rajin dihapus.

Cache dapat disingkirkan melalui aplikasi bawaan perangkat. Bisa juga dengan mengunduh aplikasi khusus penghapus cache melalui Google Play Store atau Apple Play Store. Jadi tidak perlu menghapus secara manual.

3. Kerusakan Sistem Aplikasi

Kerusakan perangkat lunak juga bisa menyebabkan ponsel tiba-tiba shutdown sendiri. Untuk mencegah hal tersebut biasanya ponsel akan meminta pembaruan untuk memberikan layanan yang lebih baik.

Update tersebut dilakukan untuk memperbaiki kerusakan daya baterai, kelambatan sistem, dan lain sebagainya. Jadi jangan mengabaikan bila ada permintaan pembaruan sistem dari ponsel Anda.

Artikel Menarik  Mengenal Teknologi Wireless Charging Smartphone yang Praktis

Mengatasi HP Mati Sendiri Melalui Kalibrasi

Seringkali status baterai tidak sesuai dengan daya yang sebenarnya masih tersedia. Misalnya status menunjukkan 50% padahal daya ponsel hanya tersisa 5%. Hal ini yang menyebabkan ponsel tiba-tiba mati karena sebenarnya daya sudah sangat menipis.

Solusi dari masalah ini adalah memakai kalibrasi baterai. Anda cukup mengunduh aplikasi tersebut memalui Google Play Store. Setelah itu, charge ponsel Anda sampai 100% dan buka aplikasi tersebut. Kemudian lakukan kalibrasi.

Mungkin tidak banyak orang yang mengalami masalah ini. Namun bila terjadi pada ponsel Anda jangan dibiarkan begitu saja. Lakukan kalibrasi untuk mengembalikan kemampuan ponsel dalam menyajikan status baterai yang akurat.

Perlu diingat bahwa kalibrasi hanya berguna untuk memperbaiki status baterai. Banyak orang yang salah mengira bahwa kalibrasi dapat menghemat baterai. Untuk menghemat baterai Anda bisa menggunakan aplikasi khusus penghemat baterai.

HP banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Namun sangat mengganggu bila tiba-tiba mati ketika dipakai. Banyak hal yang bisa menyebabkan HP mati sendiri namun ada solusi atas permasalahan tersebut.

Artikel Menarik  Sensor Fingerprint Smartphone: Perkuat Sistem Keamanan

Leave a Reply

Your email address will not be published.