vacuum cleaner robot
vacuum cleaner robot

Vacuum Cleaner Robot, Seperti Apa Cara Kerjanya?

Vacuum cleaner robot merupakan salah satu alat pembersih yang bisa bergerak secara otomatis. Alat tersebut mampu menyedot debu di dalam ruangan tanpa perlu Anda arahkan.

Alat ini sebenarnya menawarkan teknologi pembersihan tinggi. Namun masih banyak orang yang meragukan kemampuannya. Terutama para orang tua yang menganggap bahwa menggunakan tenaga manual adalah cara terbaik membersihkan rumah.

Cara Kerja Vacuum Cleaner Robot

Robot jenis ini mempunyai ukuran kecil yang hemat tempat. Anda tidak membutuhkan banyak ruang untuk menyimpan alat pembersih. Bahkan bisa menyimpan robot ini di bawah sofa.

Robot ini mempunyai dua tugas utama. Yaitu navigasi dan penyedotan. Disematkan fitur berteknologi tinggi dalam alat tersebut agar bisa melaksanakan tugas dengan baik.

Teknologi navigasi yang biasa disematkan ialah inframerah (IR) atau laser. Melalui inframerah, robot bisa mengidentifikasi objek yang ada di sekitarnya, menyimpan susunan ruang dalam memori kemudian menggunakannya sebagai panduan pergerakan.

Artikel Menarik  Ingin Mengatasi HP Lag? Berikut Cara Mudahnya

Dengan adanya peta di dalam memori, robot bisa bergerak dengan benar. Tidak akan menabrak berbagai benda di dalam rumah. Sehingga pembersihan dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

Seiring waktu, teknologi pembersihan ini terus berkembang. Banyak merek yang menyematkan teknologi canggih seperti kamera, kecerdasan buatan (AI), hingga pembelajaran canggih. Sehingga semakin memanjakan penggunanya.

Melalui AI, robot dapat mengidentifikasi objek dengan lebih baik. Dapat membedakan antara benda mati dan benda hidup. Alat juga dapat bergerak secara otomatis tanpa perlu dinyalakan atau dimatikan secara manual.

Secara umum, perangkat ini mempunyai dua jenis sikat. Yaitu roller dan spinner. Sikat tersebut dibuat untuk mampu mengaduk dan menarik kotoran ke dalam ruang kosong. Masuk ke dalam tempat sampah internal.

Vacuum cleaner akan memulai dan mengakhiri pembersihan di stasiun dok. Stasiun juga berfungsi sebagai tempat pengisi daya perangkat. Sehingga vacuum cleaner dapat selalu digunakan ketika dibutuhkan.

Keuntungan Menggunakan Vacuum Cleaner Robot

Robot canggih ini dapat membantu menjaga kebersihan rumah secara praktis. Akan sangat menguntungkan bagi orang yang tidak punya waktu untuk mengurus rumah. Selain itu, masih banyak keuntungan lainnya.

Artikel Menarik  5 Tips Buat Podcast Hanya Bermodalkan Smartphone

1. Pel Lantai

Tidak semua vacuum cleaner canggih ini hanya bisa digunakan untuk menyedot debu. Ada beberapa merek yang menghadirkan teknologi pel lantai. Jadi Anda tidak perlu memakai sapu dan alat pel untuk membersihkan rumah.

Hanya melalui satu alat, rumah akan tampak bersih dan nyaman untuk ditempati. Anda tidak perlu mengambil alat pel dan timba untuk menampung air. Cukup serahkan pada teknologi vacuum cleaner.

2. Hemat Waktu

Anda pasti tahu berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan ruangan. Mulai dari menyapu hingga mengepel lantai. Tidak cukup dengan waktu beberapa menit saja.

Namun dengan teknologi vacuum cleaner canggih ini, Anda dapat membersihkan rumah dalam waktu cepat. Anda bisa melakukan aktivitas lain sementara robot akan bekerja secara maksimal.

Membersihkan rumah bukan hal sulit lagi untuk dilakukan. Pekerjaan rumah tangga tersebut dapat diserahkan pada teknologi canggih yang sudah beredar di pasaran, yakni Vacuum cleaner robot.

Leave a Reply

Your email address will not be published.