cara backup data
cara backup data

Cara Backup Data untuk Windows 10 dengan Mudah

Demi mempertahankan file-file penting, Anda membutuhkan cara backup data dari device Windows 10. Hal tersebut dikarenakan, seberapa canggih antivirus atau sistem komputer, tetap saja keamanan data tidak tentu terjamin.

Selain itu, ada banyak hal yang menjadi penyebab hilangnya file-file penting, diantaranya virus, eror, dan lain sebagainya. Maka, pemilik file mulai berpikir untuk melakukan backup data atau membuat tempat cadangan.

Microsoft sebagai pemilik windows telah mefasilitasi penggunanya dengan fitur cadangan tersebut. Caranya juga cukup mudah, namun pastikan bahwa Anda memiliki kapasitas media penyimpanan yang besar.

Inilah Cara Backup Data untuk Windows 10

Apabila sudah dapat dipastikan bahwa kapasitas media penyimpanannya memang besar dan mampu menyimpan segala file baik dari ukuran besar maupun kecil, Anda bisa mempelari dan menerapkan cara mencadangkannya. Berikut panduan backup data yang bisa Anda terapkan :

1. Mencadangkan File Biasa

File penting bisa berupa apa saja, mulai dari video, foto, dokumen, audio, dan lain sebagainya. Masing-masing memiliki ukuran file berbeda-beda, Anda tentu bisa memilih mana yang perlu disimpan dan dibuang.

Artikel Menarik  Cara Hemat Kuota Nonton Youtube Agar Tidak Cepat Habis

Pertama-tama, Anda langsung masuk ke menu Windows Setting, caranya langsung klik ikon gir di bagian Start Menu. Kemudian, klik ikon Update & Security, maka Anda akan menemukan pilihan Backup.

Pilihan tersebut ada di bagian sisi kiri halaman. Nantinya, Anda akan menemukan opsi untuk melaksanakan proses pencadangan yang muncul di sisi kanan. Langsung pilih Backup using File History.

Di bagian bawah, ada Add Drive yang berfungsi sebagai penentuan media penyimpanan atau biasa disebut disk drive ketika melakukan pencadangan. Pada proses tersebut, akan diberikan opsi mengenai jadwal proses pencadangan.

Jika memilih untuk dicadangkan secara berkala, maka tentukan waktu yang diinginkan, maka prosesnya akan berjalan secara otomatis. Cara ini memang cukup mudah dilakukan demi keselamatan berkas penting.

2. Mencadangkan Secara Lengkap Windows 10

Berbeda dengan cara sebelumnya, mencadangkan secara lengkap artinya menyeluruh, mulai dari konfigurasi sistem, aplikasi terpasang, hingga berkas atau file penting. Langkah awalnya, masuk ke Windows Setting, kemudian Update & Security.

Artikel Menarik  Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Mudah, Siap Ngebut Lagi!

Pada bagian bawah, Anda akan menemukan pilihan Backup Using File History, kemudian muncul pilihan dengan judul Looking for an older backup?. Setelah itu, langsung klik Go to Backup and Restore.

Tunggu beberapa saat hingga muncul halaman dialog baru yang berisikan pilihan disk drive, berisi pilihan yang akan digunakan untuk membuat cadangan Windows. Pilih Create a system image untuk cadangan baru.

Sistem akan bekerja secara otomatis, mencari disk drive atau bisa juga disebut dengan media penyimpanan, Tentunya dengan kapasitas cukup untuk mencadangkan segala isi Windows 1, klik start agar proses dimulai.

Saat ini, menyimpan berkas-berkas penting tidak perlu secara hard file, melainkan juga menggunakan teknologi digital. Oleh karena itu, cara backup data sangat penting untuk dipelajari dan diterapkan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.