ram untuk laptop
ram untuk laptop

Tips Merawat RAM untuk Laptop Agar Lebih Awet

RAM untuk laptop merupakan salah satu media eksternal yang biasa digunakan sebagai penyimpan data. Akan tetapi terlepas dari hal tersebut secara tidak langsung fungsi dari RAM ini tentunya adalah untuk mengatur jalannya perangkat ketika sedang digunakan.

Keberadaan manfaat dari RAM bahkan tidak hanya itu, sebagai media penyimpanan utama dari perangkat laptop maka penting sekali adanya RAM ini untuk melayani penggunaan melalui percepatan dari pengolahan proses data dari perangkat tersebut.

Artinya secara sederhana kapasitas untuk menyediakan RAM ini memang berfungsi untuk mengatur jalannya kinerja dari segala perangkat laptop. Semakin besar daya RAM maka semakin besar juga kemungkinan jalannya laptop akan berkembang.

Begitu juga sebaliknya jika kualitas RAM lebih sedikit maka secara tidak langsung kinerja dari perangkat tersebut akan sedikit lambat. Inilah yang kemudian menjadi salah satu penyebab mengapa semakin banyak media produsen laptop yang memberikan layanan terbaik berupa RAM besar.

Apalagi saat ini perkembangan laptop dengan segala hal terkait kebutuhannya juga semakin banyak dibutuhkan oleh pengguna. Hal tersebut tentu memberikan gambaran kepada pengguna untuk lebih jeli lagi dalam melihat dan memilih RAM yang baik.

Artikel Menarik  Teknologi Samsung Smart Doorlock, Tingkatkan Keamanan Rumah

Jika telah mendapatkan kualitas perangkat laptop dengan RAM tinggi dan besar maka langkah selanjutnya ialah dengan memperhatikan bagaimana cara merawat RAM tersebut.

Sebab jika RAM tersebut tidak bisa dioptimalkan dengan baik maka fungsinya tidak akan berjalan dengan maksimal. Berikut ini adalah beberapa panduan khusus untuk merawat RAM.

Lakukan Pembersihan RAM untuk Laptop Secara Berkala

Untuk melakukan pembersihan pada RAM maka penting sekali bagi pengguna untuk memperhatikan beberapa aspek. Aspek yang pertama adalah dengan membuka RAM dari laptop, proses pembukaan RAM ini perlu dilakukan dengan hati-hati dan tentunya teliti.

Setelah RAM berhasil dibuka maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah masuk pada proses pembersihan. Untuk membersihkan RAM itu sendiri ada banyak hal yang bisa dilakukan, misalnya dengan menggunakan media penghapus pensil.

Gosokkan penghapus pensil tersebut pada bagian besi kuning didalam RAM tersebut. umumnya jika lama tidak dibersihkan maka besi kuning tersebut akan kotor dan terkesan using sehingga berpengaruh pada kinerja RAM itu sendiri, oleh sebab itulah maka penting dilakukan pembersihan secara manual.

Artikel Menarik  Smartphone untuk Buat Video agar Berkarya Lebih Optimal

Selalu Membersihkan RAM untuk Laptop dari Adanya Virus

Salah satu fungsi yang juga menjadi rekomendasi untuk merawat RAM adalah dengan cara membersihkan secara menyeluruh dari dalam. Artinya proses pembersihan dilakukan secara berkala melalui virus yang seringkali mengganggu kinerja RAM.

Untuk membersihkan virus tersebut bisa dioptimalkan dengan seringnya melakukan pengaturan awal apabila kinerja dari laptop dirasa telah melambat. Dengan mengembalikan ke pengaturan awal maka secara tidak langsung fungsi dari RAM akan kembali ke mode awal.

Proses merawat RAM ini memang seringkali penting disadari sebagai salah satu upaya untuk merawat media penyimpanan dengan baik. hal inilah yang kemudian sangat penting untuk diperhatikan mengenai cara untuk merawat RAM untuk laptop.

Leave a Reply

Your email address will not be published.