aplikasi edit foto
aplikasi edit foto

Pilihan Aplikasi Edit Foto di HP untuk Pemula, Gratis!

Untuk menghasilkan gambar yang semakin estetik, para fotografer biasanya menggunakan aplikasi edit foto. Bukan hanya fotografer profesional, Anda juga bisa membuat hasil foto semakin indah dengan aplikasi tersebut.

Memotret dengan smartphone juga semakin populer karena teknologi yang kian canggih. Tidak sedikit fotografer profesional juga yang tertarik memotret dengan smartphone. Sehingga muncullah banyak aplikasi hp untuk mengedit foto.

Aplikasi Edit Foto untuk HP

Aplikasi-aplikasi tersebut bisa Anda download dari Play Store maupun App Store secara gratis. Cara penggunaannya juga sederhana sehingga cocok bagi pemula. Lantas, apa saja pilihan aplikasi untuk mengedit foto di hp?

1. Snapseed

Aplikasi pertama yang kami pilihankan adalah Snapseed. Snapseed merupakan app yang dikembangkan oleh Google dengan berbagai kelebihan fitur. Antarmuka pada Snapseed memiliki tampilan sederhana sehingga ramah bagi pemula.

Cukup memilih salah satu gambar, Anda dapat mengubahnya secara instan dengan beberapa pilihan style seperti pop, accentuate, fine art, silhouette, dan sebagainya. Di samping itu bisa juga memanfaatkan beberapa tools.

Artikel Menarik  Cara Mengunduh Adobe Premiere Pro Aplikasi Edit Terbaik

Misalnya tool healing untuk menghapus bagian yang ingin dihilangkan. Atau tool grainy film untuk membuat tekstur grain pada foto. Sedangkan tools lainnya antara lain tune image, vintage, vignette, double exposure, text, dan sebagainya.

Namun kekurangannya adalah pilihan penyimpanan yang tidak terlalu intuitif. Tidak tersedia opsi format penyimpanan yang beragam. Ini patut menjadi pertimbangan Anda.

2. Aplikasi Edit Foto Adobe Lightroom

Pilihan kedua yaitu aplikasi Adobe Lightroom. Adobe Lightroom menyediakan fitur-fitur penyuntingan yang cukup lengkap dengan tampilan antarmuka relatif friendly bagi pemula.

Disini terdapat banyak pilihan preset style untuk membuat foto Anda memiliki mood sesuai keinginan. Untuk foto potret terdapat filter deep skin, medium skin, hingga light skin.

Sedangkan pilihan style lainnya antara lain cinematic, futuristic, vintage, hingga travel. Ada beberapa tools yang tersedia secara gratis yakni pengaturan kecerahan, spektrum warna, memberikan efek seperti tekstur atau dehaze, hingga mengatur detail.

Jika ingin menggunakan tool Adobe Lightroom secara maksimal, Anda bisa berlangganan. Sehingga dapat memanfaatkan tool premium seperti selective, healing, dan geometry.

Artikel Menarik  Rekomendasi Aplikasi Edit Video Blur yang Paling Efektif

3. Aplikasi Edit Foto Picsart

Pilihan aplikasi editing foto fi hp adalah Picsart. Picsart menyediakan banyak tool pengeditan untuk menjadikan hasil potret Anda semakin keren. Di Picsart, Anda bisa membuat kolase dengan menggabungkan beberapa foto.

Terdapat opsi memasukkan teks, sticker, atau berbagai efek maupun filter instan. Picsart juga memungkinkan penggunanya untuk membuat beberapa layer. Sehingga ini juga cocok untuk mengedit secara kompleks bagi fotografer profesional.

Selain tool-tool basic, disini Anda bisa mengaplikasikan efek menarik misalnya artistik, blur, magic, black and white, dan lain sebagainya. Sayangnya Picsart versi gratis biasanya banyak iklan yang cukup mengganggu.

Agar lebih nyaman, Anda bisa memakai Picsart premium supaya tidak terganggu iklan. Selain itu, semua fitur juga bisa digunakan secara lengkap pada versi premium.

Kemampuan memotret saja belum cukup untuk menghasilkan gambar estetik. Anda juga perlu melakukan penyuntingan dengan aplikasi tertentu. Gunakan satu atau kombinasi aplikasi edit foto yang sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.