Pengaturan Mode Pesawat, Kapan dan Apa Manfaat Mengaktifkannya

Smartphone dan sebagian besar perangkat seluler lainnya dilengkapi dengan pengaturan Mode Pesawat, sering juga disebut sebagai mode Penerbangan. Ketika fitur ini aktif, maka koneksi Bluetooth, Wi-Fi, data seluler akan mati sehingga tidak ada koneksi internet.

Perangkat elektronik mungkin mengganggu berbagai sensor dan peralatan di pesawat komersial ketika dibiarkan akif, itu mengapa Mode Pesawat ada. Cara mengaktifkannya untuk ponsel Android dan iPhone umumnya sangat mudah dilakukan.

Anda cukup mencari ikon Pesawat, kemudian klik untuk mengaktifkan maupun menon-aktifkan. Ikon pesawat di bilah notifikasi di bagian atas layar ponsel pasti ada, dari sana itu bisa diaktifkan.

Manfaat Pengaturan Mode Pesawat saat Terbang

Naik pesawat mewajibkan Anda untuk mengaktifkannya tepat sebelum pesawat lepas landas sampai mendarat kembali. Namun terkadang ada perbedaan manfaat Mode Pesawat antar perangkat, tetapi paling utama adalah memutuskan sambungan suara dan data seluler.

Jika Anda mengaktifkan Mode Pesawat di iPhone, iPad, iPod touch, atau Apple Watch, Wi-Fi dan Bluetooth juga akan dinonaktifkan. Namun masih dapat menggunakan beberapa aplikasi dan game, mengambil foto, memutar video dan music.

Artikel Menarik  Gunakan Google Datally untuk Hemat Kuota Data Internet

Sejak tahun 2013, Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat memperbarui pedomannya, di mana penumpang dapat menggunakan Bluetooth dalam penerbangan untuk terhubung ke perangkat seperti headphone.

Ini juga berarti Anda dapat menggunakan Wi-Fi ketika sedang terbang, dengan catatan pesawat memberikan izin. Fitur ini bisa diaktifkan kembali tanpa keluar dari Mode Pesawat. Untuk melakukannya, tinggal ketuk ikon Bluetooth atau Wi-Fi di Pusat Kontrol perangkat.

Kegunaan Lain dari Mode Pesawat

Selain digunakan naik Pesawat, mode ini bisa sangat nyaman dalam beberapa situasi lain selain perjalanan di udara, misalnya, untuk menghemat masa pakai baterai. Atau jika kesulitan mendapatkan sinyal, sangat membantu mengaktifkan dan menonaktifkannya lagi.

Fitur ini juga beroperasi dengan baik saat Anda ketika tidak ingin diganggu. Dengan Pengaturan mode Pesawat di ponsel sebelum pergi tidur, akan membantu kenyamanan Anda. Itu tidak akan menerima pesan teks atau email, namun alarm masih hidup.

Atau saat Anda perlu meningkatkan masa pakai baterai di ponsel, maka Mode Pesawat juga merupakan teknik yang sangat baik untuk meningkatkannya. Dengan menggunakannya baterai bisa dihemat selama tidak membutuhkan panggilan atau pesan masuk.

Artikel Menarik  Cara Screenshot HP Samsung dengan Mudah Tanpa Aplikasi

Saat menggunakan Mode Pesawat, ponsel juga dapat mengisi daya lebih cepat. Manfaat lainnya adalah membantu menghentikan ponsel memancarkan radiasi, intinya selama tidak memiliki kebutuhan mendesak terhubung ke jaringan seluler, Mode Pesawat lebih aman.

Mengaktifkan Mode Pesawat adalah cara yang bagus untuk membatasi penggunaan data seluler saat bepergian ke luar negeri, terlebih jika Anda belum membayar roaming internasional, itu cara terbaik untuk mencegah ponsel mengeluarkan biaya dadakan.

Karena masih dapat mengaktifkan Wi-Fi setelah Mode Pesawat aktif, dan sambil memastikan bahwa koneksi seluler tidak aktif, mode Pesawat ini juga dapat digunakan untuk membatasi penggunaan data seluler saat Anda berada di mana.

Misalnya, jika perangkat sedang kehabisan kuota dan tidak ingin ponsel secara otomatis mengunduh gambar dan video dari pesan WhatsApp atau update aplikasi saat, Pengaturan mode Pesawat akan membatasi data.

Leave a Reply

Your email address will not be published.