Cara Menghapus Cache di Ponsel Android dengan Mudah

Salah satu solusi untuk ponsel lambat bisa ditangani jika Anda tahu cara menghapus cache, karena tidak ada hal lebih menjengkelkan ketika perangkat selular bekerja dengan lambat, itu rasanya seperti mimpi buruk.

Ketika ponsel Anda berjalan lambat, aplikasi mogok atau macet, atau halaman gagal dimuat di browser web, penyebabnya bisa saja karena cache menumpuk. Itu karena cache, yakni potongan-potongan kecil informasi tersimpan dibutuhkan.

Ketika menggunakan browser web dan aplikasi, ponsel Anda memakainya untuk meningkatkan kinerja, namun ketika file di-cache menjadi kelebihan beban atau rusak, masalah kinerja seperti loading lama bisa muncul.

Kejadian seperti halaman web yang lambat, aplikasi mogok, atau game tersendat-sendat kemungkinan besar bermasalah pada file cache-nya. Anda tidak perlu khawatir, karena mudah dan cepat untuk menghapusnya di Android.

Cara Menghapus Cache di Android dengan Cepat

Ada beberapa cara untuk membersihkan file cache yang telah menumpuk di broser maupun aplikasi Android Anda. Namun bagaimanapun, langkah tersebut akan membantu melancarkan kinerjanya setelah dilakukan.

Artikel Menarik  Inilah Aplikasi Cek Root Smartphone Terbaru, Mudah dan Aman

Membersihkan cache browser dengan cepat, bisa Anda lakukan dengan masuk ke riwayat browser di Android, kemudian menghapus data penjelajahan, itu akan menghapus gambar dan file yang ada di file cache ponsel.

Dengan menghapus cache browser Anda secara teratur, itu merupakan kebiasaan yang baik, dapat membantu dan memastikan ponsel terhindar dari masalah apapun terkait dengan situs web.

Langkah-langkah di bawah ini mungkin sedikit berbeda tergantung pada ponsel yang Anda gunakan dan versi Android terpasang di Smartphone. Dengan sistem operasi Android 11, langkah mudah berikut akan menghapus cache browser:

  1. Masuk ke Chrome, lalu klik menu tiga titik di kanan atas.
  2. Geser dan ulir hingga menemukan opsi Riwayat, pilih dan klik Hapus Data Penjelajahan. Itu bisa diatur untuk menghapus semua data atau memilih rentang waktu yang Anda inginkan di bawah menu Rentang Waktu.
  3. Aktifkan pilihan Anda dengan memunculkan tanda centang di kotak Gambar dan File Tembolok, dan klik Hapus Data.

Selain cache browser, perlu juga menghapus cache aplikasi ketika mereka tidak merespons, mogok, atau macet hal ini akan membantu. Tidak perlu khawatir karena itu tidak akan menghapus informasi akun apapun, dan berikut cara menghapus cache App dengan cepat.

  1. Membukan menu Pengaturan, pilih Baterai dan Perawatan Perangkat.
  2. Pilih Penyimpanan dan geser untuk memilih opsi File Cache.
  3. Kotak dialog akan muncul menanyakan apakah ingin menghapus cache untuk semua aplikasi, maka klik Oke.
Artikel Menarik  Pilihan Aplikasi Memperbaiki Foto Blur Terbaik

Cara ini tidak sepenuhnya dapat menghapus cache untuk semua aplikasi pada beberapa ponsel Android. Untuk membersihkan cache aplikasi secara total, Anda bisa melakukan langkah berikut.

  1. Masuk ke menu Pengaturan dan pilih Aplikasi.
  2. Kemudian temukan aplikasi yang perlu dibersihkan file cachenya
  3. Pilih Penyimpanan dan terakhir klik Hapus Cache.

Jika langkah di atas tidak membantu situasi ponsel, maka Anda mungkin perlu re-start untuk menentukan letak masalanya. Ketika semua cara menghapus cache dan re-start juga gagal, maka reset pabrik mungkin opsi terbaik, tetapi jangan lupa back-up data terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.