Aplikasi Sistem Informasi Akademik untuk Keperluan Sekolah

Aplikasi sistem informasi akademik dapat digunakan untuk keperluan kegiatan akademik di sebuah lembaga pendidikan. Aplikasi ini telah dilengkapi dengan berbagai macam fitur canggih dan kegunaannya saling berkaitan satu sama lain.

Adanya situs ini dapat membantu Anda untuk memudahkan proses akademik agar berjalan dengan lancar dan mudah. Semua guru, karyawan dan peserta didik dapat mengakses aplikasi ini. Sebelum mengunduh aplikasi, simak lebih dulu ulasan berikut ini!

Aplikasi Sistem Informasi Akademik dan Manfaatnya

Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan SIAKAD akan merasakan banyak manfaat untuk sekolah seperti kemudahan dalam penyampaian informasi. Kini tidak perlu lagi menginformasikan pengumuman dengan cara manual.

Berikutnya adalah mudahnya guru berkomunikasi dengan peserta didik dengan satu aplikasi saja. Proses akademik tiap semester seperti penerimaan peserta didik baru juga bisa berlangsung cepat.

Admin sekolah sudah tidak perlu lagi menggunakan cara lama ketika akan menginput data murid baru. Manfaat terakhir adalah kemudahan dalam proses pelaporan di setiap bulannya. Jadi admin tinggal mencetak laporan secara online.

Artikel Menarik  4 Aplikasi Unduh Gambar dan Video dari Instagram Gratis

Kegunaan Setiap Fitur Pada Aplikasi

Setiap fitur aplikasi sistem informasi akademik pasti memiliki tugasnya masing-masing. Semua fitur juga tersusun dengan rapi untuk memudahkan penggunanya. Berikut fungsi setiap menu:

  1. Dashboard

Dashboard berfungsi untuk melihat grafik prestasi dari peserta didik secara umum. Berita-berita yang berkaitan dengan sekolah juga bisa ditampilkan pada dashboard. Dashboard dapat menjadi pemacu semangat siswa untuk meningkatkan prestasinya.

  1. Profil

Profil berisi tentang informasi mengenai sejarah, visi dan misi lembaga, daftar guru dan fasilitas sekolah. Admin sekolah juga dapat menginput alamat, nomor kontak dan surel dari lembaga terkait. Tambahkan juga beberapa foto pendukung pada profil.

  1. Pengumuman

Segala hal terkait pengumuman bisa diinformasikan ke menu ini. Aplikasi sistem informasi akademik sengaja merancang agar informasi baru tidak tertimbun dengan berita lama.

  1. Jadwal Pelajaran

Sekarang tidak ada alasan lagi bahwa peserta didik atau guru lupa mengenai jadwal pelajaran. Jadwal pelajaran tiap kelas bisa diinput ke dalam website untuk meningkatkan kedisiplinan. Siwa juga mudah untuk mengecek jadwal pelajaran setiap harinya tanpa perlu mencatatnya.

  1. Forum

Forum dirancang agar setiap siswa dapat berdiskusi dengan temannya yang lain dengan mudah. Penyampaian informasi juga bisa dilakukan lewat forum diskusi.

  1. Konsultasi

Sebaliknya menu konsultasi digunakan oleh guru agar bisa memantau perkembangan peserta didiknya. Selain itu jika ada siswa yang mempunyai masalah bisa berdiskusi langsung dengan wali kelasnya.

  1. Lihat Nilai

Aplikasi sistem informasi untuk akademik merancang fitur lihat nilai agar siswa bisa mengetahui hasil ujiannya tanpa datang langsung ke sekolah.

  1. Data Siswa

Data siswa keseluruhan dari setiap angkatan dapat admin lihat melalui fitur ini. Website telah melakukan pengaturan agar data terinput dengan rapi.

  1. Data Guru

Tidak hanya data siswa saja, data guru bisa dilihat dengan aplikasi. Ketika membuka menu data guru, akan langsung muncul informasi setiap pengajar di layar. SIAKAD dirancang untuk membantu kegiatan akademik di lembaga pendidikan dapat berjalan.

Artikel Menarik  5 Aplikasi Video Pendek yang Hits di Indonesia

Jika memakai aplikasi maka akan menghemat waktu dan biaya. Prosesnya juga cepat karena fiturnya sudah lengkap. Anda bisa langsung mengunduh dan menggunakan Aplikasi sistem informasi akademik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.