screenshot hp samsung
screenshot hp samsung

Cara Screenshot HP Samsung dengan Mudah Tanpa Aplikasi

Kini melakukan screenshot HP Samsung semakin dipermudah, ada beragam cara, mulai dari menggunakan tombol kombinasi, swipe tangan, dan alternatif cara lainnya. Sehingga tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan atau install aplikasi pihak ke 3.

Tangkapan layar bermanfaat untuk berbagai hal, mulai dari merekam sebuah percakapan, menangkap momen penting, atau menyimpan informasi baru dari internet. Meskipun sebenarnya mudah, tetapi bagi pengguna Samsung baru terkadang masih kesulitan menggunakan fitur ini.

3 Cara Screenshot HP Samsung Tanpa Aplikasi Tambahan

Ada beberapa pilihan yang disediakan oleh Samsung untuk memudahkan penggunanya dalam menangkap layarnya. Mulai dari kombinasi tombol hingga tambahan asisten menu yang mungkin jarang diketahui banyak orang. Berikut 3 cara alternatif untuk menangkap layarnya.

1. Kombinasi Tombol

Cara ini paling umum dan sudah banyak diketahui oleh para pengguna smartphone, karena sebagian besar ponsel android juga mengadaptasinya. Cukup menekan tombol volume down (-) dengan power beberapa detik hingga terdengan bunyi “ckrek” atau layar berkedip.

Artikel Menarik  Manfaat Baby Monitor untuk Memantau Bayi dari Jarak Jauh

Setelah itu akan ada menu baru, berupa pilihan untuk melakukan screenshot panjang, membagikan hasil tangkapan layar, atau membagikan hasilnya. Untuk melihat hasilnya tinggal masuk ke menu galeri, klik menu album, dan pilih album gambar layar.

2. Swipe Telapak Tangan

Tidak semua orang menyukai cara ini, ada banyak alasannya mulai dari takut tombol powernya menjadi rusak atau kurang efisien. Sehingga Samsung memberikan alternatif cara lainnya yang memanfaatkan motion atau gerakan tangan pada layar ponsel.

Untuk menangkap gambar tinggal mengusap telapak tangan dari kanan ke kiri pada layar yang ingin ditangkap momennya. Pastikan ketika mengusap layarnya tersentuh secara maksimal, apabila tidak, terkadang motion sensornya tidak mengenali perintah tangkap layar tersebut.

Fitur tangkapan layar ini sebenarnya sudah aktif secara otomatis ketika membeli ponselnya, tetapi apabila ragu bisa di setting sendiri. Caranya adalah pergi ke menu pengaturan, masuk ke tab “motion and gesture”, kemudian hidupkan “palm swipe to capture”.

3. Assistant Menu

Alternatif menggunakan swipe telapak tangan terkadang mengalami kendala, tidak jarang setelah mengusap beberapa kali, layarnya tidak tertangkap. Alternatif berikutnya adalah memanfaatkan menu asisten yang disediakan oleh Samsung.

Artikel Menarik  Processor HP Gaming yang Membuat Main Menjadi Lancar

Untuk mengaktifkannya, pilihlah menu pengaturan atau setting, masuk ke dalam tab “Aksesibilitas”, lanjutkan pada pilihan “interaksi dan kecekatan”. Pada pilihan “menu asisten” menandakan sedang tidak aktif, ketuk pada pilihan tersebut untuk mengaktifkannya.

Setelah aktif akan muncul pop up tombol yang selalu muncul di bagian atas layar. Ketuklah pop up tersebut, akan ada banyak pilihan tombol seperti mematikan layar atau menangkap layar. Tinggal ketuk saja, gambar layar akan langsung tersimpan ke galeri.

Samsung memberikan berbagai alternatif cara menangkap layar, sehingga pengguna bisa lebih leluasa dalam menentukan pilihannya. Screenshot HP Samsung sangat mudah dilakukan, tinggal membiasakan cara screenshotnya agar proses penangkapan layar menjadi semakin cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.