desain vector gratis
desain vector gratis

Memahami Desain Vector Gratis Tanpa Crack dan Kode Aktivasi

Ingin belajar atau membuat grafis vector tetapi tidak mampu membeli AI atau Corel, kini ada banyak platform desain vector gratis. Tidak perlu lagi kesulitan mencari crack atau kode aktivasi untuk menggunakan aplikasi yang harusnya berbayar.

Karena perilaku menggunakan crack tidak etis dan melanggar hukum, perilaku tersebut merupakan budaya yang harus ditinggalkan. Beralih pada platform gratis menjadi alternatif terbaik apabila ingin belajar dan menguasai dasar – dasar desain vector.

Desain Vector Gratis Menggunakan Vectr.com

Apabila Anda memerlukan sebuah platform belajar desain atau melakukan basic desain berbasis vector, bisa mencoba Vectr.com. Situs tersebut merupakan sebuah whorkspace untuk para desainer untuk bisa mendesain tanpa harus menginstall aplikasi terlebih dahulu.

Userinterfacenya sangat sederhana dan mudah dipahami. Di bagian depan terdapat kanvas tempat desainer menggambar atau mengedit berbagai bentuk, di sebelah kiri terdapat berbagai macam tools – tools, dan di sebelah kiri terdapat detail tentang penggunaan toolsnya.

Meskipun sederhana, tetapi tools basic untuk bisa menghasilkan desain memukau sudah tersedia, mulai dari pen, basic shape, bucket tools, dan berbagai jenis lainnya. Instruksi dasar untuk menggabungkan atau memotong obyek juga tersedia, seperti trim, substract dan sebagainya.

Artikel Menarik  Penyebab Kebocoran Data Pribadi, Lakukan Langkah Pencegahan

Untuk bisa menggunakannya tidak perlu membuat akun atau log in terlebih dahulu, tinggal langsung menggambar dan nantinya file bisa disimpan melalui opsi export. Namun apabila Anda membuat akun, file project yang telah dibuat sebelumnya akan tersimpan di akun Anda.

Namun sayangnya pilihan exportnya cukup terbatas, yaitu hanya menerima ekstensi SVG, JPG, dan PNG saja. Belum bisa juga membuka berbagai ekstensi file selain itu, sehingga tidak bisa melanjutkan projek yang telah dikerjakan menggunakan aplikasi lain.

Desain Vector Gratis Menggunakan Inkscape

Pilihan lainnya ketika merasa bahwa Vectr.com memiliki keterbatasan adalah menggunakan software opensource multi platform yaitu Inkscape. Memang belum banyak orang mendengar atau menggunakannya, tetapi tidak berarti kalah bersaing.

Berbagai fitur – fitur dan tools dasar juga sudah tersedia, namun berbeda dari Vectr.com, ia memiliki segudang fungsi layaknya aplikasi ternama seperti AI dan CorelDraw. Berbagai pilihan menu seperti menu editing, filter, ekstensi, tersedia demi membantu desainer menghasilkan karya terbaiknya.

Kekhawatiran setiap desainer ketika mendesain vector adalah ukuran file programnya besar, tetapi tidak dengan Inkscape. Aplikasi instalasinya cukup kecil dan ketika digunakan juga tidak begitu berat, meskipun tools – toolsnya sangat lengkap.

Artikel Menarik  Cara Hemat Kuota Nonton Youtube Agar Tidak Cepat Habis

Selain itu juga kompatibel dengan berbagai ekstensi file, mulai dari membuka berkas AI, Photosop, PNG, JPG, dan lain sebagainya. Beragamnya ekstensi ini membuat proyek filenya dapat dikerjakan oleh desainer lain tanpa harus menggunakan program yang sama.

Di sisi lain, terdapat kelemahan yang cukup vital, user intervacenya cukup kompleks, bagi pemula mungkin memerlukan waktu sedikit lebih lama agar bisa beradaptasi dengannya. Tetapi bagi seorang desainer yang pernah mencoba corel atau AI, interface Inkscape jauh lebih sederhana.

Desainer tidak terbatasi oleh alat, apa saja alat yang digunakan akan bisa menghasilkan karya yang fenomenal. Bahkan aplikasi desain vector gratis seperti vectr.com dan inkscape bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan desain yang memukau.

Leave a Reply

Your email address will not be published.