manfaat menggunakan vpn
manfaat menggunakan vpn

Manfaat Menggunakan VPN yang Jarang Diketahui Orang

Meskipun banyak orang menggunakan VPN, tetapi belum banyak yang menyadari manfaat menggunakan VPN ketika tersambung ke Internet. Kebanyakan pengguna fokus pada fitur seperti membuka situs yang diblokir atau mempercepat koneksi.

VPN sendiri merupakan kependekan dari Virtual Private Network, berarti sebuah layanan agar memungkinkan pengguna bisa mengakses internet secara personal. Cara kerjanya sendiri adalah dengan menyembunyikan akses lokasi dan enkripsi data ketika berselancar di internet.

4 Manfaat Menggunakan VPN untuk Koneksi yang Aman

Layanan VPNnya kini sudah berkembang tidak hanya untuk pengguna komputer, tetapi juga pengguna ponsel. Untuk menggunakannya juga mudah, tinggal memilih penyedia layanannya kemudian melakukan koneksi dan mendapatkan beberapa manfaat seperti :

1. Koneksi Menjadi Semakin Aman

Ketika seseorang tersambung ke internet akan ada beberapa informasi yang terbagi secara otomatis, salah satunya adalah alamat IP. Informasi ini memungkinkan orang lain mampu mengetahui lokasi akses, jenis perangkat, dan berbagai informasi detail lainnya.

Artikel Menarik  Cara Mengatasi Limit Google Drive, Bisa Pakai Solusi Ini

Ketika menggunakan fitur virtual private network, seluruh informasi tersebut akan tersamarkan. Informasi seputar tempat akses, nomor IP, dan informasi terkait lainnya akan disamarkan sesuai dengan enkripsi perusahaan VPNnya.

Selain itu beberapa penyedia layanannya juga menawarkan fitur anonim ketika berselancar. Dengan demikian informasi pribadi menjadi semakin aman dan tidak ada orang lain yang mengetahui identitas sesungguhnya dari pengguna layanan VPNnya.

2. Menutup Akses History

Selain data – data terkait informasi pribadi, aktivitas berselancar atau sering dikenal sebagai browsing juga menjadi incaran orang tidak bertanggung jawab. Melalui histori penelusuran, seseorang bisa membaca kebutuhan atau minat pengguna.

Data tersebut dapat digunakan atau dijual ke perusahaan – perusahaan agar memberikan berbagai penawaran produk. Untuk bisa terhindar dari kendala tersebut, harus merahasiakan histori pencarian, salah satunya menggunakan kemampuan enkripsi dari layanan VPNnya.

3. Meminimalisir Masalah Koneksi

Setiap orang menginginkan akses internet cepat, namun terkadang menghadapi kendala, seperti koneksinya terlalu lemot karena banyak orang sedang menggunakan jaringannya. Masalah tersebut dapat diatasi dengan menggunakan virtual private network.

Artikel Menarik  Memilih Charger HP Terbaik Agar Bisa Terus Digunakan

Sesuai namanya, Anda akan mengakses jaringan internet secara privat, artinya tidak ada orang lain yang bisa masuk ke jaringan tersebut selain Anda. Hal ini menghindari masalah gagal koneksi karena traffic yang cukup padat dikarenakan banyaknya orang sedang mengakses secara bersamaan.

4. Membuka Akses Terbatas

Setiap negara memiliki kebijakan untuk membatasi situs – situs tertentu demi melindungi warga negaranya dari mengakses hal – hal yang bersifat negatif. Di Indonesia tentu mengenal filter internet positif ketika mengakses beberapa situs games.

Pembatasan tersebut terkadang dianggap mengganggu, padahal banyak sekali komunitas positif yang seharusnya bisa diakses. Untuk bisa melompati pembatasannya, bisa menggunakan VPN, karena ketika menggunakannya Anda tidak sedang berselancar sebagai warga negara Indonesia

Internet seperti mata pisau, bisa bermanfaat ketika dikelola secara baik dan berdampak negatif apabila tidak berhati – hati, seperti pencurian data. Mengamankan koneksi dan data merupakan bentuk nyata manfaat menggunakan VPN ketika berselancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.