hemat kuota nonton youtube
hemat kuota nonton youtube

Cara Hemat Kuota Nonton Youtube Agar Tidak Cepat Habis

Banyak pertanyaan mengenai cara hemat kuota nonton Youtube. Pertanyaan ini muncul dari realitas bahwa ketika menonton konten – konten seru biasanya menghabiskan banyak kuota. Bahkan tanpa disadari baru kemarin isi, hari ini sudah habis.

Sebenarnya ini tidak akan menjadi masalah apabila menontonnya menggunakan Wifi atau kuota tanpa batas (unlimited), namun sayangnya tidak semua operator menawarkan opsi itu. Sehingga tidak jarang kehabisan bahkan tidak bisa menggunakannya untuk sekedar chat.

Tips Hemat Kuota Nonton Youtube yang Jarang Diketahui

Salah satu langkah untuk menghindarinya adalah dengan melakukan beberapa langkah hemat ketika sedang menonton Youtube. Langkah ini harus dilakukan secara manual, karenanya terkadang banyak pengguna tidak menyadari dan menerapkannya.

1. Hindari Menggunakan Resolusi Auto

Youtube secara default memiliki pengaturan resolusi secara auto, apabila jaringannya lancar akan memuat video dengan resolusi tinggi, namun apabila jaringannya tidak stabil akan turun ke resolusi lebih rendah, untuk memastikan videonya dapat terputas secara lancar.

Artikel Menarik  Ingin Mengatasi HP Lag? Berikut Cara Mudahnya

Menggunakan pengaturan auto memang memberikan kenyamanan dan cenderung simpel ketika menonton Youtube, tetapi potensi penggunaan datanya juga lebih besar. Tidak jarang videonya terputar pada resolusi tinggi, sehingga kuota cepat terbabat habis.

Setiap kali membuka aplikasi, pastikan ketika menonton telah menyetingnya ke resolusi lebih rendah. Terlebih ketika sedang mendengarkan musik atau podcast, resolusi 144 menjadi pilihan terbaik agar kuotanya tidak cepat habis.

2. Gunakan Kuota Khusus Youtube

Memiliki lebih dari satu jenis paket data bisa menghindarkan Anda pada kondisi kehabisan paket data reguler dan tidak bisa akses internet sama sekali. Sesuai prioritas, paket internet khusus biasanya akan dikonsumsi terlebih dulu dibandingkan paket reguler.

Selain itu, membeli paket data entertainment cenderung memiliki volume lebih besar dan harganya lebih murah. Pastikan terdapat informasi bahwa paketnya dapat digunakan untuk menonton Youtube, periksalah secara jeli sebelum membeli.

3. Manfaatkan Fitur Unduhan

Youtube memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk menonton video secara offline, fitur ini dapat Anda gunakan sebagai langkah menghemat paket data. Caranya apabila sedang berada di tempat dengan fasilitas Wifi, unduhlah videonya terlebih dahulu.

Artikel Menarik  Tips Mencegah Virus Smartphone dan Pembobolan Data

Ketika sudah sampai rumah, matikan paket datanya kemudian tontonlah secara offline. Apabila ingin menontonnya di waktu mendatang, maka jangan hapus unduhannya, karena bisa menontonnya kembali tanpa harus keluar kuota.

4. Matikan Fitur Autoplay

Fitur auto play muncul agar pengguna bisa secara otomatis memutar video berikutnya tanpa harus memencet tombol terlebih dahulu. Ini berarti selama layar atau ponselnya menyala, video akan terus terputar hingga user memilih menghentikan atau mematikan ponselnya.

Nonaktifkan fitur ini agar setelah satu video selesai, tidak memutar lagi. Anda tidak perlu mengaturnya setiap kali membuka Youtubenya, hanya perlu sekali pengaturan saja.

Menonton konten – konten di platform seperti Youtube semakin diminati, penonton bebas memilih channel kesayangannya dan jenis konten yang diminatinya. Namun harus diperhatikan cara hemat kuota nonton Youtube, agar paket data tidak cepat habis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.