menghemat memori hp
menghemat memori hp

Tips Menghemat Memori HP yang Sering Penuh Tanpa Aplikasi

Ada cara mudah menghindari notifikasi memori penuh, salah satunya adalah dengan menghemat memori HP. Sebagian besar pengguna masih belum memahami bagaimana langkah paling ideal agar bisa menghemat penggunaan memori ponselnya.

Beragam cara seperti memindah file – file besar ke tempat penyimpanan alternatif sudah dilakukan, aplikasi juga sudah dicopot, tetapi kenapa masih sering menemui notifikasi penuhnya memori? Jawabannya adalah terdapat “sampah” tidak terlihat.

Cara Menghemat Memori HP dan Menambah Kapasitas Penyimpanan

Penuhnya memori menunjukkan bahwa ponsel sudah tidak bisa menambah data – data lagi. Indikatornya adalah notifikasi bahwa memori penuh atau tidak ada chat masuk. Untuk menghindarinya ada beberapa cara yang dapat dilakukan.

1. Menggunakan Aplikasi Pembersih

Aplikasi pembersih terkadang sering diremehkan karena penggunaannya tidak begitu sering, tetapi ternyata memiliki manfaat besar untuk menjaga kapasitas memori tetap dalam kondisi ideal. Aplikasi pembersih akan membantu pengguna menyusuri file – file yang dirasa sudah tidak dibutuhkan.

Artikel Menarik  Tips Fotografi Kamera HP Estetik, Siapkan Peralatan Ini!

Menggunakan bantuan aplikasi pembersih bisa memudahkan memilah dan mengetahui file – file mana saja yang terlalu besar atau yang sudah lama tidak digunakan. Ini dapat menjadi pertimbangan bagi Anda untuk menghapus atau memindahkannya ke penyimpanan lain.

2. Membersihkan Cache atau File Residu

Ketika menggunakan data, seperti berselancar di internet atau menggunakan aplikasi, sistem akan membuat salinan datanya di memori perangkat. Fungsinya adalah mempercepat proses ketika membuka aplikasinya kembali.

Efeknya adalah memori akan cepat termakan dan lebih cepat penuh. Ini perlu dihapus, bisa secara otomatis menggunakan aplikasi pembersih atau manual. Caranya masuk ke pengaturan, manajemen aplikasi, pilihlah salah satu aplikasi dan hapus data.

Cara ini bisa menimbulkan seluruh data, sampah, cache akan terhapus, sehingga bisa melegakan memori penyimpanan. Cara ini juga dapat dilakukan sebelum mencopot sebuah aplikasi yang telah terpasang, fungsinya adalah memastikan tidak ada residu di ponsel.

3. Menginstall Ulang Game

Memori besar biasanya berasal dari game, update tiap minggu atau bulan karena ada event atau momen tertentu biasanya berdampak pada menggelembungnya memori. Terkadang event gamenya memiliki batas waktu, sehingga ketika sudah lewat akan mengunduh data event baru.

Artikel Menarik  Trik Mempercepat Koneksi Wifi Ada Rahasia Khususnya

Kondisi tersebut membuat memorinya akan menumpuk – menumpuk, hingga total sizenya sangat besar sekali. Untuk menghapus file sisa penyimpanan game tersebut cara yang dapat dilakukan adalah install ulang gamenya, tetapi pastikan sudah melakukan link atau backup code.

4. Gunakan Penyimpanan Cloud

Alternatif lain agar penyimpanan ponsel tidak cepat habis adalah memanfaatkan layanan cloud, bisa google drive atau telegram yang menyediakan secara gratis. Tetapi sebelum menggunakannya, pastikan tidak ada informasi – informasi sensitif yang ada di file cloud.

Selain untuk mengamankan data – data pribadi, fokuslah pada penyimpanan dokumen – dokumen yang sering diakses saja. Mengingat biasanya kapasitas cloud sangat terbatas.

Memori HP memiliki peranan untuk menyimpan berbagai informasi penting, mulai dari informasi percakapan, unduhan file kerjaan, atau menjalankan berbagai aplikasi. Menghemat memori HP bisa melancarkan berbagai proses dan aktivitas ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.