skill teknologi informasi
skill teknologi informasi

Skill Teknologi Informasi Dibutuhkan di Segala Bidang

Skill teknologi informasi semakin dibutuhkan dalam segala bidang industri serta bisnis berbasis digital. Setiap tahun, permintaan tenaga kerja untuk mengisi berbagai bidang tersebut kian meningkat bahkan bisa dibilang tinggi.

Akan sangat bijak apabila Anda selalu update dengan tren teknologi paling baru untuk mengetahui seperti apa kondisi di lapangan sesungguhnya. Profesi di bidang IT ternyata menjanjikan imbalan yang luar biasa.

Skill Teknologi Informasi Paling Prospektif

Agar tetap dapat keep in touch dengan perkembangan teknologi, apalagi masuk ke dalam dunia persaingan pekerjaan saat ini yang semakin ketat, diperlukan kemampuan khusus. Berikut adalah profesi IT paling menjanjikan.

1. Machine Learning

Menjadi ahli machine learning diperkirakan akan sangat menguntungkan pada tahun 2021. Profesi ini bertugas untuk mengembangkan kemampuan komputer sebagai bagian dari artificial intelligent, sehingga mampu melakukan berbagai tugas tanpa program.

Artikel Menarik  5 Cara Mengatasi Handphone Lemot yang Paling Ampuh

Jumlah profesi IT profesional terutama di bidang machine learning terus meningkat sebanyak 50% semenjak tahun 2018. Supaya tidak gagap teknologi, Anda sebaiknya mencoba belajar bidang machine learning.

Skill machine learning membutuhkan pemahaman mendalam mengenai algoritma serta matematika terapan, pemecahan masalah dan analisa, peluang, bahasa pemrograman, juga statistika. Bagi yang belajar ilmu matematika terapan di perguruan, patut dicoba.

2. Deep Learning

Selain machine learning, deep learning juga diperkirakan banyak dicari oleh berbagai perusahaan dalam bidang teknologi. Deep learning adalah salah satu metode penerapan berdasarkan cara kerja otak manusia.

Deep learning merupakan bagian dari machine learning, fungsinya untuk mempermudah pengambilan keputusan menggunakan algoritma berlapis atau sering disebut dengan istilah artificial neural network.

3. Cyber Security

Ancaman kebocoran data serta serangan hacker tidak bertanggung jawab adalah musuh terbesar bagi keamanan dan kelangsungan penyebaran informasi. Semakin banyak perusahaan yang sadar akan bahaya tersebut.

Keterampilan di bidang cyber security menjadi salah satu profesi yang tidak boleh disepelekan begitu saja. Keberadaannya terus meningkat sampai tahun ini, dan akan terus mengalami peningkatan di masa depan.

Artikel Menarik  Fakta Internet of Things Pada Bidang Teknologi

4. Data Science and Analytics

Permintaan akan pengisian posisi data scientist and analyst akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini disebabkan prospek dari bidang aplikasi dan analitik data mengalami peningkatan di masa mendatang.

5. Cloud Computing

Secara bertahap, semakin banyak perusahaan di bidang digital beralih ke alternatif berbasis sistem cloud. Contohnya seperti Amazon Web Services (AWS) yang juga menggunakan sistem cloud terpopuler di dunia.

Cloud computing semakin banyak dibutuhkan karena dinamika berbagai perusahaan yang beralih ke sistem cloud. Oleh karena itu, profesi cloud computing juga mendapatkan perhatian khusus di mata ahli IT.

6. Blockchain

Sistem berbasis blockchain awalnya diciptakan untuk transaksi mata uang digital atau cryptocurrency. Tidak disangka, banyak perusahaan menemukan kegunaan lain dari sistem blockchain. Saat ini, blockchain sudah merambah ke berbagai bidang.

Kunci menaklukan setiap tantangan dalam profesi adalah ilmu pengetahuan serta usaha keras. Belajar mengenai beragam skill teknologi informasi paling dibutuhkan 2021 akan membantu Anda menghadapi kerasnya perkembangan digital.

Artikel Menarik  Sensor Pengenal Wajah dalam Smartphone Semakin Didepan

Leave a Reply

Your email address will not be published.