Apa Itu Blog
indotopinfo.com

Apa Itu Blog? Jenis, Struktur, Tujuan, Fungsi Serta Perbedaannya

Seiring berkembangnya teknologi saat ini membuat banyak cara untuk mendapatkan sumber informasi dengan cepat tanpa harus pergi ke tempat lain untuk mengakses berita terbaru.

Nah, salah satu cara yang paling efektif yaitu dengan mengakses internet yang ada di berbagai konten web dan artikel di dalamnya.

Selain itu, blog juga salah satu cara paling efisien untuk mendapatkan informasi dari berbagai narasumber yang bisa dipilih sendiri.

Sebelum itu, kita mengenal seputar penggunaan blog dan jenis- jenisnya. Dengan begitu, Anda bisa membuat halaman blog sendiri dengan kaidah dan penyusunan konten yang tepat.

Blog Itu Apa Sih?

Blog Itu Apa Sih
pixabay.com

Blog merupakan website yang berisi konten dalam bentuk artikel, video dan foto yang biasanya dikelola oleh seorang blogger atau penulis.

Topik yang ditampilkan akan fokus pada satu bidang tertentu, seperti lifestyle, finance, kesehatan, teknologi, kuliner, kesenian dan lainnya.

Artikel Menarik:  Maksimalkan Pengalaman Digital Anda dengan 10 Fungsi Monitor

Selain dikelola perseorangan, blog juga sudah banyak digunakan para pebisnis. Karena cukup banyak fungsi dan manfaat yang menguntungkan untuk bisnis.

Contohnya sebagai branding, publikasi sampai mempromosikan produk sekali pun. Nggak heran jika 55% marketer memprioritaskan pembuatan blog pada marketing plannya sendiri.

Ada Berapa Jenis – Jenis Blog

Jenis – Jenis Blog
hayepedia.com

Berikut ini ada beberapa jenis blog yang perlu diketahui, yaitu:

1. Blog Pribadi

Biasanya blog ini berfokus pada kehidupan blogger itu sendiri seperti buku harian, catatan dan berbagai dokumentasi tentang kehidupan, hobi dan minat masing-masing. 

2. Perusahaan atau Bisnis

Blog perusahaan ini berfokus pada pembuatan konten tentang pemasaran digital untuk memajukan sebuah bisnis. Jadi, gunakan teknik SEO yang tepat supaya  konten berada di posisi atas pada situs pencarian Google.

3. Blog Politik

Biasanya membahas tentang berbagai jenis berita politik, aktivis politik dan hal berkaitan dengan politik seperti kampanye.

4. Pendidikan

Blog ini berisi tentang berbagai macam topik pendidikan yang ditulis oleh seorang guru atau yang berkompeten di bidang pendidikan.

5. Kesehatan

Jenis blog ini membahas tentang kesehatan, seperti keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, informasi kesehatan dan sebagainya.

Artikel Menarik:  Keunggulan Startup Teknologi Edukasi Berkualitas Indonesia

6. Travel Blog

Blog yang terakhir membahas tentang cerita perjalanan dan menyampaikan informasi perjalanan atau travel.

Gimana Struktur Blog?

Struktur Blog
hybrid.co.id

Setelah itu, ketahui juga bagaimana struktur dari sebuah blog. Saat ini blog mempunyai lima komponen dalam strukturnya. Lima komponen tersebut, yakni:

  • Header Blog, berada di paling atas dalam struktur sebuah blog. Biasanya terdiri dari beberapa bagian seperti bagian judul blog, deskripsi situs blog, dan menu.
  • Navigation Bar Blog, berada di atas atau di bawah header. Fungsinya untuk membantu pengunjung blog dalam menjelajahi setiap konten dalam blog.
  • Main Blog, area dimana konten dari sebuah blog diletakkan. Mulai dari judul konten, informasi yang berkaitan dengan penulis, tanggal terbit dan sebagainya. Selain itu terdapat kolom komentar dalam bagian ini.
  • Sidebar, berada di bagian samping tepatnya di sebelah konten atau main blog. Struktur ini berisi rekomendasi artikel, widget dan sebagainya.
  • Footer Blog, berada di paling bawah yang biasanya berisi informasi kontak atau informasi penting lainnya. 

Apa Tujuan dari Blog?

Apa Tujuan dari Blog

Adapun beberapa tujuan dari blog yang perlu diketahui, yaitu:

  • Menyampaikan informasi yang berfungsi untuk orang lain.
  • Menyalurkan hobi yang dimiliki dan mengisi waktu luang.
  • Saling bertukar pengetahuan dengan pembaca blog.
  • Berbagi cerita unik tentang perjalanan hidup.
  • Memberi keuntungan untuk diri sendiri dan orang lain, sebab bisa dimanfaatkan untuk kegiatan bisnis pula.
Artikel Menarik:  Menggali 10 Fungsi GPU Dunia Grafis dalam Komputasi Modern

Apa Saja Fungsi Blog Tersebut?

Fungsi Blog
seon.co.id

Berikut ini beberapa fungsi dari blog, diantaranya yaitu:

1. Media Menulis

Berfungsi sebagai media para penulis untuk menyampaikan sebuah ide atau segala pemikirannya dalam bentuk tulisan. Bukan cuma menyampaikan ide saja, namun menulis juga menjadi salah satu penyalur hobi.

2. Mendapatkan Uang dari Blog

Blog menjadi salah satu pekerjaan yang bisa mendapatkan uang. Dimana, bisa menggabungkan minat menulis dengan hobi lain sehingga menghasilkan uang dari menulis.

Caranya dengan pasang iklan apa saja yang berkaitan dengan blog di setiap postingan tersebut. Selain itu, bisa juga memasang Google AdSense atau bekerja sama dengan brand lain.

3. Meningkatkan Traffic Website Bisnis

Blog sudah lama digunakan untuk tujuan pemasaran sehingga masuk dalam ranah digital marketing.

Para digital marketer tentunya akan menyarankan pembuatan blog di website perusahaan supaya traffic websitenya naik. Jadi perusahaan bisa memperoleh lebih banyak leads dari blog yang audiens baca.

4. Portofolio Online

Fungsi selanjutnya yaitu sebagai portofolio online. Untuk blog profesional, para penulis pastinya sudah mempunyai beberapa klien untuk bekerja sama dengan sehingga mereka ikut mempromosikannya.

Dengan melalui blog, Anda bisa menuliskan pandangan, pendapat dan berbagai hal yang dilakukan sehari-hari. Bahkan bisa juga dijadikan sebagai sumber penghasilan, apalagi jika fokus pada suatu topik unik dan menarik minat pembaca.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments