Apa Itu CMD Windows
ccm.net

Pahami Apa Itu CMD Windows Beserta Fungsi dan Manfaatnya

Semua pengguna sistem Windows tentunya pernah mendengar perintah CMD bukan? Apalagi yang bergelut di bidang komputer atau IT.

Seperti yang sudah diketahui bahwa CMD (Command Prompt) menjadi salah satu cara alternatif untuk mengoperasikan perangkat Windows. CMD dianggap rumit untuk dioperasikan, sebab banyak perintah yang perlu dipahami.

Tapi pelajari dulu cara mengoperasikan CMD supaya bisa memudahkan pengguna saat melakukan pekerjaan dengan cepat. Nah salah satu caranya yaitu dengan memahami perintah-perintah dasar CMD.

Sebelum mengenal lebih jauh, Anda harus tahu bahwa sistem operasi Linux yang menggunakan terminal dapat membuat dan mengetikkan perintah berbasis text.

Sementara di Windows pengguna komputer menggunakan CMD untuk mengetik dan mengeksekusi perintah.

Pahami Apa Itu Cmd (Command Prompt) dalam Windows

Pahami Apa Itu Cmd
nesabamedia.com

CMD (Command Prompt) adalah salah satu aplikasi penerjemah baris perintah yang tersedia di sistem operasi Windows.

Artikel Menarik:  Resolusi Mesin Fotokopi: Menyempurnakan Kualitas Salinan Anda

Biasanya dipakai untuk menjalankan perintah yang dimasukkan dalam baris perintah, kemudian melakukan otomatisasi tugas dengan melalui skrip.

CMD ini bertugas untuk mengeksekusi perintah ke dalam sistem operasi atau disebut dengan juru bahasa perintah.

Namun secara resmi, CMD disebut juga dengan Windows Command Processor, command shell dan command prompt. Sebutan CMD diambil dari nama dokumennya yakni cmd.exe.

Di sisi lain, CMD dikenal dengan command yang mempunyai tugas pokok sebagai penerjemah baris perintah dari sistem operasi Windows.

CMD yaitu aplikasi asli dari sistem operasi Windows yang memberikan opsi kepada pengguna saat melakukan operasi perintah tertentu. Keberadaannya bisa membuat pengguna untuk berinteraksi langsung dengan sistem operasi tersebut.

Apa Fungsi dari CMD Windows?

Fungsi dari CMD Windows
sirclo.com

Adapun beberapa fungsi yang terdapat pada CMD Windows yaitu:

1. Dapat Mengecek Status Aktivasi Windows

CMD dapat melakukan pengecekan status aktivasi windows. Jadi nggak heran jika  pengguna windows sudah tersebar di seluruh penjuru dunia dengan jumlah yang sangat besar pula.

Jika sebagian besar pengguna masih belum melakukan aktivasi akun windows, sebaiknya gunakan CMD untuk melakukan pengecekan pada status akun windows.

Artikel Menarik:  Cara Screenshot HP Samsung dengan Mudah Tanpa Aplikasi

3. Untuk Memeriksa Hard Drive

Fungsi CMD selanjutnya yaitu dapat memeriksa kondisi hard drive komputer. Kondisi tersebut harus diperiksa dengan rutin supaya bisa memastikan komputer terbebas dari bad sector.

Selain itu, kuasai juga suatu perintah seperti wmic diskdrive get status untuk menjalankan fungsi ini.

4. Untuk Sembunyikan File

Cara mengelola file dalam perangkat komputer bisa diatur. adi ketika mempunyai beberapa file rahasia yang nggak mau di temukan orang lain, sebaiknya memanfaatkan fungsi CMD ini. 

5. Untuk Menangani Bad Sector Pada Hard Disk

Jika hardisk terkena masalah bad sector, maka bisa diperbaiki CMD. Caranya dengan menjalankan perintah chkdsk /r/f e di cmd.exe, dengan begitu Anda bisa mencari masalah dan memperbaiki hard disk tersebut.

Apa Manfaat dalam Menguasai CMD Windows?

Manfaat dalam Menguasai CMD Windows
webdev-id.com

Penggunaan komputer saat ini menjadi salah satu bagian dalam kehidupan sehari-hari. Jadi sebaiknya Anda harus memahami tentang komputer supaya bisa mudah dalam menggunakan komputer.

Sementara itu, mempunyai pemahaman dasar tentang CMD juga bisa memberi keuntungan yang sangat besar. Berikut beberapa manfaat saat mempelajari baris perintah CMD, yaitu:

  • Memerlukan cara untuk mengelola file lebih cepat dan mudah di komputer.
  • Bekerja dengan komputer dari jarak jauh.
  • Bisa mengelola file di server file atau server web, seperti mengelola situs web.
  • Dapat mengotomatisasi tugas-tugas yang sering dilakukan 
Artikel Menarik:  Pengertian Subnetting: Menjaga Kestabilan Jaringanmu

Ternyata, banyak hal yang bisa dilakukan dari Windows yang direplikasi di command prompt. Jika Anda memahami baris perintah, maka bisa menggunakan CMD untuk melakukan semua hal seperti menyalin, mengganti nama, menghapus file, menavigasi folder, menjalankan aplikasi dan lain sebagainya.

Bahkan CMD dapat dapat menambah kekuatan yang nggak bisa di dapatkan jika cuma menggunakan antarmuka biasa dari Windows.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments