Apa yang Dimaksud dengan E-Government
smart-bt.ne

Mari Pahami Apa Itu E Government Bagi Masyarakat Luas

Saat mendengar e-government, pasti yang muncul di pikiran kita seperti aplikasi-aplikasi, jaringan internet atau mungkin website pemerintah.

Namun banyak yang bilang e-government yaitu hal-hal teknis yang berkaitan dengan teknologi informasi dan Komunikasi (TIK).

Dalam menjalankan birokrasi pemerintah TIK merupakan pemanfaatan dari teknologi informasi supaya bisa merubah  pola hubungan antara pemerintah dengan masyarakat.

Intinya, e-government bukan sekedar pemanfaatan TIK semata saja.

Namun terdapat nilai-nilai yang diharapkan muncul dari pemanfaatan TIK sehingga bisa meningkatkan pemberdayaan masyarakat, pelayanan publik, transparansi, akuntabilitas dan meningkatnya efisiensi penyelenggaraan pemerintah.

Apa yang Dimaksud dengan E-Government?

Apa yang Dimaksud dengan E-Government
smart-bt.ne

E-Government (elektronik pemerintah) atau biasa dikenal dengan e-gov, pemerintah digital, online pemerintah dan pemerintah transformasi.

E-Government merupakan sebuah upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan pemerintah berbasis elektronik.

Artikel Menarik:  8 Cara Kunci Profile Facebook Praktis dan Cepat

Dimana E-Government digunakan pemerintah juga untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis dan hal lain yang berkaitan dengan pemerintahan.

Elektronik pemerintahan ini bisa diaplikasikan pada legislatif, yudikatif dan administrasi publik untuk mengoptimalkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik serta  proses pemerintahan yang demokratis.

Apa Saja Jenis-Jenis E-Government?

Jenis-Jenis E-Government

E government ini dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain yaitu:

1. Government to Citizen (G2C)

Government to Citizen (G2C) yaitu teknologi informasi yang bertujuan untuk memperbaiki hubungan interaksi antara pemerintah dengan masyarakat. Selain itu, memudahkan masyarakat dalam mencari informasi yang dibutuhkan.

2. Government to Business (G2B

E government ini hubungan pemerintahan dengan bisnis yang terjadi sebab butuhnya relasi antara pemerintah dengan pelaku bisnis. Biasanya bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam berbisnis.

3. Government to Government (G2G)

G2G yaitu website milik pemerintah yang dibuat khusus untuk memenuhi berbagai pencarian informasi yang dibutuhkan pemerintah satu dengan lainnya.

Selain itu, bisa juga melancarkan dan memudahkan kerjasama yang berkaitan dengan pemerintahan yang bersangkutan.

Artikel Menarik:  Menelusuri Jejak Jaringan dengan Fungsi Tracert & Cara Kerjanya

4. Government to Employees (G2E)

E government ini hubungan yang diperuntukan bagi pegawai pemerintahan atau pegawai negeri untuk meningkatkan kinerja pegawai yang bekerja di institusi pemerintahan.

Apa Manfaat E-Government Bagi Masyarakat?

Manfaat E-Government Bagi Masyarakat

E-government bisa memberikan manfaat dalam beberapa hal, seperti:

  • Layanan masyarakat, memberikan pelayanan yang baik pada masyarakat. Bahkan, informasi  dari pemerintah tersedia 24 jam sehari tanpa harus menunggu kapan kantor pemerintah terbuka. Informasinya bisa dicari dan diperoleh dari kantor atau rumah tanpa harus datang ke kantor pemerintah.
  • Bisa terjadi peningkatan hubungan antara pemerintah dengan pelaku bisnis. Adanya keterbukaan yang diharapkan berbagai pihak akan menghilangkan rasa ketidakpercayaan dari semua pihak kepada pemerintah.
  • Pemberdayaan masyarakat dilaksanakan melalui informasi yang mudah diperoleh, jadi masyarakat akan belajar untuk menentukan pilihannya dalam mendapatkan suatu informasi.
  • Pelaksanaan pemerintahan lebih efisien, sebab koordinasi pemerintahan bisa dilakukan melalui pemanfaatan teknologi informasi. Koordinasi dan diskusi tersebut bisa dilakukan tanpa harus berada di lokasi fisik yang sama.

Perlu diketahui bahwa, penerapan e-government memerlukan perubahan pola relasi antara pemerintah dengan stakeholder. Jadi membutuhkan peran top level manajemen dalam pengambilan kebijakan transformasi relasi.

Artikel Menarik:  Pahami Fungsi dan Manfaat Kapasitor dalam Elektronika
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments