apa itu header
pexels.com

Apa Itu Header? Pahami Pengertian, Jenis dan Fungsinya

Header adalah salah satu elemen penting dalam desain website dan dokumen teks. Header biasanya berisi informasi tentang judul, logo, menu navigasi, dan lain-lain.

Pada artikel ini, kita akan membahas pengertian, jenis, dan fungsinya.

Pengertian Header

Header adalah bagian atas dari sebuah dokumen atau halaman web. Header biasanya berisi informasi tentang judul, logo, dan menu navigasi.

Header dapat memberikan identitas visual pada sebuah dokumen atau halaman web, dan membantu pengguna untuk menavigasi konten.

Jenis Header

Ada beberapa jenis header yang umum digunakan dalam desain website dan dokumen teks, antara lain:

  • Header Situs, terletak di bagian atas situs web yang berisi logo, judul situs, dan menu navigasi utama. Header ini dapat memberikan identitas visual pada situs web dan membantu pengguna untuk menavigasi konten.
  • Header Halaman terletak di bagian atas halaman dokumen teks yang berisi judul halaman dan nomor halaman. Header ini dapat membantu pembaca untuk melacak halaman dalam dokumen teks yang panjang.
  • Header Bagian terletak di bagian atas atau bagian tertentu dalam dokumen teks. Biasanya, berisi judul bagian dan nomor bagian sehingga dapat membantu pembaca untuk melacak bagian dalam dokumen teks yang panjang.
Artikel Menarik:  Apa Itu Data Mining dalam Kehidupan Sehari-hari

Fungsi Header

Header memiliki beberapa fungsi penting dalam desain website dan dokumen teks, antara lain:

  • Memberikan identitas visual pada sebuah situs web atau dokumen teks. Dengan menggunakan logo dan judul yang konsisten, header dapat membantu pengguna untuk mengenali situs web atau dokumen teks tersebut.
  • Membantu pengguna untuk menavigasi konten. Dengan menyediakan menu navigasi yang mudah digunakan, pengguna dapat dengan mudah menemukan konten yang mereka cari.
  • Meningkatkan pengalaman pengguna dengan memberikan informasi yang berguna dan mudah ditemukan.

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, header adalah elemen penting dalam desain web yang memberikan identitas pada situs web dan memudahkan navigasi pengguna.

Selain itu, header juga dapat meningkatkan kepercayaan pengguna dan membantu situs web untuk terlihat lebih profesional.

Dalam menggunakan header, penting untuk mempertimbangkan tata letak yang baik dan memastikan informasi yang disajikan mudah dipahami oleh pengguna.

Dengan memahami fungsi header dengan baik, situs web dapat lebih mudah untuk mencapai tujuan yang diinginkan, seperti meningkatkan jumlah pengunjung dan meningkatkan konversi.

Artikel Menarik:  Pengertian WinRAR dan Manfaatnya dalam Kompresi File
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments