hemat baterai ponsel
hemat baterai ponsel

Tips Hemat Baterai Ponsel Ketika Sedang Keluar Rumah

Ketika keluar rumah dalam waktu lama, banyak orang yang ingin hemat baterai ponsel. Tentu saja karena akan sulit melakukan charge. Terutama jika tidak mempunyai power bank.

Baterai juga bisa mengalami lowbatt atau cepat habis. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Masalah yang paling sering terjadi adalah karena HP sudah digunakan selama beberapa tahun sehingga daya baterai menurun.

Penyebab Baterai Ponsel Cepat Habis

Ketika baterai ponsel cepat habis, maka akan mengganggu aktivitas. Terutama jika sedang bepergian. Anda perlu mengetahui penyebab baterai cepat habis sehingga bisa mencegah atau mengatasi masalah tersebut.

1. Sinyal

Masalah umum yang membuat daya ponsel cepat terkuras adalah sinyal buruk. Jaringan layanan seluler yang buruk membuat HP harus bekerja lebih keras. Sehingga daya akan lebih banyak berkurang.

Artikel Menarik  Gadget Kesehatan Terbaru yang Perlu Dimiliki Masyarakat Kota

2. Streaming

Aplikasi menjadi salah satu faktor yang turut menguras daya ponsel. Terutama aplikasi streaming. Ketika sedang bepergian, sebaiknya jangan mengakses aplikasi streaming. Gunakan aplikasi yang benar-benar diperlukan.

3. Usia Ponsel

Usia ponsel sangat berpengaruh terhadap kinerja. Semakin lama usia HP, maka kinerja akan semakin menurun. Termasuk kekuatan daya baterai. Selain itu, ponsel juga akan lebih cepat panas.

4. GPS

Penggunaan GPS dapat menjadi penyebab baterai ponsel cepat habis. Membiarkan GPS tetap menyala meski sudah tidak digunakan bisa menguras daya HP. Namun banyak orang yang meremehkan hal ini.

5. Screen Timeout Terlalu Lama

Mungkin banyak yang tidak menyadari bahwa waktu screen timeout dapat berpengaruh pada daya ponsel. Layar yang terlalu lama menyala tentu akan membuat daya terkuras. Gunakan waktu yang tidak terlalu lama seperti 15 detik atau 30 detik.

6. Terlalu Banyak Widget

Widget berfungsi memudahkan pengguna dalam mengakses aplikasi. Namun terlalu banyak widget pada halaman utama membuat daya ponsel cepat berkurang. Hal yang banyak terjadi adalah pengguna meletakkan aplikasi yang tidak terlalu penting pada widget.

Artikel Menarik  Ciri Laptop Kena Virus yang Banyak Tidak Disadari Pengguna

Cara Hemat Baterai Ponsel Ketika Bepergian

Terdapat beberapa cara untuk mencegah daya ponsel cepat berkurang. Cara ini akan membuat Anda merasa lebih nyaman dan tenang ketika bepergian. HP tidak akan mendadak mati karena daya terjaga.

Ketika keluar rumah, biasanya pengguna tidak akan menghabiskan banyak waktu di ponselnya. Jadi Anda dapat menurunkan resolusi layar sehingga daya lebih terjaga. Ketika bepergian tentu lebih baik Anda menikmati suasana atau acara daripada bermain HP.

Misalnya saja smartphone Anda mempunyai resolusi 90Hz. Anda dapat menurunkannya pada angka 60Hz. Sehingga smartphone akan menyajikan tampilan yang lebih hemat baterai. Selain resolusi, Anda dapat beralih ke mode gelap.

Apabila Anda mempunyai smartphone dengan layar LED seperti OLED atau AMOLED, Anda dapat mengaktifkan mode gelap. Hal itu akan mematikan LED sehingga lebih hemat baterai. Namun hal ini tidak berlaku pada layar LCD.

Tidak hanya pengaturan ponsel, Anda juga dapat mengaktifkan mode gelap pada beberapa aplikasi. Misalnya seperti media sosial atau browser. Sehingga daya baterai lebih awet.

Artikel Menarik  Smartphone untuk Buat Video agar Berkarya Lebih Optimal

Ketika bepergian sangat penting untuk menjaga daya HP. Cara paling mudah tentu membawa power bank agar dapat mengisi daya ketika habis. Namun ada cara lain yang bisa Anda terapkan agar hemat baterai ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *