ponsel tercebur air
ponsel tercebur air

Ponsel Tercebur Air? Ini Dia Cara Menyelamatkannya

Pernahkah Anda mengalami ponsel tercebur air? Setiap orang yang mengalami hal tersebut pasti langsung panik karena ponsel rentan rusak atau bahkan mati saat terkena air, apalagi sampai tercebur atau terendam di dalam air.

Penanganan yang telat bisa membuat ponsel Anda langsung rusak total. Itulah mengapa banyak smartphone yang dibuat tahan air atau waterproof untuk mencegah masalah ini. Namun, sebenarnya ada beberapa cara menyelamatkannya.

Cara Menyelamatkan Ponsel Tercebur Air

Siapa yang tidak panik saat ponsel tidak sengaja masuk ke dalam air? Pastikan Anda tenang dalam menyelamatkan ponsel tersebut karena salah langkah justru bisa membuat kondisi ponsel semakin rusak.

Berikut ini ada beberapa cara menyelamatkan ponsel yang tercebur air agar bisa kembali pulih dan tidak mengalami kerusakan parah:

1. Segera Matikan Ponsel

Semakin lama smartphone berada di dalam air, maka semakin besar juga potensi kerusakannya. Oleh karena itu, pastikan Anda langsung mengangkat ponsel sesaat setelah ponsel tercebur dan kemudian segera matikan perangkat.

Artikel Menarik  Cara Menghapus Background Foto Online dengan Mudah

Jika ponsel Anda mengenakan casing, maka segera lepaslah agar tidak terjadi korslet. Selain itu, lepas baterai ponsel jika memungkinkan setelah perangkat mati untuk memutus daya perangkat agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

2. Keringkan Ponsel dengan Perlahan

Meskipun Anda harus mengeringkan ponsel tercebur air, tapi jangan gunakan pengering atau bahkan memasukkannya ke dalam oven karena justru panas tersebut dapat merusak bagian ponsel yang sedang rapuh ini.

Anda bisa menggunakan handuk bersih untuk membersihkan ponsel yang sudah terlanjut bahasa. Cobalah untuk mengecek bagian port pengisian daya, jack headphone, slot MicroSD dan SIM, pastikan tidak ada air yang mengalur ke situ.

3. Gunakan Beras

Pada beberapa kondisi, memasukkan ponsel ke dalam beras memang berhasil karena beras bisa menyerap air. Namun, cara ini juga memiliki risiko yang tentunya harus diperhatikan sebelum memasukkan ponsel ke dalam beras.

Jika cara ini dilakukan dengan salah maka bisa memperparah kondisi ponsel jadi pastikan Anda membungkus ponsel dengan paper towel atau handuk kertas terlebih dahulu. Meski begitu, cara ini tetap saja bukanlah cara terbaik untuk dilakukan.

Artikel Menarik  Tips Menghemat Memori HP yang Sering Penuh Tanpa Aplikasi

4. Gunakan Gel Silika

Cara terakhir untuk menyelamatkan ponsel tercebur air adalah dengan sel silika. Benda ini bisa Anda temukan di kotak sepatu atau produk-produk di dalam kemasan jadi tidak perlu membelinya dulu.

Masukkan ponsel ke dalam wadah yang sudah dipenuhi gel silika, kemudian tutup dan tunggu 24 sampai 48 jam untuk melihat hasilnya. Apabila masalah tidak serius, cara ini pasti bisa menyelamatkan ponsel Anda yang masuk ke dalam air.

Jika ponsel Anda tidak sengaja masuk ke dalam air, maka jangan panik dan langsung angkat ponsel dari air tersebut. Baru setelah itu, Anda bisa menerapkan beberapa cara menyelamatkan ponsel tercebur air yang sudah kita bahas di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *