software akuntansi gratis
software akuntansi gratis

Software Akuntansi Gratis Sangat Membantu Pembukuan Usaha

Banyak pelaku usaha kesulitan mencatat pembukuan mereka secara manual sehingga bisa memanfaatkan software akuntansi gratis. Dengan memakai software segala jenis pencatatan pembukuan lebih cepat dan sangat minim kesalahan.

Dari awal Anda melakukan pembelian bahan baku, sampai semua biaya serta pendapatan dari aktivitas usaha. Bisa dengan mudah dicatat dengan hasil akhir berupa laporan keuangan yang dibutuhkan.

Software Akuntansi Gratis yang Bisa Dipakai untuk Pembukuan

Biasanya para pelaku usaha kerap kali memanfaatkan Ms. Excel untuk membantu pencatatan padahal tersedia software gratisan. Simak beberapa rekomendasi software akuntansi yang bisa Anda manfaatkan tanpa perlu mengeluarkan biaya.

1. Wave Accounting

Rekomendasi pertama adalah Wave Accounting yang dapat membantu mencatat invoice dan membuat kwitansi online. Tersedia juga fitur Laporan Accounting sehingga sangat memudahkan ketika Anda butuh laporan saat itu juga.

Wave juga menyediakan berbagai fitur canggih dan modern yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Salah satu fitur keunggulannya yaitu memudahkan scanning kwitansi dengan memakai aplikasi di android.

Artikel Menarik  Jenis Teknologi Informasi yang Digunakan Pada Industri

Perlu diketahui aplikasi ini sudah banyak digunakan oleh ratusan ribu pengusaha dari seluruh dunia. Anda bebas menggunakannya secara gratis namun ada beberapa fitur tambahan yang mengharuskan adanya pembayaran.

2. GnuCash

GnuCash menjadi software akuntansi gratis dan terbaik sehingga banyak direkomendasikan karena kelengkapan fiturnya. Memang dari segi tampilan sangat terlihat tua namun fitur gratisnya sangat lengkap untuk dimanfaatkan para pebisnis pemula.

Ada banyak fitur tersedia seperti jurnal, buku besar, arus kas, berbagai laporan keuangan dalam satu software. GnuCash memang dikembangkan untuk UMKM sehingga sangat cocok bagi Anda baru saja memulai bisnis.

3. Zipbooks

Mungkin Anda pernah mendengar Zipbooks yang merupakan software untuk akuntansi terbaik dan pastinya gratis. Ternyata Zipbooks banyak dimanfaatkan oleh pekerja lepas untuk membantu dalam proses pengerjaan laporan keuangan.

Zipbooks menyediakan fitur cukup lengkap meskipun Anda bisa memakainya secara gratis tanpa biaya apapun. Tidak heran jika rating software ini 5/5 dan banyak review positif dari para penggunanya.

Menariknya Zipbooks menyediakan fitur live chat untuk kemudahan dalam mencari informasi jika kesulitan memakai software ini. Jika Anda membutuhkan fitur tambahan seperti payroll maka bisa mencari paket berbayar sesuai kebutuhan.

Artikel Menarik  Teknologi Wireless Masa Depan, Kelebihan dan Kekurangannya

4. SlickPie

Bagi para pengusaha pemula kerap kali bingung ketika harus mencatat semua aktivitas usahanya dan membuat laporan. Solusi terbaiknya adalah memanfaatkan software gratisan seperti SlickPie agar bisa mengetahui perkembangan bisnisnya.

SlickPie memiliki banyak keunggulan seperti dari segi tampilan lebih mudah dipahami oleh pemula. Selain mudah dipelajari tanpa ribet membuat banyak pelaku usaha yang tidak tahu akuntansi menjadi lebih cepat belajarnya.

Banyaknya software akuntansi yang bisa digunakan secara gratis memang menjadi peluang tersendiri. Gunakan software akuntansi gratis terbaik yang direkomendasikan agar proses pencatatan keuangan lebih jelas dalam bentuk laporan keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *