cara mengamankan whatsapp
cara mengamankan whatsapp

Cara Mengamankan Whatsapp agar Terhindar dari Penyadapan

Mengetahui berbagai cara mengamankan Whatsapp sangat penting mengingat peretasan terhadap WA semakin marak. Banyak orang berusaha menyadap aplikasi WA untuk berbagai tujuan yang pastinya sangat merugikan.

Kejadian seperti ini tidak hanya terjadi pada publik figur, pejabat pemerintahan dan orang-orang penting saja. Namun hal ini juga kemungkinan terjadi pada banyak pengguna Whatsapp dari berbagai kalangan.

Cara Mengamankan Whatsapp agar Tidak Disadap

Ada beberapa pilihan tips mengamankan Whatsapp yang sangat mudah untuk Anda coba gunakan. Dengan cara-cara berikut ini setidaknya risiko terkena serangan hacker menjadi lebih bisa diminimalkan.

1. Logout di Semua Perangkat

Salah satu penyebab Whatsapp bisa dengan mudah disadap karena Anda sering menggunakan WA web. Untuk menghindari risiko penyadapan dengan memakai aplikasi yang dibuat mirip seperti WA web.

Artikel Menarik  Cara Membersihkan Keyboard Laptop dengan Aman

Sebaiknya Anda selalu logout setiap kali selesai menggunakannya agar tidak ada perangkat lain yang memakainya. Jika menemukan ada beberapa perangkat yang memakai akun Anda bisa segera dinonaktifkan.

Caranya buka aplikasinya terlebih dahulu, pilih ikon titik tiga pada bagian kanan atas kemudian sentuh WA web. Nanti akan muncul perangkat apa saja yang login kemudian segera logout semua perangkat.

2. Buat Verifikasi Dua Langkah

Ada cara mengamankan Whatsapp lainnya yaitu dengan membuat pengaturan verifikasi dua langkah. Dengan bantuan pengaturan ini maka dapat mengetahui ada yang berusaha login memakai nomor atau akun Anda.

Nantinya Anda akan menerima kode berupa 6 angka setiap kali ada yang berusaha login memakai perangkat lain. Kode ini berbeda dengan OTP dan pastikan untuk tidak memberikan kodenya kepada siapapun.

Caranya tekan simbol ikon titik tiga, setting, account, sampai menemukan pilihan two step verification. Klik enable, masukkan kode lalu masukkan kata kunci jika Anda lupa dengan kode rahasia tersebut.

3. Aktifkan Fitur Pemindai Sidik Jari

Jika tidak ingin ada seseorang yang dengan mudahnya meretas WA Anda maka coba aktifkan fitur pemindai sidik jari. Fitur ini sangat menjamin keamanan karena hanya memakai sidik jari pengguna aslinya.

Artikel Menarik  Panduan Lengkap Cara Download Video di Youtube Secara Gratis

Langkah-langkahnya adalah:

  • Sentuh tanda ikon titik tiga.
  • Pilih menu privasi.
  • Pilih kunci sidik jari -> aktifkan.
  • Anda harus merekam sidik jari.
  • Ada pilihan berapa lama aplikasi terkunci otomatis, ada pilihan 30 detik atau 1 menit.
  • Silahkan tentukan pilihan dan selesai.

4. Nonaktifkan Akun Terlebih Dahulu

Jika Anda merasa Whatsapp sudah disadap maka caranya harus segera dinonaktifkan akunnya agar aman. Caranya dengan mengirimkan email ke [email protected] dengan subjek “nonaktifkan akun saya” agar dinonaktifkan terlebih dahulu.

Setelah Anda berhasil menonaktifkan akun maka akan diberikan waktu pemulihan selama maksimal 30 hari. Jadi silahkan aktifkan kembali karena jika lewat dari 30 hari, akun akan dihapus secara permanen.

Risiko penyadapan seperti ini memang selalu ada jika Anda menggunakan aplikasi apapun jadi jangan terlalu khawatir. Anda masih bisa menggunakan Whatsapp dengan aman jika mengetahui cara mengamankan Whatsapp dari hacker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *