Apa Itu E-Banking Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara Kerjanya
fazz.com

Apa Itu E-Banking: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Di zaman digital seperti sekarang ini, pastinya sudah banyak masyarakat yang menggunakan ponsel canggih bukan?

Bahkan, ponsel tersebut bukan digunakan untuk berkomunikasi saja, namun juga sebagai sarana di setiap aktivitas, seperti belanja, transportasi hingga keuangan.

Nah salah satu industri keuangan yang berkaitan dengan digital yaitu ATM. Umumnya ATM berfungsi untuk keperluan nasabah bank, seperti transfer uang, tarik tunai, pembayaran tagihan dan lain sebagainya.

Dengan begitu, industri perbankan pun ikut berevolusi, bahkan bisa dilakukan tanpa melalui atm, melainkan hanya menyediakan internet banking saja.

Apa Itu E-Banking?

Apa Itu E-Banking
hdbank.com.vn

E banking atau internet banking merupakan sebuah layanan bank yang bisa melakukan transaksi secara mobile berbasis internet. Layanan ini memudahkan para nasabah bank, supaya nggak perlu pergi ke bank atau ATM untuk bertransaksi.

Jadi Anda bisa menggunakannya dengan mudah, namun harus mempunyai perangkat komputer atau smartphone yang tersambung ke jaringan internet.

Artikel Menarik  Fungsi Robot Xavier, Pemantau Aktivitas Rakyat Singapura

Saat ini, hampir seluruh bank di Indonesia sudah mempunyai layanan e-banking atau internet banking, jadi nggak heran kalau sedang mendaftarkan rekening ke bank, maka langsung diarahkan untuk mendaftar internet banking.

Fitur yang dimilikinya, yaitu informasi tentang rekening, jumlah saldo, mutasi, transfer dana antar rekening, pembelian utilitas seperti pulsa, listrik, telepon, internet dan lainnya.

Gimana Cara Kerja E-Banking?

Cara Kerja E-Banking
glints.com

Untuk menggunakannya, nasabah harus mempunyai user id, password, One Time Password (OTP) dan jaringan internet. User id, password dan  otp bisa didapatkan dengan mendaftarkan ke bank terlebih dahulu.

Ketika menggunakannya, nasabah harus memastikan dulu apakah website yang diakses merupakan website internet banking milik bank atau tidak. Setelah itu, nasabah akan memasukkan user id dan password di halaman login.

Saat melakukan transaksi finansial, nasabah akan memasukkan OTP yang diperoleh dan transaksi pun selesai.

Nantinya, bank akan mengirimkan notifikasi melalui e-mail sebagai bukti kalau transaksi sudah berhasil.

Apa Saja Manfaat E-Banking?

Manfaat E-Banking
investopedia.com

Sama seperti layanan keuangan lain, internet banking juga mempunyai berbagai manfaat, antara lain yaitu: 

  • Memudahkan proses transaksi nasabah maupun bank.
  • Nasabah nggak perlu repot keluar rumah untuk mentransfer uang, cuma sekedar mengecek mutasi.
  • Menjadikan aktivitas perbankan jauh lebih cepat dan hemat, bukan dari segi biaya namun waktu yang dihabiskan.
  • Mengurangi aktivitas pelayanan di cabang terdekat, dimana dapat membantu bank untuk memangkas biaya operasional.
  • Mengiring nasabah baru yang mempunyai kebutuhan transaksi online, seperti  mengirim dan menerima dana sampai mengecek arus kas mereka.
Artikel Menarik  Kenali Apa Itu Cache, Jenis, Fungsi dan Perlukah Menghapusnya?

Jenis-Jenis Layanan E-banking Apa Aja Sih?

Jenis-Jenis Layanan E-banking
housing.com

Berikut ini beberapa jenis layanan pada e banking, yaitu:

1. Layanan Atm

Atm atau disebut dengan anjungan tunai mandiri yang di dipercaya sebagai inovasi awal e banking. Dengan begitu, para nasabah nggak perlu datang ke teller bank secara langsung, namun penarikannya bisa dilakukan secara elektronik.

2. Mesin EDC

Mesin edc yaitu bagian perangkat elektronik yang berfungsi untuk membayar tanpa uang tunai. Biasanya layanan ini dipakai untuk berbelanja, sehingga nasabah merasa lebih praktis dan nggak perlu repot untuk menarik uang dulu di atm.

Ada 3 jenis edc yang sering dipakai, yakni line telepon dan GPRS Power yang bekerja berdasarkan sinyal seperti handphone.

3. SMS Banking

Layanan ini, bisa melakukan transaksi perbankan seperti transfer uang dan pengecekan saldo melalui smartphone tan datang ke ATM langsung.

4. Phone Banking

Nggak berbeda jauh dengan sms banking, dimana layanan ini juga bisa dilakukan menggunakan ponsel. Bedanya, nasabah nggak harus menghafal perintah pesan namun cukup menelpon saja.

Artikel Menarik  Yuk Pahami Apa Itu Format GIF Beserta Penjelasan Lainnya

Layanan ini bisa melakukan transfer, informasi saldo, mutasi rekening, membayar dan segala macam pembayaran seperti kartu kredit, pulsa, PLN, listrik dan sebagainya.

5. Mobile Banking

Layanan ini dibilang cukup baru, sebab kenyamanan dan fiturnya bisa menghemat waktu dan bisa diakses kapan saja. Sehingga layanan ini berkembang pesat dan diterima oleh masyarakat.

6. Internet Banking

Layanan ini memudahkan nasabah untuk memperoleh informasi, komunikasi dan transaksi perbankan melalui jaringan internet.

Bahkan, layanan ini juga membuat nasabah seperti memiliki teller pribadi sehingga nggak capek ngantri saat melakukan melakukan transaksi di bank.

Walaupun kelebihan penggunaan layanan e-banking banyak, namun harus hati-hati juga saat menggunakan layanan e-banking. Sebab banyak data yang dapat digunakan para penjahat di dunia online untuk mencuri uang secara cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *