Mengulas Sedikit Apa Itu Esports
campuspedia.id

Mengulas Sedikit Apa Itu Esports, Manfaat, Tujuan dan Jenisnya?

Para gamers pasti nggak asing lagi dengan istilah esports bukan? Esports yaitu industri yang lagi populer saat ini terutama kalangan dewasa.

Esports bukan sebuah perlombaan lagi, namun sudah termasuk cabang olahraga di Pekan Olahraga Nasional (PON).

Semakin diliriknya esports, pastinya banyak juga talenta baru yang bekerja dalam industri ini. Bukan sebagai atlet, melainkan peluang karir. Untuk lebih jelas apa itu esports serta jenis dan tujuannya, simaklah ulasan di bawah ini!

Sebenarnya Apa Itu Esport?

Sebenarnya Apa Itu Esport
voi.id

Esport (electronic sports) merupakan salah satu jenis olahraga yang menggunakan peralatan elektronik seperti handphone, komputer atau konsol game seperti PlayStation, Xbox dan Nintendo.

Esport menjadi dunia permainan video yang sudah kompetitif dan terorganisir. Dalam esport,  terdapat  dua tim yang berbeda berhadapan dalam bermain game yang sama.

Artikel Menarik  Game Asah Otak yang Cocok Dimainkan Saat Waktu Senggang

Dimana tujuannya untuk berkompetisi memenangkan pertandingan. Nah salah satu contoh game yang populer dalam esport yaitu Mobile Legends, Fortnite, League of Legends, Counter-Strike, Call of Duty dan PUBG.

Esport bersifat profesional, jadi bermain game sebagai suatu profesi atau pekerjaan yang profesional. Untuk menjadi esport bukan sembarangan, sebab ada pelatihan khusus untuk memenangkan setiap kompetisi yang diselenggarakan.

Jenis – Jenis Esports Apa Saja?

Jenis - Jenis Esports
steelseriescdn.com

Berikut ini ada beberapa jenis esports, antara lain yaitu:

1. PvP (Player vs Player)

PvP yaitu permainan yang terdiri dari satu orang pemain atau lebih yang berhadapan langsung dengan lawan.

Game pertarungan PvP yang paling populer yaitu Super Smash Bro’s atau dikenal dengan smash, Mortal Kombat X  dan Tekken. Sedangkan game yang bergenre olahraga seperti FIFA, Madden dan Rocket League.

2. First Person Shooter (FPS) 

FPS merupakan genre yang paling populer di Esports. Permainannya bisa melihat dunia melalui mata karakter.

FPS bertujuan untuk membunuh lawan, namun sebagian besar game ini juga membutuhkan tim tertentu untuk menangkap dan menghancurkan lawan. 

Artikel Menarik  Game Online Terbaik dan Tips Memenangkan Permainan

3. Real-time Strategy (RTS)

Permainan ini berada di level yang ditentukan di mana Anda bersaing. Masing-masing pemain berperan untuk menyusun strategi supaya dapat mengembangkan pasukan dan mempertahankan markas.

Esports RTS yang paling populer yaitu Starcraft dan Warcraft. 

4. Multiplayer Online Battle Arena (MOBA)

Multiplayer online battle arena adalah salah satu cabang dari RTS MOBA, biasanya melibatkan banyak pemain yang bekerja sebagai tim di dunia atau level yang sudah ditentukan.

Apa Tujuan Diadakannya Esports?

Apa Tujuan Diadakannya Esports
futurecdn.net

Jika dilihat dari segi keuangan, jadi tujuan diadakannya esports nggak jauh berbeda dengan liga olahraga dan event lainnya. Nah, salah satu tujuannya untuk mempromosikan game dari pengembang supaya semakin banyak dikenal orang.

Selain itu, bisa juga dijadikan sebagai iklan dari produk tertentu seperti olahraga. Namun, kalau dilihat dari segi pemainnya sendiri, tujuan untuk meramaikan dan mempertahankan minat para player dari game yang diikuti.

Dengan begitu, para player bisa  mensupport keberadaan game supaya tetap ada dan berkembang menjadi lebih baik di setiap update-nya.

Artikel Menarik  Pilihan Headset Gaming Terbaik Murah yang Wajib Dimiliki

Berikut Manfaat dari diadakannya Kompetisi Esports

Manfaat dari diadakannya Kompetisi Esports
wikimedia.org

Apa saja sih manfaat yang didapatkan player saat mengikuti esports ini? Selain mendapatkan hadiah seperti uang tunai, para atlet juga mendapatkan hal lain yang bermanfaat bagi kehidupannya, misalnya seperti:

  • Meningkatkan skill kerja sama tim.
  • Otak terlatih dalam berpikir kritis
  • Koordinasi indra mata dan telinga meningkat.
  • Daya tahan terhadap stress menjadi lebih meningkat.
  • Melatih daya ingat dan membuat keputusan.
  • Mendapatkan penghasilan.

Selain beberapa manfaat di atas, para player juga mendapat kesempatan untuk melanjutkan karir di bidang yang lebih tinggi.

Misalnya seperti peluang beasiswa perguruan tinggi atau pekerjaan yang berkaitan dengan game seperti reviewer gaming, brand ambassador produk gaming, caster atau komentator dan sebagainya.

Intinya, esports yaitu ajang kompetisi yang dimainkan lebih dari dua anggota lawan. Dimana esports juga membawa dampak positif kepada berbagai stigma buruk tentang bermain game. Bahkan, esport dijadikan sebagai media promosi game kompetitif, periklanan dan sponsor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *