Apa Itu Format GIF

Yuk Pahami Apa Itu Format GIF Beserta Penjelasan Lainnya

Selama ini, GIF cuma dipakai untuk bahan pelengkap dalam kegiatan kampanye content marketing di perusahaan.

Cukup banyak yang nggak tahu bahwa, GIF menjadi salah satu format grafis yang menawarkan berbagai manfaat untuk para penggunanya.

Misalnya dua perusahaan seperti Netflix dan Ogilvy yang sudah merasakan kesuksesannya saat merilis 100 GIF dalam kampanye marketing-nya di Paris, Prancis.

Kemudian apa keuntungan yang didapatkan para pemasar jika menggunakan GIF dalam strategi pemasaran mereka? Dapatkan jawabannya dengan membaca ulasan berikut!

Sebenarnya Apa Itu GIF?

Sebenarnya Apa Itu GIF

GIF (Graphics Interchange Format) adalah sebuah format grafis yang menyimpan gambar dengan background transparan maupun animasi.

Pada tahun 1987, GIF dikembangkan pertama kali oleh Steve Wilhite (ketua ilmuwan komputer Amerika atau ]penyedia layanan online CompuServe).

Sebenarnya, format GIF cuma bisa menyimpan gambar dengan ukuran 8 bit dan menggunakan mode indexed color, grayscale dan bitmap saja.

Artikel Menarik:  Maksimalkan Pengalaman Digital Anda dengan 10 Fungsi Monitor

Karena keunikannya, layanan ini dapat menyimpan gambar dalam bentuk animasi sederhana sehingga format ini banyak digunakan. Misalnya untuk keperluan icon, stiker dan sebagainya.

Apakah GIF Merupakan Format Gambar Terbaik?

Apakah GIF Merupakan Format Gambar Terbaik

Sayangnya tidak, sebab PNG menjadi salah satu format gambar yang sering digunakan di internet. Hal ini karena, PNG dapat menawarkan kedalaman warna yang tinggi, transparansi parsial serta kompresi gambar yang bagus.

Gambar GIF Berfungsi Untuk Apa?

Gambar GIF Berfungsi Untuk Apa

Dilihat dari sisi teknis dan format, format GIF berfungsi untuk menampilkan detail dan gerak pada sebuah foto. Namun dari sisi kegunaan dan manfaat, GIF bisa menampilkan pesan yang menarik dan lebih hidup daripada font biasa.

Sedangkan dari segi promosi bisnis, animasi GIF memberi peluang besar untuk fitur utama produk yang ditawarkan kepada pelanggan.

Dalam segi komunikasi, GIF juga dapat digunakan sebagai media dalam menyampaikan suatu emosi yang nggak tersampaikan oleh gambar biasa.

Apa Software Terbaik Untuk Membuat GIF?

Apa Software Terbaik Untuk Membuat GIF
ilmuelektro.id

Jika Anda ingin menampilkan, mengakses opsi pilihan dan mengedit atau membuat file GIF, sebaiknya gunakan aplikasi dibawah ini.

  • Adobe Photoshop, bisa membuat standar dalam dunia editing gambar.
  • Movavi Slideshow, dapat mendukung kebutuhan dalam bidang editing seperti  file video, Movavi dan membuat GIF.
  • PicsArt, dapat mengkreasikan GIF yang diinginkan.
  • Live Photo, bisa digunakan sebagai media editing dalam membuat file GIF.
Artikel Menarik:  Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 3 yang Canggih

Apa Kelebihan dari Format GIF?

Apa Kelebihan dari Format GIF
istockphoto.com

GIF mempunyai sebuah kelebihan bisa di rasakan pada kehidupan dunia maya yang kaya akan hiburan dan informasi. Bahkan bisa juga dimanfaatkan sebagai media dekorasi untuk sebuah web.

Tapi untuk menentukan apakah GIF memang tipe ideal format file gambar, simaklah beberapa pro dan kontra yang disediakan animasi GIF ini.

  • Gambar yang dihasilkan bisa bergerak
  • Ukuran file kecil dan tidak terlalu besar
  • Support berbagai platform
  • Mudah dikirim
  • Mempunyai daya tarik tersendiri
  • kualitas animasi sangat baik
  • Cocok disematkan dalam web

Apa Kekurangan dari Format GIF?

Apa Kekurangan dari Format GIF
quoracdn.net

Selain mendapat keuntungan saat menggunakan format GIF, ada juga kekurangan yang harus dipertimbangkan sebelum menerapkan GIF pada aspek yang digunakan. Kekurangannya, antara lain yaitu:

  • Tidak bisa diedit lagi
  • Bergantung pada koneksi internet pengguna
  • Kualitas warna buruk

Adanya GIF memang bisa membuat komunikasi digital menjadi lebih menarik. Apalagi sekarang sudah banyak software yang mampu membuat GIF sehingga mudah untuk memproduksi beragam GIF berkualitas.

Penggunaan GIF memang nggak sebanyak format JPG atau PNG, namun untuk kebutuhan tertentu, GIF banyak digunakan dan dikenal audiens untuk meningkatkan penjualan serta memberikan keuntungan yang besar.

Artikel Menarik:  Tingkatkan Efisiensi dengan 5 Contoh Perangkat Lunak Komputer
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments