pengertian cmos
pexels.com

Pengertian CMOS: Teknologi Pembuatan Chip Mikroelektronik

Complementary Metal-Oxide-Semiconductor atau yang disingkat sebagai CMOS adalah teknologi pembuatan chip mikroelektronik yang umum digunakan pada perangkat elektronik modern, seperti komputer, ponsel, kamera digital, dan lain sebagainya. Teknologi CMOS ditemukan pada tahun 1963 oleh Frank Wanlass dan John B. Atalla di Bell Labs, Amerika Serikat.

Cara Kerja CMOS

Teknologi CMOS bekerja berdasarkan prinsip perbedaan konduktivitas dari material-semiconductor ketika dikenai medan listrik. Material-semiconductor yang digunakan pada teknologi CMOS terdiri dari dua jenis, yaitu p-type dan n-type. Dalam teknologi CMOS, p-type dan n-type diatur secara bergantian sehingga dapat menciptakan transistor CMOS.

Transistor CMOS sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu NMOS dan PMOS. NMOS terdiri dari empat bagian, yaitu sumber, drain, gate, dan substrat. Sedangkan PMOS terdiri dari empat bagian, yaitu sumber, drain, gate, dan substrat yang dihubungkan dengan tegangan negatif. Ketika transistor CMOS diberi tegangan, maka akan terbentuk medan listrik pada gate yang akan mengatur aliran arus antara sumber dan drain.

Artikel Menarik:  3 Cara Menambah Halaman Pada Word Untuk Pemula

Kelebihan CMOS

Teknologi CMOS memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan teknologi lainnya. Salah satu kelebihannya adalah konsumsi daya yang rendah, sehingga perangkat elektronik yang menggunakan teknologi CMOS dapat bertahan lebih lama dalam penggunaan. Selain itu, teknologi CMOS juga memiliki kecepatan dan akurasi yang tinggi dalam mengolah data, sehingga banyak digunakan pada perangkat yang membutuhkan pemrosesan data yang cepat dan akurat.

Teknologi CMOS juga memiliki ukuran yang kecil, sehingga dapat diaplikasikan pada perangkat yang ukurannya kecil, seperti smartphone dan tablet. Selain itu, teknologi CMOS juga lebih tahan terhadap radiasi, sehingga dapat digunakan pada perangkat yang beroperasi dalam lingkungan dengan radiasi tinggi, seperti satelit dan pesawat ruang angkasa.

Kegunaan CMOS

Teknologi CMOS memiliki banyak kegunaan dalam berbagai bidang. Pada bidang komputer, teknologi CMOS digunakan pada prosesor, memori, dan chipset. Pada bidang telekomunikasi, teknologi CMOS digunakan pada ponsel, modem, dan router. Pada bidang industri, teknologi CMOS digunakan pada robotika, sistem kontrol, dan otomatisasi.

Selain itu, teknologi CMOS juga digunakan pada bidang kesehatan, seperti pada alat medis dan peralatan laboratorium. Pada bidang militer, teknologi CMOS digunakan pada peralatan militer, seperti radar dan sistem komunikasi. Bahkan teknologi CMOS juga digunakan pada bidang hiburan, seperti pada kamera digital, televisi, dan permainan video.

Masa Depan CMOS

Teknologi CMOS terus berkembang dan terus ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan yang semakin kompleks dan menuntut. Salah satu perkembangan terbaru dalam teknologi CMOS adalah teknologi FinFET atau “Fin Field Effect Transistor”. Teknologi ini memungkinkan transistor CMOS dapat bekerja lebih cepat dan dengan konsumsi daya yang lebih rendah.

Di masa depan, teknologi CMOS kemungkinan akan semakin berkembang dan akan terus digunakan pada berbagai perangkat elektronik modern. Selain itu, teknologi CMOS juga memiliki potensi untuk dikembangkan dalam bidang-bidang baru, seperti kendaraan otonom dan kecerdasan buatan.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang pengertian CMOS, cara kerja, kelebihan, kegunaan, dan masa depan teknologi ini. Teknologi CMOS adalah teknologi pembuatan chip mikroelektronik yang memiliki banyak kelebihan, seperti konsumsi daya yang rendah, kecepatan dan akurasi yang tinggi, dan ukuran yang kecil. Teknologi CMOS memiliki banyak kegunaan dalam berbagai bidang, seperti komputer, telekomunikasi, industri, kesehatan, militer, dan hiburan. Di masa depan, teknologi CMOS kemungkinan akan semakin berkembang dan akan terus digunakan pada berbagai perangkat elektronik modern.

Artikel Menarik:  Pengertian BIOS: Apa Itu BIOS dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments