pengertian aplikasi menurut para ahli
pixabay.com

Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli: Jenis dan Keuntungannya

Aplikasi saat ini telah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia modern. Aplikasi hadir sebagai sarana untuk memudahkan aktivitas sehari-hari, seperti berbelanja, berkomunikasi, bermain game, dan masih banyak lagi. Namun, apa sebenarnya pengertian aplikasi menurut para ahli? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), aplikasi adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan suatu tugas tertentu.

Namun, pengertian aplikasi tidak hanya sebatas itu. Ada beberapa para ahli yang memberikan definisi aplikasi dari sudut pandang yang berbeda. Berikut adalah beberapa pengertian aplikasi menurut para ahli:

1. Pengertian Aplikasi Menurut Sutrisno, S.Kom., M.Kom

Sutrisno, S.Kom., M.Kom adalah dosen Teknik Informatika di salah satu universitas terkemuka di Indonesia.

Artikel Menarik:  Optimalkan Kode dengan 5 Fungsi Algoritma dalam Pemrograman

Menurutnya, aplikasi adalah suatu program atau software yang dibuat untuk menyelesaikan tugas tertentu dan membantu manusia dalam melakukan pekerjaannya. Aplikasi dibuat dengan bahasa pemrograman tertentu dan dijalankan pada sistem operasi tertentu.

2. Menurut Prof. Dr. Ir. Muhammad Nasir, M.Sc.

Prof. Dr. Ir. Muhammad Nasir, M.Sc. adalah Rektor Universitas Hasanuddin dan juga ahli di bidang teknologi informasi.

Menurutnya, aplikasi adalah suatu program komputer yang dibuat untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Aplikasi ini bisa berupa aplikasi desktop, aplikasi web, atau aplikasi mobile.

3. Menurut Pusat Bahasa Kemdikbud

Pusat Bahasa Kemdikbud memberikan pengertian aplikasi sebagai program atau perangkat lunak yang dibuat untuk melakukan suatu tugas tertentu

Aplikasi dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu dan dijalankan pada sistem operasi tertentu. Aplikasi juga bisa diakses melalui perangkat desktop, mobile, atau web.

4. Pengertian Aplikasi Menurut W. G. Kelly

W. G. Kelly adalah seorang ahli di bidang sistem informasi. Menurutnya, aplikasi adalah suatu sistem yang terdiri dari program-program komputer yang saling terkait dan saling berinteraksi untuk menghasilkan suatu output tertentu. Aplikasi ini bisa berupa aplikasi desktop, aplikasi web, atau aplikasi mobile.

Artikel Menarik:  Rekomendasi Aplikasi Edit Video Blur yang Paling Efektif

5. Pengertian Aplikasi Menurut Peter Norton

Peter Norton adalah seorang ahli di bidang teknologi informasi dan juga pendiri dari perusahaan Norton.

Menurutnya, aplikasi adalah suatu program yang dirancang untuk menyelesaikan tugas tertentu dengan cara yang spesifik dan efisien.

Aplikasi ini dibuat dengan bahasa pemrograman tertentu dan dijalankan pada sistem operasi tertentu. Aplikasi juga bisa berupa aplikasi desktop, aplikasi web, atau aplikasi mobile.

Jenis-Jenis Aplikasi

Selain memberikan pengertian aplikasi, para ahli juga membagi jenis-jenis aplikasi berdasarkan fungsinya. Berikut adalah beberapa jenis aplikasi yang sering digunakan:

1. Aplikasi Bisnis

Aplikasi bisnis adalah aplikasi yang digunakan untuk membantu bisnis dalam mengelola aktivitasnya.

Contoh aplikasi bisnis adalah aplikasi akuntansi, aplikasi manajemen proyek, aplikasi manajemen risiko, dan aplikasi manajemen SDM.

2. Aplikasi Pendidikan

Aplikasi pendidikan adalah aplikasi yang digunakan untuk membantu proses belajar mengajar. Contoh aplikasi pendidikan adalah aplikasi pembelajaran online, aplikasi simulasi, dan aplikasi penilaian.

3. Aplikasi Kesehatan

Aplikasi kesehatan adalah aplikasi yang digunakan untuk membantu pengguna dalam menjaga kesehatannya.

Artikel Menarik:  Pengertian LibreOffice: Alternatif Gratis dan Open Source untuk Microsoft Office

Contoh aplikasi kesehatan adalah aplikasi untuk mengukur detak jantung, aplikasi untuk mengukur tekanan darah, dan aplikasi untuk menghitung kalori.

4. Aplikasi Sosial Media

Aplikasi sosial media adalah aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi dan berbagi informasi dengan pengguna lainnya. Contoh aplikasi sosial media adalah Facebook, Twitter, Instagram, dan TikTok.

5. Aplikasi E-commerce

Aplikasi e-commerce adalah aplikasi yang digunakan untuk berbelanja secara online. Contoh aplikasi e-commerce adalah Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan Lazada.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi

Menggunakan aplikasi memiliki banyak keuntungan. Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan aplikasi:

1. Memudahkan Aktivitas Sehari-hari

Dengan menggunakan aplikasi, aktivitas sehari-hari menjadi lebih mudah dilakukan. Contohnya, berbelanja bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi e-commerce tanpa harus datang ke toko fisik.

2. Efisien dan Praktis

Aplikasi dirancang dengan cara yang efisien dan praktis sehingga memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi tersebut.

3. Menyediakan Informasi yang Akurat

Aplikasi juga menyediakan informasi yang akurat dan terpercaya sehingga pengguna bisa mendapatkan informasi dengan mudah dan cepat.

4. Lebih Aman

Beberapa aplikasi dilengkapi dengan sistem keamanan yang baik sehingga pengguna bisa merasa lebih aman saat menggunakan aplikasi tersebut.

Kesimpulan

Dari pengertian aplikasi menurut para ahli, kita bisa memahami bahwa aplikasi merupakan program yang dibuat untuk menjalankan tugas tertentu secara spesifik dan efisien.

Setiap jenis aplikasi tersebut tentu memiliki fungsinya masing-masing dan memudahkan pengguna dalam melakukan aktivitasnya.

Dengan era digital seperti sekarang, penggunaan aplikasi semakin populer dan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami pengertian dan jenis-jenis aplikasi serta keuntungan menggunakan aplikasi untuk memudahkan aktivitas dan meningkatkan produktivitas.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments