amankan channel youtube
amankan channel youtube

Tips Amankan Channel Youtube dengan Mudah dan Cepat

Tips amankan channel Youtube menjadi pengetahuan wajib yang harus Anda ketahui sebagai seorang Youtuber. Isu keamanan siber menjadi perbincangan hangat di dunia maya, apalagi dengan semakin banyak pengguna internet di Indonesia.

Masa pandemi seperti sekarang ini mengharuskan kita lebih lama berada di rumah dan pada akhirnya waktu penggunaan internet akan bertambah. Tidak heran jika kemudian banyak orang yang beralih profesi menjadi seorang Youtuber.

4 Tips Amankan Channel Youtube dengan Mudah dan Cepat

Besarnya penghasilan yang bisa didapatkan seorang Youtuber sukses membuat banyak orang tertarik untuk menjalani bidang ini. Namun, ada tantangan tersendiri yang harus Anda lalui dan berikut tips untuk meningkatkan keamanan pada Youtube.

1. Aktifkan Verifikasi 2 Langkah (2FA)

Tips amankan channel Youtube yang pertama adalah aktifkan verifikasi 2 langkah (2FA). Cara ini mampu melindungi akun Youtube dengan sandi dan perangkat tambahan sehingga sulit bagi para hacker untuk membobol akun channel Youtube.

Artikel Menarik  Fungsi Robot Xavier, Pemantau Aktivitas Rakyat Singapura

Setelah melakukan login, notifikasi akan muncul pada smartphone yang terhubung untuk memastikan bahwa itu adalah Anda. Selain itu, Anda bisa mengaktifkan metode lainnya berupa kunci keamanan, kode cadangan hingga kode dari aplikasi.

2. Atur Tingkat Izin Penggunaan Channel

Sebagai pemilik channel Youtube, Anda bisa menghapus atau menambahkan akses ke channel melalui Setting dashboard Youtube. Dengan begitu, Anda mengizinkan pengguna lain untuk mengelola channel tanpa akses ke akun Google.

Cara ini dirasa lebih aman karena Anda bisa memberikan akses seperlunya saja hingga tidak harus berbagi sandi. Bahkan, Anda bisa memilih level pengakses sesuai dengan kebutuhan, misalnya saja level terendah adalah pengakses hanya lihat.

3. Buat Sandi yang Kuat dan Rahasiakan

Tips amankan channel Youtube yang selanjutnya adalah membuat sandi yang begitu sulit dan rumit, namun tetap mudah diingat. Jangan menggunakan informasi yang bisa didapatkan dari KTP, seperti nama, tanggal lahir, alamat, atau info umum lain.

Sandi yang kuat terdiri dari kombinasi huruf kecil dan besar, informasi pemulihan terbaru, simbol dan angka. Setelah memasukkan dan mengingat sandi yang dibuat, pastikan Anda tidak membagikan kata sandi ini pada orang lain, sekalipun teman.

Artikel Menarik  Xiaomi Redmi Note 10, Ponsel 5G Terbaru dari Xiaomi

4. Hindari serta Laporkan Scam Phishing dan Malware

Phising adalah upaya mengelabui pemilik akun untuk mengungkapkan informasi pribadi penting, seperti password. Anda harus waspada apabila mendapatkan link palsu yang meminta data diri karena ini bisa jadi penipuan digital.

Tipuan lain yang harus diwaspadai adalah mengunduh software atau file tertentu di mana kita tidak tahu apakah itu aplikasi resmi atau malware. Jika itu malware, maka bisa merusak sistem atau bagian lain dalam perangkat tersebut.

Bagi Anda yang tidak ingin menjadi korban phishing atau kejahatan digital, pastikan untuk memberikan sistem keamanan terbaik pada akun channel Youtube Anda. Tips amankan channel Youtube di atas bisa menjadi strategi untuk mencegah kejahatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *