tips membersihkan smartphone
tips membersihkan smartphone

Tips Membersihkan Smartphone untuk Cegah Penularan Penyakit

Tips membersihkan smartphone penting untuk diperhatikan agar ponsel tidak menjadi perantara penularan penyakit. Di masa pandemi, kita harus lebih memperhatikan kebersihan yang ada di sekitar, termasuk pada smartphone.

Pakar kesehatan memberikan saran pada pengguna ponsel untuk membersihkannya paling tidak sekali dalam sehari. Cara membersihkannya juga harus dilakukan dengan tepat agar semua kuman, bakteri atau kotoran yang menempel bisa hilang.

5 Tips Membersihkan Smartphone untuk Cegah Penularan Penyakit

Ponsel menjadi salah satu perangkat yang selalu kita bawa kemana pun kita pergi, baik di dalam rumah maupun ke luar rumah. Selain itu, tangan kita juga selalu memegang ponsel, padahal tangan menjadi media penularan bakteri dan kuman.

Tanpa kita sadari, bakteri, kuman atau kotoran yang ada di tangan akan berpindah ke ponsel. Jadi, meskipun kita sudah mencuci tangan tapi setelah memegang ponsel maka tangan kita akan kembali kotor dan berikut beberapa tips untuk Anda.

Artikel Menarik  Cara Kerja True Caller Lacak Nomor Telepon Tidak dikenal

1. Cabut Perangkat

Kuman, bakteri dan kotoran yang berukuran sangat kecil membuatnya bisa masuk ke berbagai celah yang ada di ponsel. Apalagi ponsel memiliki banyak lubang atau celah sehingga lebih rentan terhadap kotoran.

Ketika Anda membersihkan ponsel, pastikan untuk mencabut semua perangkat yang ada, mulai dari baterai, slot microSD dan SIM, beserta perangkat lainnya agar bisa membersihkannya secara detail.

2. Gunakan Kain Bebas Serat

Dalam membersihkan ponsel, Anda diharuskan menggunakan kain bebas serat yang halus agar tidak merusak atau menggores bagian ponsel.

Jika tidak memiliki kain khusus, Anda bisa menggunakan tisu dengan serat yang halus. Selain itu, basahi sedikit kain tersebut dengan sabun dan air agar tips membersihkan smartphone semakin maksimal.

3. Jangan Semprot Langsung ke Perangkat

Jika Anda ingin memasukkan air pembersih ke dalam semprotan, maka jangan langsung menggunakannya pada perangkat. Air yang disemprotkan bisa masuk ke dalam lubang ponsel dan mengakibatkan kerusakan.

Oleh karena itu, semprotkan cairan tersebut ke kain atau tisu yang Anda gunakan sehingga tips membersihkan ponsel tidak akan membahayakan kondisi ponsel.

Artikel Menarik  Penyebab Kebocoran Data Pribadi, Lakukan Langkah Pencegahan

4. Hindari Pembersih Aerosol

Tidak semua cairan pembersih cocok dan bagus digunakan untuk membersihkan ponsel karena kandungan yang harus diperhatikan. Hindari penggunaan semprotan aerosol ataupun larutan pembersih yang mengandung pemutih.

Selain itu, jangan gunakan larutan pembersih dengan kandungan abrasif karena bisa merusak bagian ponsel hingga membuatnya berkarat.

5. Jauhkan Cairan dari Ponsel

Jika Anda menggunakan cairan saat membersihkan ponsel, pastikan semprotan atau wadah air jauh dari ponsel. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, seperti air yang tumpah dan mengenai ponsel.

Mulai sekarang, pastikan Anda membersihkan ponsel secara rutin untuk mencegah adanya penularan penyakit. Oleh karena itu, beberapa tips membersihkan smartphone harus dilakukan setiap hari agar ponsel selalu dalam keadaan bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *