tips buat podcash
tips buat podcash

5 Tips Buat Podcast Hanya Bermodalkan Smartphone

Tips buat podcast yang akan kita bahas ini menjadi solusi bagi Anda yang ingin membuat konten tapi tidak memiliki perangkat lengkap. Sebagai seorang pemula, tentu kita akan menghadapi kesulitan dalam hal kelengkapan perangkat podcast.

Konten podcast membutuhkan perangkat audio yang jernih, kamera yang berkualitas dan perangkat lainnya. Namun, jika Anda belum memiliki semua perangkat tersebut, maka tidak perlu khawatir karena podcast bisa dibuat hanya dengan smartphone.

Inilah 5 Tips Buat Podcast Hanya Bermodalkan Smartphone

Semakin hari semakin banyak pendengar podcast yang ingin membuat channel sendiri untuk berbagi cerita dan pengalaman. Sayangnya, sebagian orang menghentikan langkahnya karena tidak memiliki perangkat yang lengkap.

Sebenarnya, Anda bisa memanfaatkan smartphone yang dimiliki sebagai perangkat utama pembuatan podcast. Dengan smartphone, kita bisa merekam suara, melakukan proses penyuntingan hingga mengunggah dan berikut tips untuk Anda.

Artikel Menarik  Langkah Merawat Laptop dengan Benar agar Awet

1. Tentukan Tema Pembicaraan

Meskipun terbiasa berbicara di depan umum, tapi Anda tetap membutuhkan naskah agar tidak ada pembahasan yang terlewatkan. Dalam pembuatan naskah ini, tentu Anda harus memilih tema yang relevan dan sedang menjadi topik pembicaraan.

Carilah topik pembahasan yang Anda sukai dan kuasai agar materi yang disampaikan terasa lebih profesional dan terpercaya. Perbanyak pengetahuan Anda dengan mencari sumber terbaru sebelum membuat naskah.

2. Pasang Smartphone secara Tepat

Tips buat podcast berikutnya yang harus dilakukan adalah dengan memposisikan smartphone secara tepat. Smartphone ini digunakan untuk merekam audio jadi pastikan posisinya tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh juga.

Sebagai pembuka, buatlah konten perkenalan secara singkat dan jelas, mulai dari perkenalan nama hingga topik yang akan dibahas.

3. Rekam Suara

Apabila smartphone sudah berada di posisi yang tepat, maka langkah selanjutnya adalah mematikan semua notifikasi dan mulailah merekam suara. Anda bisa melakukan uji coba terlebih dahulu untuk memastikan suara yang dihasilkan jelas.

Artikel Menarik  Begini Cara Menggunakan Setrika Uap untuk Merapikan Pakaian

Meski sudah ada naskah, tapi tidak ada salahnya Anda melakukan improvisasi agar podcast terdengar lebih natural. Durasi podcast biasanya antara 20 sampai 60 menit.

4. Sunting dan Unggah

Tips buat podcast menggunakan smartphone tentu akan membutuhkan aplikasi penyunting suara, misalnya Audacity. Suara yang sudah terekam harus melalui proses penyuntingan untuk memastikan tidak ada masalah.

Setelah Anda yakin dan puas dengan hasil rekaman tersebut, langkah selanjutnya adalah mengunggah audio file ke platform media digital yang menyediakan layanan podcast.

5. Pilih Smartphone Sesuai Kebutuhan

Perangkat yang digunakan turut memengaruhi kualitas suara yang dihasilkan. Jadi, pastikan Anda menggunakan smartphone dengan spesifikasi yang andal.

Misalnya dengan RAM dan ROM yang lega. Sebagian smartphone biasanya sudah memiliki fitur peredam kebisingan sehingga audio yang dihasilkan lebih jernih.

Bagi Anda yang ingin membuat podcast tapi tidak memiliki modal, maka jangan khawatir karena masih ada jalan yang bisa Anda lakukan. Tips buat podcast bisa Anda lakukan meski hanya menggunakan smartphone.

Artikel Menarik  Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Mudah, Siap Ngebut Lagi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *