Apa Itu Drop Point J&T Express
lokerind.id

Paket Tertunda? Yuk Pahami Apa Itu Drop Point J&T Express

Apakah Anda pernah membeli barang online atau mengirim paket ke kota lain? Tentu saja pernah bukan? Dengan begitu, pasti sudah nggak asing lagi dengan jasa pengiriman paket.

Apalagi di era sekarang banyak mobilisasi barang antar kota, antar pulau bahkan antar negara yang sangat tinggi, sehingga jasa pengiriman paket pun banyak yang bermunculan.

Nah, salah satu jasa pengiriman paket sudah sering terdengar, yaitu J&T dan Shopee Xpress. Tapi, apakah Anda tahu kalau kedua jasa tersebut mempunyai berbagai istilah drop point? Namun sebelum itu, ketahui dulu apa itu drop point. 

Apa Itu Drop Point J&T Express?

Apa Itu Drop Point
franchiseglobal.com

J&T dan Shopee Express adalah salah satu jasa ekspedisi pengiriman yang menyediakan sistem drop point.  Apa yang dimaksud dengan drop point?

Artikel Menarik:  Kenali 10 Fungsi Keyboard untuk Meningkatkan Efisiensi Aktivitas 

Drop Point yaitu sebutan dari kantor cabang J&T Express yang ada di daerah tertentu, kemudian tersebar luas di Indonesia.

Saat Anda mengirimkan paket dari kantor J&T, maka barang tersebut di drop dulu di titik-titik wilayah cabang J&T secara estafet.

Semakin banyak cabang J&T yang tersebar di berbagai pelosok wilayah, semakin cepat juga proses pengantaran paket sampai  di tangan penerima. 

Biasanya mekanisme pengiriman ini disebut juga dengan sentralisasi, karena setiap paket yang di drop di wilayah tersebut akan diatur dan dikirim segera ke konsumen. 

Gimana Cara Kerja Drop Point J&T Express?

Cara Kerja Drop Point
kompasiana.com

Drop point J&T Express merupakan sistem keagenan resmi, yang lokasinya seperti kantor cabang, bukan rumah atau tempat milik sendiri.

Cara kerjanya pun menggunakan metode sentralisasi atau sistem satu arah. Maksudnya, seluruh proses penyortiran paket dilakukan oleh satu tim kerja.

Jadi ketika sedang mengirim barang di J&T, paket tersebut akan di drop di titik-titik secara estafet. 

Selain itu, setiap barang yang di drop pada satu kantor cabang tersebut akan disortir juga oleh mereka supaya pengiriman lebih cepat. Untuk lebih jelasnya, inilah sistem drop point dan pengiriman J&T Express, diantaranya yaitu:

  • Pihak pengirim menyerahkan paket yang akan dikirim ke Drop Point.
  • Proses pengiriman paket dari drop point ke kota tujuan.
  • Proses pengiriman paket dari warehouse ke drop point daerah tujuan.
  • Pengirim memperoleh bukti kwitansi dan nomor resi pengiriman.
  • Paket mengalami proses sortir di warehouse, jadi membutuhkan beberapa tahapan.
  • Pengiriman paket dari drop point ke lokasi penerima.
Artikel Menarik:  Keunggulan Startup Teknologi Edukasi Berkualitas Indonesia

Jika paket nggak kunjung sampai, maka bisa di ambil di drop point terdekat dengan alamatmu. Hal ini memang terbilang cepat, namun sangat jarang terjadi, jadi banyak banyak penerima yang menunggu  waktu lama untuk paket sampai.

Apa Saja Istilah-Istilah Pengiriman di J&T Express?

Istilah-Istilah Pengiriman di J&T Express

Selain memahami drop point, ketahui juga istilah-istilah lain yang ada ketika sedang mengirim paket lewat J&T. Adapun beberapa istilah pengiriman di J&T Ekspres yang perlu diketahui, yaitu:

1. Invalid Airway Bill

Istilah ini muncul kalau nomor resi yang dimasukkan salah, namun bisa juga disebabkan karena server tracking sedang mengalami gangguan.

2. Gateway

Gateway artinya kode lokasi paket dengan menggunakan format seperti sub_gateway. Maksudnya, paket sedang berada di gudang J&T Express.

3. Sprinter Sedang Mengirim

Istilah ini artinya paket sudah berada di drop point J&T tujuan dan kurir sedang mengantar barang tersebut.

4. Bermasalah

Istilah ini menandakan terjadi masalah pada pengiriman. Contohnya alamat kurir belum menemukan alamat tujuan.

5. Simpan

Artinya paket nggak bisa dikirim saat itu juga, sebab terjadi kendala waktu atau jarak sehingga harus disimpan dulu di drop point.

Artikel Menarik:  10 Fungsi Multimeter: Alat Praktis dalam Kehidupan Sehari-hari

6. Sedang Menjalankan Simpan Scan

Maksudnya, paket sudah tiba di drop point, namun belum bisa diproses sebab di luar jam kerja atau kurir mengalami overload.

7. Sudah Diterima

Istilah ini berarti paket sudah sampai di tujuan.

Jadi intinya, drop point yaitu lokasi yang digunakan untuk menjemput atau menurunkan barang sebelum diambil kurir kemudian dikirimkan langsung ke alamat sesuai dengan data pengiriman.

Dengan mengetahui penjelasan dari drop point, maka informasi di atas juga bisa membantumu untuk membaca hasil pelacakan resi atau status pengiriman barang.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments