pengertian shareware
freepik.com

Pengertian Shareware: Program Berbayar yang Dapat Dicoba Secara Gratis

Apa itu Shareware?

Jika Anda sering menggunakan komputer atau laptop, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah shareware. Shareware adalah jenis program komputer yang bisa dicoba secara gratis selama beberapa waktu, tetapi pada akhirnya Anda harus membayar untuk terus menggunakannya.

Bagaimana Shareware Bekerja?

Setelah Anda mengunduh shareware, Anda bisa mencoba program tersebut selama periode tertentu, biasanya 30 hari. Setelah periode percobaan berakhir, Anda harus memutuskan apakah ingin terus menggunakan program tersebut atau tidak. Jika Anda memutuskan untuk terus menggunakan program, Anda harus membayar biaya lisensi untuk mendapatkan versi penuh dari program tersebut.

Perbedaan Shareware dengan Freeware dan Open Source

Shareware berbeda dengan freeware dan open source. Freeware adalah program yang dapat didownload dan digunakan secara gratis selamanya, tanpa ada biaya lisensi. Sementara open source adalah program yang dapat diakses dan dimodifikasi oleh siapa saja. Namun, shareware adalah program berbayar yang dapat dicoba secara gratis dalam waktu tertentu.

Artikel Menarik:  Pengertian Buku Digital, Manfaat, dan Dampaknya pada Kehidupan

Keuntungan Menggunakan Shareware

Salah satu keuntungan dari menggunakan shareware adalah Anda dapat mencoba program tersebut sebelum membelinya. Dengan mencoba program secara gratis, Anda dapat memastikan bahwa program tersebut cocok untuk kebutuhan Anda. Selain itu, shareware juga sering kali menawarkan fitur dan fungsi yang lebih lengkap dibandingkan dengan versi trial.

Kerugian Menggunakan Shareware

Salah satu kerugian dari menggunakan shareware adalah bahwa Anda harus membayar biaya lisensi untuk terus menggunakannya setelah periode percobaan berakhir. Selain itu, beberapa shareware mungkin tidak memberikan dukungan teknis atau update yang cukup untuk menjaga program tetap berjalan.

Jenis-jenis Shareware

Ada beberapa jenis shareware yang dapat Anda gunakan, seperti:

1. Adware

Adware adalah shareware yang menampilkan iklan pada layar Anda saat Anda menggunakan program tersebut. Iklan tersebut biasanya berbentuk pop-up atau banner. Meskipun mengganggu, adware sering kali gratis dan dapat digunakan secara gratis selamanya.

2. Nagware

Nagware adalah shareware yang menampilkan pesan yang meminta Anda untuk membayar biaya lisensi setiap kali Anda menggunakan program tersebut. Pesan tersebut biasanya muncul secara teratur, dan dapat mengganggu pengalaman pengguna.

Artikel Menarik:  Pengertian Ubuntu: Sistem Operasi Gratis dan Terbuka

3. Trialware

Trialware adalah shareware yang hanya dapat dicoba untuk periode tertentu. Setelah periode tersebut berakhir, Anda harus membayar biaya lisensi untuk terus menggunakan program tersebut.

Keamanan dan Legalitas Shareware

Sebelum menggunakan shareware, pastikan bahwa program tersebut aman dan legal. Beberapa shareware mungkin mengandung virus atau malware yang dapat merusak sistem komputer Anda. Selain itu, pastikan bahwa program tersebut memiliki lisensi yang sah dan tidak melanggar hak cipta atau hak privasi orang lain.

Contoh Program Shareware

Ada banyak program shareware yang tersedia di pasar, termasuk program anti-virus, program pengolah kata, program pengolah gambar, dan program pengolah video. Beberapa contoh program shareware yang populer antara lain:

1. WinZip

WinZip adalah program kompresi file yang dapat membantu Anda menghemat ruang penyimpanan pada komputer Anda. Anda dapat mencoba WinZip secara gratis selama 30 hari sebelum harus membayar biaya lisensi.

2. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop adalah program pengolah gambar yang populer dan banyak digunakan oleh desainer grafis dan fotografer profesional. Anda dapat mencoba Adobe Photoshop secara gratis selama 7 hari sebelum harus membayar biaya lisensi.

Artikel Menarik:  Pengertian CPU: Pusat Kendali Utama di Dalam Komputer

3. AVG Anti-Virus

AVG Anti-Virus adalah program anti-virus yang dapat membantu melindungi komputer Anda dari virus, malware, dan serangan cyber lainnya. Anda dapat mencoba AVG Anti-Virus secara gratis selama 30 hari sebelum harus membayar biaya lisensi.

Bagaimana Cara Mendapatkan Shareware?

Anda dapat mendapatkan shareware dengan mengunduh program tersebut dari situs web resmi pengembang atau dari situs web unduhan seperti Download.com atau Softonic.com. Pastikan untuk membaca deskripsi program dan ulasan pengguna sebelum mengunduh program tersebut.

Kesimpulan

Shareware adalah jenis program komputer yang dapat dicoba secara gratis selama periode tertentu sebelum Anda harus membayar biaya lisensi untuk terus menggunakannya. Ada beberapa jenis shareware, termasuk adware, nagware, dan trialware. Meskipun ada kerugian dalam menggunakan shareware, seperti biaya lisensi dan kurangnya dukungan teknis, tetapi Anda dapat mencoba program sebelum membelinya untuk memastikan program tersebut cocok untuk kebutuhan Anda. Pastikan untuk memilih shareware yang aman dan legal, dan selalu membaca deskripsi program sebelum mengunduhnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments